Pengertian Ilmu Ekonomi | Konsep Dasar, Subjek dan Manfaatnya

jurnal.id

Secara umum, ilmu Ekonomi dapat diartikan sebagai suatu ilmu yang mempelajari mengenai perilaku manusia dalam memilih dan juga menciptakan kemakmuran. Umumnya inti masalah dari ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara permintaan dan penawaran (supply & demand).

Secara etimologi, kata ekonomi berasal dari kata pada bahasa Yunani oikos yang memiliki arti keluarga atau rumah tangga dan juga nomos yang memiliki arti peraturan, aturan, dan hukum. Garis besarnya, ilmu ekonomi dapat diartikan sebagai manajemen atau pengelolaan rumah tangga.

Umumnya, subjek yang terdapat dalam ilmu ekonomi ini dapat dibagi dalam beberapa cara, namun yang paling terkenal yaitu mikroekonomi dan juga makroekonomi.


Pengertian Ilmu Ekonomi


√ Pengertian Ilmu Ekonomi | Konsep Dasar, Subjek dan Manfaatnya
pixabay.com

Tidak hanya penjelasan mengenai ilmu ekonomi yang sudah dibahas di atas, berikut merupakan pengertian ilmu ekonomi yang merujuk pada beberapa ahli.

1. Adam Smith (Orang pertama yang mengembangkan ilmu ekonomi di abad 18)

Ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang mempelajari perliaku manusia dalam mengelola sumber daya baik itu yang terbatas atau yang tidak terbatas, untuk dapat mencapai tujuan tertentu dalam hidupnya yang ingin di capai.

2. Karl Marx

Ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang mempelajari mengenai cara-cara manusia yang dilakukan untuk bertahan hidup dalam suatu struktus kelas sosial. Kelas sosial ini memiliki hubungan yang dtentukan dalam pemanfaatannya dalam sarana produksi.

3. Jean-Baptiste Say

Ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang juga menjadi cabang dari kajian mengenai segala bentuk peraturan yang dapat menentukan suatu kekayaan dari sesesorang.

4. John Maynard Keynes

Ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang mempelajari mengenai tingkat kemakmuran dari suatu negara, yang mana hal ini membutuhkan intervensi atau campur tangan pemerintah agar dapat mencapat kondisi perekonomian tertentu di negaranya.


Konsep Dasar Ilmu Ekonomi


√ Pengertian Ilmu Ekonomi | Konsep Dasar, Subjek dan Manfaatnya
monitor.co.id

Ilmu ekonomi memeiliki beberapa konsep dasar dalam penerapannya, berikut merupakan diantaranya:

1. Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi ini meliputi produksi (kegiatan untuk menambah nilai barang dan jasa dengan menggunakan SDM dan SDA), konsumsi (kegiatan yang berhubungan penggunaan barang dan jasa) dan juga distribusi (kegiatan yang dilakukan untuk menyebarkan barang/jasa).

2. Tindakan Ekonomi

Tindakan ekonomi dapat dikatakan sebagai suatu usaha individu yang dilakukan untuk memilih hal-hal terbaik dan juga menguntungkan untuk mereka sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

3. Motif Ekonomi

Motif ekonomi merupakan suatu tujuan atau alasan dari individu/manusia ketika melakukan kegiatan ekonomi. Motif ekonomi sendiri memiliki dua aspek yaitu intrinsik (alasan/tujuan dari diri sendiri) dan ekstrinsik (alasan/tujuan dari orang lain)

4. Metodologi Ilmu Ekonomi

Merupakan suatu metodologi yang dibagi menjadi dua yaitu metode induksi (metode yang dilakukan dengan berdasar pada berbagai kejadian ekonomi lalu kemudian disusun secara sistematis sampai mendapatkan kesimpulan secar umum.

Yang kedua metode deduksi, merupakan metode yang dilakukan dengan berdasar pada teori ekonomi yang dianalisis lalu dipelajari untuk kemudian bisa mendapatkan kesimpulan khusus.


Subjek Ilmu Ekonomi


√ Pengertian Ilmu Ekonomi | Konsep Dasar, Subjek dan Manfaatnya
liputan6.com

Pada awal bahasan disinggung mengenai subjek bahasan ilmu ekonomi yang dibagi menjadi mikroekonomi dan makroekonomi, berikut merupakan penjelasan singkatnya:

1. Mikroekonomi

Merupakan subjek ilmu ekonomi yang mempelajari mengenai aspek individual dari suatu kegiatan ekonomi yang ada. Subjek ini menggunakan analisis konsumen dan juga produsen dalam suatu pasar.

2. Makroekonomi

Merupakan subjek ilmu ekonomi yang mempelajari mengenai keseluruhan dari perilaku ekonomi, dengan pemakaian yang efisien dari berbagai faktor produksi untuk dapat mencapat kemakmuran pada masyarakat secara maksimal.


Manfaat Ilmu Ekonomi


√ Pengertian Ilmu Ekonomi | Konsep Dasar, Subjek dan Manfaatnya
pixabay.com

Berikut merupakan beberapa manfaat ilmu ekonomi:

  • Dapat memberikkan informasi berupa masukkan dalam hal pengampilan keputusan yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi.
  • Dapat membantu manusia untuk memahami pola perilaku ekonomi dari suatu masyarakat.
  • Dapat meningkatkan kepekaan individu/manusia pada masalah ekonomi termasuk secara global.

Keyword: Pengertian Ilmu Ekonomi

Nisalutfi
About Nisalutfi 144 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.