Pengertian Hasil Belajar | Jenis, Faktor dan Contohnya

Pengertian Hasil Belajar di Lingkungan Sekolah dengan Objek Siswa
silabus.web.id

Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik/siswa/murid secara keseluruhan yang didapat setelah menerima pengalaman belajar atau pembelajaran sesuai dengan apa yang dipelajarinya.

Wujud dari hasil belajar tersebut dapat berupa pengetahuan, sikap, keterampilan, kemampuan kognitif, afektif dan juga psikomotor yang dikarenakan pengalaman dan juga bukan dari satu aspek saja. Hasil belajar pun dapat dikatakan sebagai tolak ukur dari penilaian dalam kegiatan belajar yang sudah dilakukan.

Umumnya hasil belajar dapat diketahui dengan evaluasi yang emiliki tujuan untuk mendapatkan data yang menunjukkan sejauh mana siswa berhasil memahami pembelajaran. Hasil belajar peserta didik/siswa/murid ini dapat dipengaruhi oleh kualitas pengajaran dan kemampuan individu tiap siswa.


Pengertian Hasil belajar


√ Pengertian Hasil Belajar | Jenis, Faktor dan Contohnya
forum.teropong.id

1. Dimyati dan Mudjiono (2013)

Hasil belajar adalah suatu hasil dari interaksi kegiatan belajar mengajar yang sudah dilakukan. Hasil belajar sendiri dapat diketahui dengan berakhirnya proses belajar dan juga sudah dilakukan proses evaluasi hasil belajar.

2. Jihad dan Haris (2012)

Hasil belajar adalah suatu bentuk pencapai dari perubahan perilaku peserta didik/siswa/murid yang cenderung menetap pada kemampuan kognitif, afektif dan juga psikomotor dari proses belajar dalam pembelajaran yang sudah dilakukan dalam waktu tertentu.

3. Hamalik (2004)

Hasil belajar merupakan suatu pola nilai-nilai, pengetahuan, perbuatan, sikap, abilitas, keterampilan dan juga apresiasi. Hasil belajar ini pun juga dapat diartikan tingkat penguasaan yang sudah dicapai oleh siswa ketika mengikuti proses belajar sesuai dengan tujuan pendidikan.

4. Nawawi (2013)

Hasil belajar merupakan suatu tingkat keberhasilan peserta didik/siswa/murid ketika mempelajari pelajaran yang diajarkan pada proses pembelajaran di sekolah. Hasil tersebut dinyatakan dalam skor yang didapatkan melalui hasil tes atau evaluasi pelajaran tertentu.


Jenis-Jenis Hasil Belajar


√ Pengertian Hasil Belajar | Jenis, Faktor dan Contohnya
smabn.sch.id

Berikut merupakan jenis-jenis atau macam-macam hasil belajar menurut Benyamin S. Bloom dalam Anni (2006 :7-12):

1. Kognitif

Kognitif merupakan jenis/macam/ranah hasil belajar yang berhubungan dengan dengan kemampuan intelektual individu/seseorang.

Hasil belajar kognitif ini turut melibatkan peserta didik/murid/siswa ke dalam proses berfikir, misalnya seperti mengingat, memahami, menerapkan, menganalisa sintesis dan juga evaluasi.

2. Afektif

Afektif merupakan jenis/macam/ranah hasil belajar yang berhubungan dengan kemampuan dalam hal sikap, perasaan dan juga emosi.

Tingkatan pada aspek yang terdapat di jenis hasil belajar ini mulai dari yang sederhana sampai dengan tingkatan yang terbilang kompleks, misalnya seperti penerima, penanggapan, penilaian, karakterisasi nilai dan juga pengorganisasian.

3. Psikomotorik

Psikomotorik merupakan jenis/macam/ranah hasil belajar yang berhubungan dengan kemampuan dalam hal gerak seperti otot.

Aspek pada jenis ini juga memilki tingkatan seperti keterampilan gerak dasar, gerak reflex, kemampuan perseptual, psikis, gerakan dengan keterampilan yang sederhana sampai keterampilan yang terbilang kompleks seperti gerakan ekspresif dan juga interpretatif.


Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar


√ Pengertian Hasil Belajar | Jenis, Faktor dan Contohnya
dosenpendidikan.com

Hasil belajar sendiri sebenarnya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang dibagi menjadi faktor internal dan juga faktor eksternal. Berikut merupakan penjelasan mengenai kedua faktor yang mempengaruhi hasil belajar:

1. Faktor Internal

Sesuai dengan namanya, faktor ini berasal dari dalam individu/orang yang sedang mengikuti proses belajar dalam pembelajaran. Faktor-faktor internal ini seperti kondisi jasmani dan juga faktor psikologis pada masing-masing peserta didik/siswa/murid.

2. Faktor Eksternal

Fakor eksternal merupakan faktor yang mempengaruhi hasil belajar namun dari luar individu/orang yang mengikuti proses belajar dalam pembelajaran. Beberapa faktor eksternal umumnya adalah keluarga, sekolah, cara mengajar, masyarakat dan yang lainnya.


Contoh Hasil Belajar


√ Pengertian Hasil Belajar | Jenis, Faktor dan Contohnya
pixabay.com

Berikut merupakan contoh hasil belajar peserta didik/siswa/murid dalam beberapa bidang atau ilmu pelajaran, diantarnya adalah:

  • Dalam bidang fisika, siswa dapat menghitung besar dan juga arah dari medan magnet yang dibuat dengan cara memindahkan muatan listrik.
  • Dalam bidang biologi, misalnya ilmu mengenai anatomi manusia, peserta didik/murid/siswa dapat dan mampu mengidentifikasi karakteristik dari struktur tubuh manusia dan juga menjelaskan bagaimana fungsi pada struktur atau bagian-bagian tubuh tersebut.

Keyword: pengertian hasil belajar

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.