Pengertian Evaluasi | Tahapan, Tujuan dan Fungsinya

sciencespo.fr

Evaluasi secara umum dapat dikatakan sebagai proses menilai hal atau objek tertentu dengan dasar mengacu pada acuan tertentu sesuai dengan tujuan yang ditentukan. Evaluasi juga bisa diartikan sebagai proses dalam mempertimbangkan atau mengukur hal atau objek dengan pertimbangan yang beragam,

Dalam bidang perusahaan, evaluasi merupakan suatu proses pengukuran atau penilaian terhadap efektif atau tidaknya suatu strategi yang digunakan dalam upaya untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai oleh persuahaan. Data tersebut juga bisa digunakan sebagai analisis untuk situasu/program selanjutnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, evaluasi dapat digunakan agar dapat meningkatkan keefektivan dan produktifnya individu atau kelompok atau bahkan lingkungan kerja. Informasi yang didapat dari evaluasi diantaranya seperti tingkat kemajuan aktivitas, tingkat pencapaian sesuai tujuan, dan hal yang harus dilakukan kedepannya.


Pengertian Evaluasi


√ Pengertian Evaluasi | Tahapan, Tujuan dan Fungsinya
coe.int

1. William A. Mehrens dan Irlin J. Lehmann (1987)

Evaluasi merupakan proses dalam merencanakan, mendapatkan, dan juga menyediakan suatu informasi yang diperlukan agar dapat membuat alternatif sebelum mengambil keputusan.

2. Norman E. Gronlund (1976)

Evaluasi merupakan proses sistematis yang dilakukan sebelum menentukan/membuat suatu keputusan dan sampai sejauh mana tujuan dapat dicapai. Dalam hal pengajaran, evaluasi dilakukan untuk menentukan sampai sejauh mana pengajaran sudah dicapai siswa/murid.

3. A.D Rooljakkers

Evaluasi merupakan suatu proses yang dilakukan dalam menentukan nilai-nilai tertentu. Khuususnya evaluasi juga dapat diartikan sebagai proses dalam pemberian nilai dengan berdasar pada data kuantitatif yang merupakan hasil pengukuran untuk mengambil keputusan.

4. Anne Anastasi (1978)

Evaluasi merupakan suatu proses sitematis yang dilakukan untuk menentukan eberapa jauh tujuan dapat dicapa. Evaluasi sendiri dapat dikatakan sebagai kegiatan untuk mengukur/menilai hal tertentu secara terencana, sistematik, dan tujuan yang jelas.


Tahapan Evaluasi


√ Pengertian Evaluasi | Tahapan, Tujuan dan Fungsinya
odi.org

Sebelum melakukan evaluasi, terdapat beberapa tahapan atau proses yang mendasar. Berikut diantaranya:

  • Menentuka topik evaluasi
  • Merancang kegiatan/aktivitas evaluasi
  • Mengumpulkan data
  • Mengolah dan menganalisis data
  • Membuat laporan hasil evaluasi

Tujuan Evaluasi


√ Pengertian Evaluasi | Tahapan, Tujuan dan Fungsinya
eige.europa.eu

Evaluasi dilakukan tentunya dengan tujuan atau hal yang ingin dicapai sebelum membuat atau menentukan keputusan. Berikut merupakan beberapa tujuan evaluasi:

  • Agar dapat mengetahui baik tidaknya seseorang dalam penguasaan kompetensi yang sudah ditetapkan.
  • Agar dapat mengetahui kesulitan apa saja yang dialami dalam kegiatan tertentu, supaya bisa dilakukan analisis dan kemungkinan memberikan alternatif.
  • Agar dapat mengetahui seberapa efektifnya suatu metode, media dan juga sumber daya lainnya yang digunakan ketika melaksanakan kegiatan/aktivitas tertentu.
  • Agar dapat memperbaiki kekurangan yang dialami berdasarkan informasi yang didapat dan kekurangan tersebut dijadikan sebagai analisis dan juga acuan untuk keputusan yang akan diambil di masa mendatang.

Fungsi Evaluasi


√ Pengertian Evaluasi | Tahapan, Tujuan dan Fungsinya
lametro.fr

Evaluasi sendiri memiliki beberapa fungsi yang bermanfaat untuk pihak (individu/kelompok) yang melakukan evaluasi. Berikut merupakan diantaranya:

1. Fungsi Selektif

Merupakan fungsi yang digunakan untuk dapat menyeleksi seseorang untuk melihat apakah orang tersebut memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar yang sudah dibuat dan ditetapkan.

2. Fungsi Diagnosa

Merupakan fungsi dengan tujuan agar dapat mengetahui kelebihan dan juga kekurangan seseorang dalam mengusasai kompetensi tertentu.

3. Fungsi Penempatan

Merupakan fungsi dengan tujuan agar dapat mengetahui di mana posisi terbaik untuk seseorang dalam bidang atau kompetensi yang dikuasainya. Dalam hal pekerjaan, dilakukan agar dapat mengetahui posisi terbaik bagi karyawan yang sesuai dengan bidang dan kompetensinya.

4. Fungsi Pengukuran Keberhasilan

Merupakan fungsi agar dapat melihat dan juga menilai tingkat keberhasilan dari suatu program yang akan dijalankan, baik itu motde yang digunakan, sarana, dan pencapaian tujuan.

Keyword: Pengertian Evaluasi

Nisalutfi
About Nisalutfi 176 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.