Yuk Ketahui Apa Itu Implementasi | Pengertian, Tujuan dan Contohnya

Pengertian Implementasi Secara Umum dan Menurut Beberapa Ahli
datapengertian.com

Implementasi merupakan suatu tindakan atau bentuk pelaksanaan dari sebuah rencana yang sudah disusun dengan matang, terstruktur, cermat, dan juga secara rinci sebelumnya. Penerapan implementasi harus sesuai perencanaan yang sudah dibuat dan hasilnya sesuai harapan.

Implementasi juga dapat dikatakan sebagai suatu bentuk tindakan nyata dalam melaksanakan suatu rencana yang suda dirancang secara matang. Intinya, implementasi hanya bisa dilakukan jika sudah ada perencanaan yang dibuat secara rinci dan matang sebelumnya, bukan hanya sebatas tindakan tanpa rencana.


Pengertian Implementasi


√ Yuk ketahui Apa Itu Implementasi | Pengertian, Tujuan dan Contohnya
sangjuara.co

Selain penjelasan implementasi secara umum seperti yang sudah di bahas sebelumnya, berikut merupakan pengertian implementasi yang merujuk pada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) dan beberapa ahli:

1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Implementasi merupakan pelaksanaan dan atau penerapan. Pada arti kata ini memiliki maksud atau makna mengenai hal yang sudah disepakati terlebih dahulu sebelumnya.

2. Nurdin Usman (2002: 70)

Implementasi merupakan suatu yang bermuara pada kegiatan, aksi atau aktivitas yang dilakukan dengan sistematis dan dengan mekanisme tertentu, sehingga implementasi tidak hanya sekadar kegiatan tanpa tujuan, melainkan kegiatan atau aktivitas yang sudah terencana.

3. Budi Winarno

Implementasi merupakan suatu bentuk tindakan berupa kegiatan yang harus dilakukan oleh sekelompok orang yang sudah di tentukan dalam menyelesaikan tujuan yang sudah didetapkan dan direncanakan secara matang sebelumnya.

4. Pressman dan Wildavsky

Implementasi merupakan suatu tindakan dalam bentuk ekgiatan untuk mewujudkan, melaksanakan dan juga menyelesaikan suatu kewajiban atau kebijakan yang sudah disusun, dirancang atau direncanakan dengan matang dan rinci sebelumnya.


Tujuan Implementasi


√ Yuk ketahui Apa Itu Implementasi | Pengertian, Tujuan dan Contohnya
ngelmu.co

Berdasarkan penjelasan implementasi yang intinya adalah kegiatan yang dilakukan secara sistematis dan mekanisme yang terstruktur dengan berdasar pada rencana yang matang, berikut merupakan beberapa tujuan dari implementasi:

  • Dapat melaksanakan suatu rencana yang sudah disusun dan dirancang dengan cermat, rinci dan baik oleh seseorang/individu atau kelompok.
  • Untuk dapat mewujudkan tujuan yang akan dicapai dalam suatu perencanaan ataupun suatu kebijakan yang sudah dirancan dan disusun sebelumnya.
  • Untuk dapat mengetahui bagaimana tingkat keberhasilan dari kebijakan yang dilakukan untuk perbaikan atau peningkatan tertentu jika implementasi dalam bidang kebijakan publik.
  • Untuk dapat mengetahui bagaimana kemampuan masarakat ketika menerapkan kebiajakan atau rencana yang sudah disusun sebelumnya dan seberapa efektifkan kebijakan tersebut ketika diimplementasikan.
  • Untuk dapat menguji dan juga membuat dokumentasi dari prosedur dalam penerapan suatu rencana atau kebijakan yang sudah disusun dengan matang sebelumnya.

Contoh Implementasi


Sebenarnya cukup banyak contoh dari implementasi rencana atau kebijakan yang dilakukan dalam berbagai bidang. Berikut merupakan diantaranya:

1. Bidang Kebijakan Publik (Pendidikan)

√ Yuk ketahui Apa Itu Implementasi | Pengertian, Tujuan dan Contohnya
pixabay.com

Berikut merupakan beberapa contoh implementasi dalam kebijakan publik khususnya dalam bidang pendidikan:

  • Di Jakarta, ada program Kartu Jakarta Pintar, dimana siswa mendapat bantuan dana dari pemerintah daerah setiap bulannya sesuai dengan nominal yang sudah ditentukan. Bantuan ini pun dapat digunakan para siswa untuk membeli keperluan sekolah.
  • Pergantian kurikulum yang dimaksudkan agar pendidikan di Indonesia dapat menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.
  • Penerapan pendidikan budaya dan juga karakter di sekolah supaya generasi muda memiliki pengetahuan mengenai budaya di daerahnya atau budaya di Indonesia dan juga moral yang lebih baik lagi.

2. Bidang Kesehatan

√ Yuk ketahui Apa Itu Implementasi | Pengertian, Tujuan dan Contohnya
pixabay.com

Penerapan dari kebijakan jaminan kesehatan nasional melalui BPJS, dimana setiap warga Indonesia yang terdaftar sebagai anggota BPJS bisa mendapatkan fasilitas kesehatan secara gratis sesuai dengan kelas dan iuran yang dibayarkan. Iurannya pun tidaklah tinggi.

Untuk masyarakat yang kurang mampu, mereka bisa mendapatkan layanan yang sama namun secara gratis. Jika sebelumnya dalam bentuk BPJS gratis, yang terbaru adalah Kartu Indonesia Sehat.

Keyword: Pengertian Implementasi

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.