Rumus Menghitung Luas Permukaan Kerucut Dan Volume Kerucut

Rumus Menghitung Luas Permukaan Kerucut Dan Volume Kerucut
studionews.co.id

Luas permukaan kerucut – Siapa yang baru pertama kali mendengar bentuk bernama kerucut? Kami yakin sekali tentu hampir semuanya pernah mempelajari bangun ruang kerucut ini.

Seperti yang kita tahu bahwa sejak belajar di bangku sekolah dasar kita sudah diperkenalkan dengan ilmu geometri, dimana dalam ilmu tersebut kita tidak hanya belajar tentang bentuk sebuah bangun saja tetapi juga cara untuk menghitung luas, keliling, atau volume, dan lain sebagainya.

Dan kerucut ini merupakan salah satu bentuk bangun ruang yang juga sering kita jumpai pada benda-benda di sekitar kita. Misalnya seperti topi ulang tahun, terompet, dan lain sebagainya. Karenanya tentu jika hanya mengenali bagaimana bentuk kerucut hampir semua orang pasti bisa melakukannya.

Yang menjadi sedikit rumit jika kemudian kita ditugaskan untuk menghitung luas atau volumenya. Karena seperti halnya perhitungan matematika, perhitungan luas permukaan kerucut ini juga membutuhkan sebuah formula atau rumus yang dijadikan acuan.

Jadi akan menjadi sulit untuk menghitung sebuah kerucut jika kita tidak mengetahui rumusnya. Karenanya pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang rumus-rumus yang digunakan dalam bangun ruang kerucut, termasuk jjuga luas permukaan kerucut dan volumenya.

Simak tulisan ini sampai habis ya, barangkali penjelasan di bawah ini bisa membantu teman-teman sekalian yang sedang ingin belajar tentang kerucut.

Tanpa berbasa-basi lagi berikut ini kami sajikan pengertian mengenai kerucut, rumus luas permukaan kerucut, dan rumus volume kerucut.

Pengertian Kerucut

Rumus Menghitung Luas Permukaan Kerucut Dan Volume Kerucut
pinterpandai.com

Apa itu bangun ruang kerucut? Jika harus didefiniskan kerucut secara singkat dapat diartikan sebagai limas yang memiliki alas berbentuk lingkaran. Karena memang pada dasarnya bentuk kerucut ini sama dengan bentuk limas yang memiliki sisi tegak yang berbentuk segitiga.

Perbedaannya seperti yang telah disebutkan bahwa dalam bangun ruang kerucut alasnya berbentuk lingkaran. Sampai disini tentu pembaca sekalian sudah mengerti ya, kalau begitu mari kita lanjut pada informasi selanjutnya.

Rumus Luas Permukaan Kerucut

Rumus Menghitung Luas Permukaan Kerucut Dan Volume Kerucut
sijipingwolu.blogspot.com

Pada bangun ruang limas kita bisa menghitung luas permukannya, begitu juga dengan kerucut. Kita bisa menghitung luas permukaan kerucut yang berbentuk lingkaran tersebut dengan rumus yang masih berhubungan dengan rumus lingkaran.

Luas Permukaan Kerucut

Maka untuk mencari luas permukaan tersebut kita membutuhkan rumus di bawah ini:

L = luas alas + luas selimut

L=π.r2+ π.r.s
L=π.r2 (r+s)

Keterangan:

π = 22/7 atau 3,14

r = jari-jari/radius

s = garis pelukis

Garis Pelukis

Perlu diketahui bahwa garis pelukis merupakan panjang sisi tegak yang melengkung dari atas sampai bawah. Garis pelukis ini jika keduanya disatukan akan membentuk segitiga siku-siku. Karenanya rumus untuk mencari garis pelukis juga terbentuk dari rumus menghitung segitiga.

Untuk mencari garis pelukis kalian bisa menggunakan rumus berikut ini:

s=√(r2 )+t2

Rumus Volume Kerucut

Selain bisa mencari luas kerucut, karena ini bangun ruang maka teman-teman juga bisa menghitung volume dari kerucut loh. Adapun cara menghitungnya dengan menggunakan rumus seperti di bawah ini:

Volume kerucut = 1/3 x luas alas x tinggi

Luas alas berbentuk lingkaran sehingga luas alas kerucut sama dengan rumus luas alas lingkaran yaitu . Sehingga dapat diketahui secara detail bahwa rumus volume kerucut adalah:

V = 1/3 x x t

Contoh Soal Luas Permukaan Kerucut

Berikut kami sertakan contoh soal yang bisa digunakan untuk berlatih:

Contoh soal luas selimut

Hitunglah luas selimut kerucut yang mempunyai jari-jari 21 cm dan panjang garis pelukisnya 40 cm.

Jawab:
Jari-jari, r yaitu 21 cm
Garis pelukis, s yaitu 40 cm

Rumus Luas selimut = π.r.s
= (22/7).(21).(40) = 2.640
Maka luas selimut kerucut yaitu 2.640 cm2.

Contoh soal luas permukaan kerucut 

Berapakah luas permukaan kerucut yang mempunyai diameter 14 cm dan garis pelukisnya 15 cm?

Jawab:
Jari-jari, r yaitu 14/2 = 7 cm
Garis pelukis, s yaitu 15 cm

Rumus  = π.r (r + s)
= (22/7).(7).(7+15) = 484
Maka luas kerucut tersebut yaitu 484 cm2.

Penutup

Apakah penjelasan mengenai rumus luas permukaan kerucut dan volume kerucut di atas cukup membantu teman-teman sekalian?

Atau malah setalah membaca artikel ini menjadi semakin bingung? kami berharap meskipun bingung paling tidak tetap ada yang bisa diambil untuk dijadikan pelajaran.

Kami juga memohon maaf jika pemaparan di atas masih belum efektif. Mungkin cukup sekian artikel yang bisa kami sajikan. Sekali lagi semoga bermanfaat, selamat belajar yaa.

Jangan lupa untuk menambahkan saran atau tambahan informasi mengenai rumus kerucut pada kolom komentar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.