Daftar Pangkat Golongan PNS atau Aparatur Sipil Negara Lengkap

Mengenal Urutan Pangkat Golongan PNS
blog.talenta.co

Pangkat Golongan PNS terbagi ke dalam beberapa kategori golongan. Hal mengenai kenaikan pangkat pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) diatur dalam PP Nomor 99 tahun 2000. Di dalam PP tersebut juga tertuang mengenai jabatan serta pangkat golongan PNS dan bagaimana seorang PNS bisa mengajukan kenaikan pangkat.


Pangkat Golongan PNS


Menjadi abdi negara sebagai salah satu PNS atau ASN agaknya menjadi minat banyak orang belakangan ini. Terbukti dengan membludaknya pelamar CPNS disaaat pemerintah membuka lowongan formasi CPNS.

Berubahnya minat masyarakat yang dulunya tidak tertarik menjadi PNS hingga ingin menjadi CPNS sedikit banyak dipengaruhi oleh faktor kesejahteraan PNS. Dulu bekerja sebagai seorang PNS mungkin kurang diminati karena PNS diaanggap bergaji kecil sedangkan kinerja mereka dituntut tinggi. Ini tentu mengurungkan niat para pelamar untuk menjadi PNS.

Namun, saat ini stereotipe mengenai PNS agaknya sudah berubah karena menjadi PNS dianggap kesejahteraannya sudah terjamin. Meskipun gaji yang diterima PNS masih tidak terlalu tinggi, tapi pemerintah memberikan banyak tunjangan untuk para pegawai negeri sipil. Bahkan calon pegawai negeri sipil dan pensiunannya pun terjamin.

Selain tunjangan PNS dan jaminan tunjangan pensiun, kenaikan pangkat di dalam PNS juga menjadi salah satu faktor penarik minat para pelamar. Kenaikan pangkat PNS merupakan sebuah apresiasi dari pemerintah terhadap para PNS.

Pangkat dan Jabatan

Definisi pangkat adalah sebuah kedudukan yang menunjukkan tingkatan seorang pegawai negeri sipil berdasarkan jabatannya dalam rangkaian susunan kepegawaian. Pangkat juga digunakan sebagai dasar penggajian.

Sementara kenaikan pangkat merupakan penghargaan kepada PNS yang diberikan karena prestasi kerja serta pengabdian. Terdapat dua macam kenaikan pangkat dalam dunia PNS, yakni kenaikan pangkat reguler dan kenaikan pangkat pilihan.

pangkat golongan pns
image source: siaran depok.com

Kenaikan pangkat reguler adalah sebuah penghargaan yang diberikan kepada PNS yang telah memenuhi syarat tanpa terikat jabatan. Sedangkan kenaikan pangkat pilihan adalah kepercayaan serta penghargaan yang diberikan kepada PNS berkat prestasi kerjanya yang tinggi.

Selain itu, di dalam kepegawaian negeri ssipil juga dikenal dengan jabatan-jabatan. Ada beberapa jabatan yang didapatkan oleh para pengawai negeri sipil. Pertama, jabatan struktural atau suatu kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak seorang PNS dalam rangka memimpin suatu satuan organisasi negara.

Kedua, jabatan fungsional atau kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak seorang PNS. Tentu dalam rangka mengerjakan tugas pokok serta fungsi keahlian maupun ketrampilan untuk mencapai tujuan organisasi.

Ketiga, jabatan fungsional tertentu atau kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak seorang aparatur sipil negara dalam sebuah satuan organisasi. Dalam pelaksanaan tugasnya didasarkan pada keahlian atau ketrampilan tertentu serta bersifat mandiri sementara untuk kenaikan pangkatnya disyaratkan dengan angka kredit.

Adapula jabatan Pejabat pembina yang merupakan menteri, jaksa agung, sekretaris negara, sekretaris kabinet, sekretaris militer, sekretaris presiden, sekretaris wakil presiden, kepala kepolisian negara, pimpinan lembaga pemerintah nondepartemen, pimpinan kesekretariatan lembaga tertinggi/ tinggi negara, gubernur dan bupati/ walikota.

Pangkat serta Golongan ruang PNS dari yang Tertinggi  hingga Terendah

Urutan Pangkat Golongan PNS

Gaji PNS yang telah lama mengabdi akan otomatis naik bersamaan dengan naiknya pangkat golongan PNS. Penggolongan dan pengelompokan ruang kerja PNS ditandai dengan nama III/C, II/A, I/B, dan sebagainya yang disesuaikan dengan jabatan yang diemban masing-masing PNS.

Hal ini bisa berbanding lurus dengan masa kerja yang telah ditempuh PNS. Menurut tabel pertama tadi, semisal seorang PNS berada di ruang II/B berarti dia memiliki golongan II (Pengatur), lebih tepatnya Pengatur Muda Tingkat I. Golongan ini lebih tinggi daripada II/a dan golongan lain yang berada di bawahnya.

 

Keyword: Pangkat Golongan PNS

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.