Lirik Lagu Indonesia Raya 3 Stanza Beserta Sejarahnya Lengkap

Lirik Lagu Indonesia Raya | Lagu Wajib Nasional | Teks Lagu Kebangsaan Indonesia
youtube.com

Lirik lagu Indonesia Raya – Hampir semua orang Indonesia pasti sudah tahu dan hapal dengan lagu kebangsaan negara Indonesia.

Ya lagu itu berjudul Indonesia Raya. Sejak kecil kita telah diperkenalkan dengan lagu-lagu wajib nasional, dan salah satunya adalah Indonesia Raya. Lagu kebangsaan tersebut dianggap sebagai salah satu bentuk nasionalisme yang paling dasar.

Tetapi nasionalisme pun tidak bisa dimaknai sesederhana itu. Tidak semua orang Indonesia yang hapal lagu Indonesia Raya dan pancasila, atau hormat kepada bendera merah putih berarti memiliki sikap nasionalisme.

Sikap nasionalisme tidak diukur dari seberapa kerasnya seseorang berteriak NKRI harga mati atau pancasila adalah satu-satunya.

Atau juga yang bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan lantang. Nasionalisme tidak sepermukaan itu.

Sikap nasionalime paling substansial yang bisa dilakukan oleh kita semua orang Indonesia adalah menjalankan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Tetapi untuk bisa menjalankan tingkat tersulit dalam nasionalisme tersebut, paling tidak kita harus mencoba belajar hal-hal kecil terkait Negara Indonesia.

Dan salah satunya adalah lagu kebangsaan negara Indonesia yaitu Indonesia Raya, di bawah ini kami akan membagikan informasi seputar lagu Indonesia Raya beserta dengan lirik lagu Indonesia Raya.


Sejarah Lagu Indonesia Raya


Lirik Lagu Indonesia Raya 3 Stanza Beserta Sejarahnya Lengkap
gilangajip.com
Setiap peristiwa pasti memiliki sejarah atau ceritanya masing-masing, begitu juga dengan penciptaan lagu kebangsaan Indonesia ini.

Lagu tersebut punya sejarah panjang, hingga pada akhirnya bisa kita nyanyikan dan dengarkan hingga saat ini.

Seorang wartawan sekaligus komposer pencipta lagu Indonesia Raya bernama Wage Rudolf Supratman.

Ia menulis lirik Indonesia Raya 3 stanza, namun hari ini banyak orang hanya akrab dengan bait lirik satu stanza saja. Sedangkan dua stanza lainnya masih terasa asing di telinga, karena memang lagu dengan tiga bait stanza lengkap baru diperkenalkan dalam beberapa tahun terakhir ini.

Supratman tak hanya menulis lirik tetapi juga pencipta instrumen lagu Indonesia Raya. Pada 28 Oktober 1928 ketika Kongres Pemuda II diselenggarakan, Ia memainkan instrumen Indonesia Raya dengan gesekan biolanya.

Tetapi baru pada 10 November lirik serta not lagunya dimuat di surat kabar Sin Po. Judul yang tertulis pada lagu tersebut pun Indonesia, bukan Indonesia Raya.

Sayangnya sebelum lagu tersebut benar-benar direkam dengan kualitas yang baik, pemerintah hindia belanda sudah terlebih dahulu melarangnya karena dianggap bisa mengganggu ketertiban dan keamanan.

Sampai kemudian menjelang akhir tahun 1944 panitia lagu kebangsaan yang terdiri dari tokoh nasional memperbaiki lirik lagunya, dan menjadi berbeda dari versi aslinya meskipun maknanya tetap sama.

Karena tidak ada keseragaman dalam menyanyikan lagu indonesia raya tersebut maka pada tahun 1958 dikeluarkanlah Peraturan Pemerintah yang mengatur tentang Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Dan lirik lagu tersebutlah yang kita pakai saat ini.


Lirik Lagu Indonesia Raya 3 Stanza


Lirik Lagu Indonesia Raya 3 Stanza Beserta Sejarahnya Lengkap
marioatha.com

Karena yang banyak orang tahu adalah lirik Indonesia Raya satu stanza dan refrainnya saja, di bawah ini kami sertakan lirik indonesia raya 3 stanza yang saat ini juga mulai dinyanyikan pada peringatan hari-hari besar.

(stanza 1)

I

Indonesia tanah airku

Tanah tumpah darahku

Di sanalah aku berdiri

Jadi pandu ibuku.

Indonesia kebangsaanku

Bangsa dan tanah airku

Marilah kita berseru

Indonesia bersatu

Hiduplah tanahku

Hiduplah negeriku

Bangsaku, rakyatku, semuanya

Bangunlah jiwanya

Bangunlah badannya

Untuk Indonesia Raya

(stanza 2)

II

Indonesia, tanah yang mulia

Tanah kita yang kaya

Disanalah aku berdiri

Untuk s’lama-lamanya

Indonesia tanah pusaka

P’saka kita semuanya

Marilah kita mendoa

Indonesia bahagia

Suburlah tanahnya

Suburlah jiwanya

Bangsanya, rakyatnya, semuanya

Sadarlah hatinya

Sadarlah budinya

Untuk Indonesia Raya

(stanza 3)

III

Indonesia tanah yang suci

Tanah kita yang sakti

Di sanalah aku berdiri

N’jaga ibu sejati

Indonesia, tanah berseri

Tanah yang aku sayangi

Marilah kita berjanji

Indonesia abadi

S’lamatkan rakyatnya

S’lamatkan putranya

Pulaunya, lautnya, semuanya

Majulah negerinya

Majulah pandunya

Untuk Indonesia Raya

Refrain

Indonesia Raya

Merdeka merdeka

Tanahku, neg’riku yang kucinta

Indonesia Raya

Merdeka merdeka

Hiduplah Indonesia Raya

Lirik Lagu Indonesia Raya 3 Stanza Beserta Sejarahnya Lengkap
steemit.com

Penutup

Demikianlah artikel tentang lirik lagu Indonesia Raya yang bisa kami sajikan. Semoga dengan adanya artikel ini teman-teman jadi bisa ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya versi 3 stanza ya.

Oiya barangkali lagu kebangsaan ini akan benar hidup jika dinyanyikan dengan segenap jiwa kita, sebab sebenarnya lagu ini adalah harapan untuk negeri ini.

Selamat bernyanyi dengan suka cita, semoga harapan kita semua di dalam lagu ini bisa tercapai aamiiin.


Video Intro Lagu Indonesia Raya

https://youtu.be/DhyDhaCynGw

Itulah teks lirik lagu Indonesia Raya versi lengkapnya. Semoga menjadi khasanah ilmu bagi kecintaan kita kepada negara Indonesia. Semoga bermanfaat. Salam.

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.