Makna dan Fungsi Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara

√ 9 Fungsi Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
netsains.net

Fungsi Pancasila – Sejak duduk di bangku SD kita dikenalkan dan diajarkan untuk menghafal Pancasila. Setiap upacara hari Senin, kita rutin membacakan Pancasila bersama-sama. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya Pancasila bagi bangsa dan negara Indonesia.

Bukan tanpa alasan, para pendiri bangsa memilih Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara, karena memiliki fungsi fundamental bagi eksistensi bangsa Indonesia.

Sebagai dasar negara, Pancasila pun dijadikan sebagai rujukan dalam setiap pembuatan kebijakan negara, bersama dengan Undang-undang dasar. Pancasila sebagai ideologi bangsa artinya Pancasila merupakan pedoman kita sebagai warga negara Indonesia.


Makna dan Fungsi Pancasila Sebagai Ideologi Negara


Sejak SD kita menghafal Pancasila, namun banyak dari kita yang belum berhasil mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Tentu saja itu bukan hal yang mudah, apalagi jika kita tidak memahami kedudukan dan fungsi Pancasila itu sendiri.

Maka dari itu, menjadi hal yang penting bagi bangsa Indonesia untuk memahami makna kedudukan dan fungsi Pancasila.

Makna Pancasila

Fungsi Pancasila
katasapa.com

Untuk dapat memahami Pancasila serta mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari, tentu kita perlu mengetahui makna yang terkandung pada Pancasila.

Pancasila merupakan bahasa Sanswkerta yang terdiri dari 2 kata, yakni: panca yang artinya Lima dan sila yang artinya prinsip atau asas. Jadi secara leksikal Pancasila bermakna lima prinsip atau asas.

Dari sini kita bisa pahami bahwa makna Pancasila meliputi arti nilai yang menjadi pedoman hidup dan kehidupan, khususnya kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sila ke-satu : Ketuhanan yang Maha Esa

  • mengakui adanya Tuhan Yang Maha Esa.
  • hormat-menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama dan penganut kepercayaan yang berbeda-beda sehingga terbina kerukunan hidup.
  • saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Sila ke-dua : kemanusiaan yang adil dan beradab

  • bangsa Indonesia mengakui persamaan derajat, persamaan hak dan persamaan kewajiban antara sesama manusia.
  • menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.
  • berani membela kebenaran dan keadilan.

Sila ke-tiga : persatuan Indonesia

  • menempatkan kesatuan, persatuan, kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi atau golongan.
  • cinta tanah air, serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.
  • memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang berbhineka Tunggal Ika.

sila ke-empat : kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan

  • mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.
  • mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat.
  • tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.

Sila ke-lima : keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

  • pemerataan kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia.
  • negara berpihak pada mayoritas rakyat jelata yang lemah.
  • negara melindungi setiap warga negara untuk mendapat penghidupan yang layak.

Fungsi Pancasila

kompas.com

Dalam kedudukannya sebagai dasar negara, Pancasila berfungsi sebagai sumber dari segala sumber hukum (sumber tertib hukum) negara Indonesia.

Sesuai dengan namanya, fungsi Pancasila meliputi lima manfaat umum dan lima manfaat spesifik. Yaknisebagai panduan hidup, sumber hukum, sumber norma perjanjian luhur, dan falsafah hidup bangsa Indonesia.

Fungsi Umum Pancasila

  • Pancasila sebagai panduan hidup bangsa Indonesia. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara nilai-nilai dan makna Pancasila menjadi pedoman segala perilaku dan tindakan warga Indonesia. Penyelesaian masalah bangsa dan proses pengambilan kebijakan nilai-nilai Pancasila juga ikut berperan mendefinisikan mana yang baik dan mana yang buruk.
  • Pancasila sebagai sumber segala sumber hukum. Semua peraturan hukum yang dirancang, dibuat dan disahkan harus memiliki serta tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
  • Pancasila sebagai norma. Norma adalah aturan tertulis atau informal yang mengatur kehidupan bermasyarakat. Norma yang berlaku di Indonesia harus selaras dengan nilai moral Pancasila atau mencerminkan nilai-nilai Pancasila.
  • Pancasila sebagai perjanjian luhur. Para pendiri bangsa sepakat menjadikan Pancasila sebagai dasar negara titik kesepakatan tersebut hendaknya tidak dicederai oleh generasi penerusnya.

Fungsi Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia (sebagai dasar negara)

1. Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa : pancasila menjadi pedoman ditengah pergaulan dengan bangsa lain.
2. Pancasila sebagai jiwa bangsa : mulai dari institusi yang paling besar hingga kecil harus menjadikan Pancasila sebagai sumber inspirasi ideologinya.
3. Pancasila sebagai kepribadian bangsa : Pancasila merupakan identitas dari pada kepribadian bangsa Indonesia yang sesungguhnya.
4. Pancasila sebagai sumber hukum : hukum yang dibuat di berbagai level tak boleh bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.
5. Pancasila sebagai cita-cita bangsa: nilai-nilai Pancasila menjadi orientasi kemana bangsa ini hendak diarahkan

Baca Juga : Fungsi Pajak


Nah, itu dia sedikit ulasan mengenai fungsi dan kedudukan bangsa Indonesia. Semoga setelah membaca artikel ini kamu jadi lebih tahu makna dan fungsi dari Pancasila.

Nisalutfi
About Nisalutfi 176 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.