Pengertian Etika | Klasifikasi dan Jenis-Jenisnya

pengertian etika
jendelasarjana.com

Etika merupakan cabang dari filsafat yang mempelajari tentang nilai atau kualitas yang menjadi studi tentang standar dan juga penilaian moral. Berikaitan dengan moral, etika sendiri memiliki analisis dan penerapan konsep benar, salah, baik, buruk dan juga tanggung jawab.

Pengertian umum etika lainnya merupakan suatu norma atau aturan yang digunakan menjadi pedoman ketika berperilaku dalam lingkungan masyarakat dan berkaitan dengan sifat baik dan juga buruk.

Berdasarkan etimologi, etika merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani ethikos yang memiliki arti timbul dari kebiasaan. Dapat dikatakan etika mempunyai sudut pandang secara normative yang mana objeknya adalah manusia dan juga perbuatan yang dilakukannya.


Pengertian Etika


√ Pengertian Etika | Klasifikasi dan Jenis-Jenisnya
ciputrauceo.net

Untuk lebih memahami etika selain dari penjelesan pengertian umum yang sudah di bahas sebelumnya, simak pengertian etika yang merujuk pada beberapa ahli di bawah ini:

1. W. J. S. Poerwadarminto

Etika merupakan ilmu pengetahuan mengenai perilaku manusia yang dilihat dan diketahui dari sisi baik dan juga buruknya serta sejauh mana perlikau tersebut bisa ditentukan oleh akal manusia.

2. Dr. James J. Spillane SJ

Etika merupakan memperhatikan tingkah laku dari mansia baik dalam mengambil kuputusan atau ketika bermasyarakat dan berhubungan dengan moral. Etika sendiri juga bisa dikatakan lebih mengarah atau condong pada penggunaan akal budi untuk menentukan benar salah dan tingkah laku individu pada individu lainnya.

3. H. A. Mustafa

Etika merupakan ilmu pengetahuan yang memperhatikan atau menyelidiki perilaku individu (manusia) mengenai baik dan buruk dengan juga memerhatikan sejauh apa yang diketahui oleh akal dan pikiran manusia.


Klasifikasi Etika


√ Pengertian Etika | Klasifikasi dan Jenis-Jenisnya
satujam.com

Sebagai cabang ilmu filsafat yang mempelajari tingkah laku manusia, etika juga memiliki standar untuk penilaian terhadap perilaku manusia yang diklasifikasikan menjadi empat. Berikut merupakan diantaranya:

1. Etika Deskriptif

Merupakan etika yang menjelaskan dengan apa adanya tanpa memberikan penilaian tertentu pada objek yang diamati atau diperhatikan.

2. Etika Normatif

Meurpakan etika yang menjelaskan mengenai suatu penialain yang berhubungan dengan baiik, buruk dan hal apa yang sebaiknya dilakukan oleh individu (manusia) ke individu lainnya.

3. Etika Individual

Merupakan etika dengan objek manusia sebagai individu dan berkaitan dengan makna dan juga tujuan dari individu (manusia) itu sendiri.

4. Etika Sosial

Merupakan etika yang membahas mengenai tingkah laku manusia (makhluk sosial) dan bagaimana hubungan interaksinya dengan manusia lainnya. Hal ini termasuk dalam lingkunp terkecil seperti keluarga sampai lingkup besar dalam hal bernegara.


Jenis-Jenis Etika


Mengacu pada penjelasan dari pengertian etika, berikut merupakan jenis-jenis etika:

1. Etika Filosofis

√ Pengertian Etika | Klasifikasi dan Jenis-Jenisnya
pixabay.com

Etika filosofis merupakan etika yang secara harafiah bisa dikatakan sebagai etika yang bersumber pada kegiatan berfikir atau berfilsafat yang dilakukan oleh individu (manusia).

Karena merupakan bagian dari filsafat, maka etika juga tidak lepas dari unsur-unsur filsafat. Berikut merupakan unsur-unsur etika filosofis:

– Non-empiris

Merupakan filsafat yang dikategorikan sebagai bagian ilmu non-empiris. Jika ilmu empiris pada dasarnya adalah ilmu yang berdasar pada fakta, maka filsafat tidak seperti itu, dan justru berusaha melampaui konkret dan menanyakan apa yang harusnya dilakukan dan tidak boleh dilakukan dalam etika.

– Praktis

Merupakan filsafat dimana tidak hanya berbicara apa yang ada dan etika praktis tidak terbatas pada hal tersebut melainkan juga bertanya mengenai apa yang harus dilakukan. Hal ini membuat etika bersifat praktis karena langsung berhubungan dengan boleh dan tidak boleh.

2. Etika Teologis

√ Pengertian Etika | Klasifikasi dan Jenis-Jenisnya
rawpixel.com

Etika teologis merupakan etika yang tidak hanya dimiliki oleh agama atau kepercayaan tertentu, justru setiap agama bisa mempunyai etika teologisnya masing-masing sesuai dengan ajarannya.

Etika teologis juga sebenarnya adalah bagian dari etika umum, yang oleh karena itu terdapat cukup banyak unsur-unsur yang ada dalam etika teologi terdapat pada etika umum.

Keyword: pengertian etika

Nisalutfi
About Nisalutfi 144 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.