Pengertian Guru | Peran, Tugas dan Tanggung Jawabnya

Pahlawan Tanda Tanda Jasa | Inilah Pengertian Guru di Beberapa Agama
brilio.net

Guru dalam artian umum merupakan pendidik dan juga pengajar baik itu pada PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) jalur sekolah ataupun pendidikan formal seperti pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Guru-Guru yang seperti ini diharuskan memiliki kualifikasi formal.

Guru juga dapat diartikan sebagai seseorang yang sudah mengabdikan dirinya untuk mengajarkan ilmu pengetahuan yang mendidik, mengarahkan dan juga melatih siswa didiknya supaya bisa memahami ilmu pengetahuan yang diberikan/diajarkan.

Guru juga dapat didefinisikan sebagai pengajar ilmu pengetahuan, yang jika di Indonesia merujuk pada pendidik professional dengan tugas utamanya adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, menilai, melatih, dan juga mengevaluasi siswa.


Pengertian Guru


√ Pengertian Guru | Peran, Tugas dan Tanggung Jawabnya
pixabay.com

Untuk lebih memahami apa itu guru, berikut merupakan pengertian guru yang merujuk pada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Undang-Undang, dan beberapa ahli:

1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Guru merupakan orang dengan profesi atau pekerjaannya mengajar. Terdapat beberapa istilah untuk guru, misalnya guru agama yang hanya mengajarkan pelajaran mengenai agama. Guru sekolah, guru yang mengajar di sekolah, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Undang-Undang No.14 Tahun 2005

Guru merupakan tenaga pendidik/pengajar professional dengan tugas utama untuk mendidik, mengajar, membimbing, melatih, mengarahkan, menilai dan juga mengevaluasi siswa/peserta didik baik itu pada pendidikan anak usia dini atau pendidikan formal seperti pendidikan dasar dan menengah.

3. Drs. M. Uzer Usman (1996)

Guru merupakan tiap orang yang memiliki wewenang dan memiliki tugas dalam dunia pendidikan dan juga pengajaran pada suatu lembaga pendidikan formal untuk mengajar dan mendidik peserta didik/siswa.

4. Dri Atmaka

Guru merupakan seorang pendidik/pengajara yang bertanggung jawab untuk memberikan bantuan (pengajaran) pada peserta didik/siswa/murid, dalam hal pengembangan baik fisik dan juga spiritual.


Peran Guru


√ Pengertian Guru | Peran, Tugas dan Tanggung Jawabnya
pixabay.com

Sebagai pengajar/pendidik, guru tentunya memiliki peranan yang penting untuk para murid/siswa didiknya, berikut merupakan diantaranya:

– Guru sebagai Pendidik

Guru mendidik siswa didiknya supaya dapat bertingkah laku sesuai dengan norma dana turan yang ada dan berlaku di masyarakat.

– Guru sebagai Pengajar

Guru mengajarkan ilmu pengetahuan sesuai dengan bidang pengetahuan yang dikuasainya pada para siswa didik/muridnya.

– Guru sebagai Pembimbing

Guru mengarahkan siswa didik/muridnya untuk dapat tetap ada di jalur yang tepat sesuai dengan tujuan pendidikan yang sudah ditetapkan.

– Guru sebagai Teladan

Guru memberikan contoh dan teladan yang baik pada siswa didik/muridnya agar contoh dan teladan baik tersebut ditiru dan diterapkan oleh siswa/muridnya dalam kehidupan.

– Guru sebagai Motivator

Guru memberikan motivasi dan juga semangat pada siswa/muridnya agar tetap semangat dalam belajar dan menuntut ilmu.

– Guru sebagai Administrator

Guru mencatat perkembangan muridnya selama proses pembelajaran mulai dari hari pertama mengajar sampai ujian untuk mengetahui bagaimana perkembangan muridnya dan menjadi evaluasi jika cara mengajar kurang efektif.

– Guru sebagai Evaluator

Guru mengevaluasi proses belajar siswanya dengan mengadakan tes atau ulangan untuk mengetahui sejauh mana pelajaran yang sudah dikuasai dan mana saja yang masih belum dikuasai ilmunya.

– Guru sebagai Inspirator

Guru menjadi inspirasi siswa didik/muridnya supaya mereka dapat memiliki suatu tujuan atau cita-cita yang dicapai di masa depan kelak.


Tugas dan Tanggung Jawab


√ Pengertian Guru | Peran, Tugas dan Tanggung Jawabnya
pixabay.com

Umumnya tugas utama guru adalah mendidik dan mengajar murud, namun sebenarnya cukup banyak tugas dan tanggung jawab seorang guru. Berikut merupakan beberapa diantaranya:

  • Mengenal dan memahami setiap siswa didik/muridnya baik itu sebagai individu atau kelompok.
  • Memberikan informasi pengetahuan sesuai dengan bidang ilmu yang dikuasai pada proses pembelajaran.
  • Memberikan cara mengajar yang efektif pada pembelajaran supaya murid dapat dengan mudah memahami apa yang diajarkan.
  • Memberikan kesempatan pada setiap siswa didik/muridnya dan membimbing untuk dapat belajar sesuai dengan masing-masing karakteristiknya.
  • Membuat diagnosis mengenai kesulitan ketika proses pembelajaran dan memberikan penilaian untuk kemajuan proses pembelajaran.
  • Bertanggung jawab dan juga turut serta memajukan ilmu pengetahuan, khususnya ilmu yang dikuasainnya.

Keyword: Pengertian Guru

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.