Lambang Pancasila dan Artinya, Penjelasan Makna Sila ke-1 sampai Ke-5

Lambang Pancasila dan Artinya, Penjelasan Makna Sila ke-1 sampai Ke-5
uniqpost.com

Lambang Pancasila dan Artinya – Pancasila merupakan salah satu dari empat pilar Negara Indonesia selain UUD ’45, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia. Salah satu pilar negara ini memiliki lima sila dan juga lima lambang yang mewakilinya.

Disebut pancasila karena dasar hukum negara Indonesia ini memiliki lima sila sesuai dengan namanya, yakni panca (lima) sila. Kata pancasila berasal dari Bahasa Sansekerta, yakni panca dan sila. Panca berarti lima sedangkan syila memiliki arti batu sendi, alas, atau dasar. Syiila dengan vokal i pangjang berarti peraturan tingkah laku yang baik, penting, atau senonoh.


Lambang Pancasila dan Artinya


Setiap sila memiliki lambang yang memiliki makna tersendiri. Kelima lambang tersebut terdapat dalam dada Burung Garuda yang menjadi lambang Negara Indonesia. Berikut ini kelima lambang Pancasila beserta artinya:

1. Bintang

lambang pancasila dan artinya
image source: id.wikipedia.org

Gambar atau lambang bintang mewakili sila pertama, yakni Ketuhanan yang Maha Esa. Makna yang terkandung dalam lambang ini tentu berkaitan dengan satu buah bintang atau Ke-Esaan Tuhan. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaan dan ketakwaannya kepada Tuhan yang Maha Esa.

Kepercayaan dan ketakwaan ini tentu harus sesuai dengan agama yang dianut oleh masing-masing individu sesuai dasar kemanusiaan yang beradab. Sikap saling menghormati dan tenggang rasa antar pemeluk agama juga perlu ditegakkan.

Meskipun terdapat perbedaan agama, tetapi Tuhan tetaplah yang Maha Esa. Untuk itu hal ini merupakan hubungan pribadi antara manusia dengan Tuhannya. Kerukunan beragama dan sikap saling menghargai masing-masing kepercayaan untuk menjalankan ibadah harus dilaksanakan. Tidak diperbolehkan juga untuk memaksakan suatu agama kepada orang lain.

2. Rantai

lambang pancasila dan artinya
image source: suaramerdeka.id

Rantai melambangkan sila kedua, yakni sila kemanusiaan yang adil dan beradab. Pada sila ini rantai menggambarkan kalau sesama manusia itu haruslah saling mengakui persamaan derajat, hak dan kewajiban setiap manusia tanpa membeda-bedakan.

Hal itu dilakukan agar terwujud sebuah ikatan persatuan dan persaudaraan. Sebagaimana rantai yang saling mengikat satu sama lainnya. Masyarakat Indonesia haruslah mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya. Menjunjung tinggi harkat dan martabat sesama manusia.

Sikap tenggang rasa, saling mencintai, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan adalah inti dari sila kedua. Itulah mengapa sila kedua dilambangkan dengan rantai karena semua manusia hakikatnya sama dan memiliki hak dan kewajiban yang sama. Mereka harus saling bersatu antar satu dengan yang lain.

3. Pohon Beringin

lambang pancasila dan artinya
image source: rimbakita.com

Pohon beringin merupakan sebuah pohon dengan umur yang panjang dan kokoh sehingga bisa menjadi tempat berlindung atau berteduh. Sila ketiga Pancasila, yakni Persatuan Indonesia dilambangkan oleh Pohon Beringin.

Hal ini dikarenakan masyarakat indonesia bisa seperti pohon beringin dalam menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia. Semua masyarakat Indonesia haruslah mampu menempatkan persatuan dan kesatuan Indonesia diatas kepentingan pribadi agar negara ini tetap kokoh dan bisa menjadi penaung bangsa dalam waktu yang lama.

Tak hanya itu masyarakat Indonesia diharapkan bisa mengembangkan persatuan berdasarkan prinsip Bhineka Tunggal Ika. Tidak hanya bagi kesatuan Indonesia, tetapi juga ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

4. Kepala Banteng

sila keempat
image source: idirfan.com

Kepala banteng menjadi lambang sila keempat, yakni sila Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Sebagai warga negara Indonesia semua orang memiliki hak, kedudukan, serta kewajiban yang sama.

Untuk itu dalam setiap pengambilan keputusan diperlukan adanya musyawarah. Hasil daripada musyawarah yang diadakan harus dihormati sebagai sebuah keputusan bersama. Segala bentuk musyawarah haruslah dilakukan secara terbuka, jujur, dan adil.

5. Padi dan Kapas

sila kelima
source image: markijar.com

Padi dan kapas merupakan lambang dari sila kelima, yakni sila Keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia. Meski padi dan kapas merupakan dua gambar berbeda, tapi keduanya merupakan sebuah kesatuan lambang untuk sila kelima dari Pancasila.

Gambar padi dan kapas mengingatkan kita untuk selalu bersikap adil dan tidak membeda-bedakan. Kita diingatkan bahwa kebutuhan manusia sejatinya sama, seperti halnya padi yang menjadi makanan pokok orang Indonesia dan kapas yang menjadi bahan sandang.

 

 

Keywords: Lambang, Pancasila

Sara Apriana
About Sara Apriana 454 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.