Pengertian Eksplorasi dan Perbedaannya dengan Eksploitasi

Pengertian Eksplorasi dalam Cakupan Proses Kegiatan Belajar Mengajar
baruterus.com

Eksplorasi atau yang juga disebut sebagai penjelajahan/pencarian merupakan tindakan atau kegiatan dalam melakukan penjelajahan/pencarian dengan tujuan untuk menemukan hal yang belum pernah ada atau hal baru, baik sumber daya alam, informasi, budaya atau yang lainnya.

Eksplorasi sebenarnya sudah ada sejak awal dari keberadaan manusia, namun puncak eksplorasi dianggap ketika abad penjelajahan, yakni pada saat pelaut dari Eropa menjelajah ke berbagai penjuru dunia untuk menemukan daerah dan budaya baru.

Dalam bidang ilmiah, eksplorasi merupakan salah satu dari tiga bentuk tujuan dari dilakukannya riset. Tujuan lainnya adalah penggambaran (deskripsi), dan juga penjelasan (eksplanasi). Dalam hal riset, eksplorasi merupakan usaha untuk membuat pengertian umum dan awal dari suatu fenomena.


Pengertian Eksplorasi


Selain penjelasan pengertian eksplorasi secara umum yang sudah di bahas sebelumnya, berikut merupakan pengertian eksplorasi lainnya yang merujuk pada berbagai sumber:

1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

√ Pengertian Eksplorasi dan Perbedaannya dengan Eksploitasi
jawapos.com

Berdasarkan KBBI, eksplorasi dibedakan menjadi 3 definisi yang diantaranya adalah:

– Eksplorasi dalam kata benda

Eksplorasi merupakan sebuah pencarian atau penjelajahan lapangan dengan tujuan untuk mendapatkan pengetahuan lebih banyak dan keadaannya, terutama dalam hal sumber daya alam di daerah atau wilayah itu.

– Eksplorasi dalam pendidikan

Eksplorasi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan pengalaman dari situasi yang baru juga.

– Eksplorasi dalam petrologi, minyak dan gas bumi

Eksplorasi merupakan suatu penjelajahan didaerah yang diperkirakan memiliki kandungan mineral yang berharga dengan melalui survei geologi, geofisika, atau pengeboran untuk menemukan dan juga mengetahui wilayah yang memiliki kandungan tersebut.

2. Undang-Undang (UU) No.22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas

√ Pengertian Eksplorasi dan Perbedaannya dengan Eksploitasi
setkab.go.id

Eksplorasi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan informasi tentang kondisi geologi untuk menemukan dan juga memperoloeh perkiraan cadangan dari minyak dan juga gas bumi di wilayah tertentu yang sudah ditentukan.

3. Koesoemadinata (2000)

√ Pengertian Eksplorasi dan Perbedaannya dengan Eksploitasi
pixabay.com

Eksplorasi meruapakan suatu kegiatan secara teknis ilmiah yang dilakukan untuk mencari tahu ssuatu daerah, area tertentu, keadaan, atau hal yang sebelumnya tidak/belum diketahui keberadaan dan isinya.

Dalam hal ilmiah, eksplorasi dapat memberikan sumbangan pada khazanah ilmu pengetahuan. Eksplorasi sendiri tidak hanya dapat dilakukan pada daerah di daratan aja, melainkan juga kedalaman laut atau ruang angkasa dan bahkan wawasan alam pikiran.

4. Bates & Jackso (1980)

√ Pengertian Eksplorasi dan Perbedaannya dengan Eksploitasi
pixabay.com

Eksplorasi merupakan kegiatan penjelajahan yang dilakukan untuk pencarian mineral berharga atau juga bahan bakar fosil. Kegiatan eksplorasi sendiri meliputi penyelidikan secara geologi, geologi foto, geofisika, geokimia dan penyelidikan lainnya.


Perbedaan Eksplorasi dan Eksploitasi


√ Pengertian Eksplorasi dan Perbedaannya dengan Eksploitasi
portalsejarah.id

Meskipun kerap kali digunakan secara bersamaan, eksplorasi dan eksploitasi ini tidak sama dan memiliki perbedaan, berikut merupakan diantaranya:

1. Eksplorasi

  • Eksplorasi merupakan awal dari kegiatan sebelum dilakukannya eksploitasi. Kegiatan ini dilakukan dengan jangka waktu yang tidak sebentar karena prosesnya yang detail dan mendalam.
  • Eksplorasi menitikberatkan pada proses pencarian informasi yang detail dan juga mendalam melalui penjelajahan wilayah baru.
  • Eksplorasi merupakan proses penjelajahan jangka panjang dengan hasil yang memiliki resiko dan tidak adanya kepastian.
  • Tidak jarang, kegiatan eksplorasi yang dilakukan memiliki dampak langsung yang cukup berbahaya pada objek yang bersangkutan yang sedang dijelajah.

2. Eksploitasi

  • Eksploitasi merupakan kegiatan lanjutan dari eksplorasi yang sudah dilakukan dan bergantung pada hasil setelah melakukan eksplorasi. Hal ini bisa dalam jangka waktu yang pendek atau bahkan jangka panjang.
  • Eksploitasi merupakan kegiatan dengan arah penggalian manfaat dari potensi yang sudah diketahui melalui eksplorasi.
  • Eksploitasi merupakan kegiatan yang bisa bersifat jangka pendek atau panjang dengan manfaat yang dapat dinimati secara langsung dan hasil tertentu.
  • Eksploitasi memiliki tujuan untuk memperoleh hasil sebesar mungkin dari hal yang sudah dilakukan melalui eksplorasi.

Keyword: Pengertian Eksplorasi

Sara Apriana
About Sara Apriana 454 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.