Pengertian Algoritma | Bentuk Dasar, Ciri-Ciri, Fungsi dan Manfaatnya

√ Pengertian Algoritma | Bentuk Dasar, Ciri-Ciri, Fungsi dan Manfaatnya
pexels.com

Mendengar kata algoritma yang terbesit di pikiran pasti yang berhubungan dengan komputer atau matematika. Kita juga sering mendengar seperti perkataan atau istilah seperti algoritma Youtube, atau algoritma Instagram.

Mudahnya, secara umum algoritma dapat dikatakan sebagai suatu urutan beberapa langkah logis dan juga sistematis yang dipakai untuk menyelesaikan masalah. Pada komputer, umumnya algoritma digunakan untuk melakukan suatu perhitungan, penalaran secara otomatis dan mengolah data.

Dalam sebuah algoritma terdapat suatu rangkaian yang terdatas dari beberapa intruksi yang akan menghitung suatu fungsi yang kalau dijalankan dan diproses akan menghasilkan output serta berhenti pada kondisi yang sudah ditentukan.

Ada juga yang mengatakan algoritma merupakan sebuah serangkaian proses atau aturan yang perlu diikuti dalam sebuah perhitungan atau pemecahan masalah, terutama untuk komputer. Susunan logis yang berdasar pada sistematika tersebut digunakan untuk memecahkan atau menyelesaikan masalah.


Pengertian Algoritma


√ Pengertian Algoritma | Bentuk Dasar, Ciri-Ciri, Fungsi dan Manfaatnya
dictio.id

Untuk membantu memahami apa itu algoritma, berikut merupakan pendapat para ahli mengenai algoritma:

1. Muḥammad bin Mūsā al-Khawārizmī (ahli matematika penemu Aljabar, angka 0, dan Algoritma)

Algoritma merupakan suatu prosedur atau metode khusus yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang berisi urutan langkan-langkah yang terintegrasi.

2. Marvin Minsky (ahli dalam bidang Artificial Intelligence)

Algoritma merupakan seperangkat aturan yang memberitahukan pada kita bagaimana untuk bertindak dengan tepat dari waktu ke waktu.

3. Donald Ervin Knuth (ahli komputer, matematika dan professor emeritus di Universitas Stanford)

Algoritma merupakan sekumpulan dari aturan aturan berhingga yang memberikan deretan operasi untuk menyelesaikan masalah.


Bentuk Dasar Algoritma


√ Pengertian Algoritma | Bentuk Dasar, Ciri-Ciri, Fungsi dan Manfaatnya
jurnalponsel.com

1. Sequence Algorithm (Algoritma Sekuensial)

Merupakan algoritma berupa sebuah perintah yang bisa tersusun secara berurutan dan juga sistematis yang nantinya akan memunculkan beberapa instruksi.

2. Looping Algorithm (Algoritma Perulangan)

Merupakan algoritma berupa sebuah perintah yang bisa digunakan untuk mengulang beberapa atau banyak perintah dengan perhitungan syarat tertentu.

3. Conditional Algorithm (Algoritma Kondisional, Percabangan atau Bersyarat)

Merupakan algoritma berupa suatu perintah yang bisa digunakan untuk memilih salah satu dari beberapa pilihan. Sesuai dengan namanya, conditional algorithm.


Ciri-Ciri Algoritma


√ Pengertian Algoritma | Bentuk Dasar, Ciri-Ciri, Fungsi dan Manfaatnya
pexels.com

Menurut Donald Ervin Knuth, algoritma memiliki 5 ciri yang saling berhubungan atau berkaitan satu dengna yang lainnya. Berikut merupakan diantaranya:

1. Input

Adanya input, input dalam algoritma sendiri merupakan permasalahan yang dihadapi dan dicari solusinya.

2. Proses

Selanjutnya proses, yaitu merupakan langkah-langkah yang perlu dan harus dilakukan jika ingin mencapai tujuan akhir.

3. Output

Output dalam algoritma sendiri merupakan solusi atau bisa juga dikatakan tampilan akhir yang didapat daru suatu algoritma. Umumnya, algoritma minimal mempunyai satu output.

4. Instruksi yang Jelas

Intruksi-intruksi yang jelas diperlukan dalam algoritma untuk menhindari dan agar tidak terjadi adanya kesalahan ketika menghasilkan output.

5. Tujuan Akhir

Merupakan akhir program yang mana program akan berhenti setelah tujuan akhir sudah tercapai.


Fungsi Dan Manfaat Algoritma


√ Pengertian Algoritma | Bentuk Dasar, Ciri-Ciri, Fungsi dan Manfaatnya
pexels.com

Seperti yang sudah diketahui, fungsi dasar dan utama dari algoritma merupakan memecahkan masalah. Namun ada juga fungsi dan manfaat lainnya. Berikut merupakan diantaranya:

  • Algoritma membantu untuk menyederhanakan suatu program yang rumit dan juga besar.
  • Algoritma membantu untuk menyelesaikan masalah dengan logika dan juga secara sistematis.
  • Algoritma dapat digunakan untuk meminimalisir penulisan program yang berulang-ulang.
  • Algoritma bisa memudahkan kamu dalam membuat program yang lebih terstruktur dan juga rapih agar lebih mudah dipahami dan juga dikembangkan.
  • Algoritma pun bisa memudahkan suatu proses modifikasi pada program karena hal tersebut dapat dilakukan cukup pada satu modul dan tidak perlu mengubah modul lainnya.

Keyword: Pengertian Algoritma

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.