Yuk Belajar Apa Itu Ideologi | Pengertian, Jenis dan Fungsinya

√ 18 Pengertian Ideologi Secara Umum dan Menurut Para Ahli
atobasahona.com

Ideologi merupakan sistem pemikiran yang abstrak dan tidak hanya sebatas atau sekadar pembentukan ide saja. Ideologi juga diterapkan pada masalah publik yang pada akhirnya membuat konsep ini menjadi suatu inti politik.

Ideologi pun dapat dianggap sebagi visi yang komprehensif dan juga cara memandang segala sesuatu. Tujuan utama ideologi sendiri dapat dikatakan untuk menawarkan suatu perubahan dengan melalui proses pemikiran yang normatif.

Secara etimologi, kata ideologi sendiri pertama kali diperkenalkan oleh filsuf PRancis bernama Destutt de Tracy tahun 1796. Kata ideologi berasal dari bahasa Prancis ideologie yang juga merupakan gabungan dari dua kata ideo (gagasan) dan logie yang merujuk pada kata logos (logika dan rasio).

Berdasarkan etimologinya, Destutt de Tracy mendefinisikan ideologi sebagai ilmu yang meliputi kajian mengenai asal usul dan juga hakikat dari suatu ide ataupun gagasan.


Pengertian Ideologi


√ Yuk Belajar Apa Itu Ideologi | Pengertian, Jenis dan Fungsinya
yuksinau.id

Selain penjelasan mengenai ideologi secara umum dan berdasarkan etimologinya dari ahli filsuf, berikut merupakan pengertian ideologi yang merujuk pada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) dan beberapa ahli:

1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Ideologi merupakan suatu kumpulan konsep yang bersistem dan dijadikan sebagai asas pendapat dari kejadian yang memberikan arah dan juga tujuan tertentu untuk kelangsungan hidup. Ideologi juga dapat dikatakan sebagai cara berpikir individu satau golongan.

Arti lainnya dapat juga dikatakan sebagai paham, teori, dan juga tujuan yang mana merupakan satu program sosial politik. Dalam hal politik, sistem kepercayaan ini menerangkan dan juga membenarkan tatanan politik yang sudah ada atau yang dicita-citakan.

2. Drs. Moerdiono

Ideologi merupakan suatu sistem ide yang akan membuat dan menyusun secara sistematis seluruh pemikiran tentang kehidupan dan juga akan melengkapinya bersama dengan sarana dan kebijakan serta strategi tertentu dengan tujuan untuk menyesuaikan keadaan yang nyata.

3. C. C. Rodee

Ideologi merupakan keyakinan, paham, dan juga gagasan yang diaati atau dianut oleh suatu kelompok, kelas sosial ras atau bangsa dan negara tertentu.


Jenis Ideologi


√ Yuk Belajar Apa Itu Ideologi | Pengertian, Jenis dan Fungsinya
musdeoranje.net

Berdasarkan penjelasan dari pengertiannya, ideologi memiliki jenis dan contoh yang beberapa diantaranya adalah:

1. Liberalisme

Liberalisme merupakan ideologi yang menganut kebebasn individu dan juga menjunjung tinggi suatu kesetaraan dalam masyarakat di negara tertentu serta hak dasar tiap individu/orang haruslah dilindungi oleh negaranya.

2. Kapitalisme

Kapitalisme merupakan ideologi dengan gagasan utama kebebasan individu/seseorang untuk dapat melakukan akumulasi kapital individual. Dalam al ini, negara tidak boleh ikut campur usaha individu/seseorang dalam memperkaya diri.

3. Sosialisme

Sosialisme merupakan ideologi dengan paham dan gagasan kesetaraan sosial yang mana pemerintah pada wilayah atau negara yang menganut ideologi ini memiliki peran yang dominan terhadap individu. Dalam ideologi ini tidak ada pengakuan hak milik pribadi.

4. Feminisme

Feminisme merupakan ideologi dengan gagasan di mana perjuangan kesetaraan dalam hak dan tanggung jawab bagi perempuan dalam bidang politik, budaya, ekonomi, ruang publik dan juga ruang pribadi.

5. Nasionalisme

Merupakan ideologi dengan gagasam kesadaran dan juga semangat cinta pada tanah air dan juga negerinya yang ditunjukkan dengan sikap individu dan masyarakatnya.


Fungsi Ideologi


√ Yuk Belajar Apa Itu Ideologi | Pengertian, Jenis dan Fungsinya
kompasiana.com

Berikut merupakan fungsi ideologi secara umum yang diantaranya adalah:

  • Ideologi sebagai landasan berdirinya kedaulatan rakyat.
  • Ideologi menjadi landasan kegiatan dan penyelenggaraan dalam suatu negara.
  • Ideologi menjadi landasan dan juga sumber hukum nasional yang digunakan suatu negara.
  • Ideologi menjadi suatu landasan dalam hubungan antar individu atau antar warga negara.
  • Ideologi menjadi sumber atau acuan dari norma dan juga nilai sosial.
  • Ideologi dapat berperan sebagai panduan individu menemukan jati dirinya.

Keyword: Pengertian Ideologi

Sara Apriana
About Sara Apriana 454 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.