Pengertian, Peran, dan Fungsi Bank sebagai Lembaga Mediasi Keuangan

fungsi bank
review.bukalapak.com

Fungsi Bank – Istilah bank mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian semua. Hampir setiap orang di dunia ini pernah bertransaksi lewat bank, baik itu berupa melakukan pembayaran, penyimpanan uang dan transaksi lainnya.

Tapi tahukah kalian bahwa lembaga keuangan satu ini memiliki fungsi bermacam-macam selain menyimpan uang nasabah? Jika belum, maka kali ini kita akan berikan informasi terkait bank baik dari pengertian serta fungsi utama maupun fungsi sampingan. Baik langsung saja kita simak penjelasan berikut ini:


Pengertian, Peran, dan Fungsi Bank


Pengertian Bank

fungsi bank
forbes.ge

Bank adalah suatu lembaga intermediasi keuangan yang bertugas untuk menghimpun dan menyalurkan dana untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Secara istilah, perbankan adalah segala sesuatu yang berhubungan tentang bank.

Adapun menurut Undang-Undang RI Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan, definisi dari bank adalah suatu badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan.

Fungsi Bank

alinea.id

Berikut ini adalah fungsi bank, yang terbagi menjadi dua macam, yaitu secara umum dan sampingan.

1. Fungsi Secara Umum

Menghimpun dana dari masyarakat

Bahwa pada fungsi ini bank memiliki kegiatan dengan membuka berbagai produk tabungan, deposito, giro atau bentuk simpanan lain. Hal tersebut bertujuan agar masyarakat lebih aman dalam menyimpan uang mereka.

Untuk menjalankan fungsi ini, bank memiliki beberapa sumber yang dibagi menjadi tiga sumber, yaitu:

  • Pertama adalah dana yang bersumber dari bank sendiri,
  • kedua adalah dana yang berasal dari masyarakat luas yang dikumpulkan melalui usaha perbankan, dan
  • terakhir adalah dana yang bersumber dari Lembaga Keuangan yang diperoleh dari pinjaman dana yang berupa Kredit Likuiditas dan Call Money.

Menyalurkan dana kepada masyarakat

Pada fungsi ini bank akan menyalurkan dana ini kepada pihak-pihak yang membutuhkan melalui kredit ataupun berupa pinjaman. Selain itu bias juga dalam bentuk pembelian surat-surat berharga, penyertaan dan pemilikan harga tetap.

2. Fungsi Sampingan

Selain fungsi utama, terdapat juga fungsi sampingan bank, yaitu sebagai berikut:

Mendukung kelancaran mekanisme pembayaran

Bank berfungsi untuk mendukung kelancaran mekanisme transaksi bagi masyarakat. Jasa yang ditawarkan seperti transfer dana antar rekening dalam negeri, penyediaan fasilitas pembayaran baik secara tunai atau kredit, pembayaran tagihan, sistem pembayaran elektronik dan penyaluran gaji.

Mendukung kelancaran transaksi internasional

Karena perbedaan jarak, budaya, dan geografis serta sistem moneter makan akan terjadi kesulitan dalam melakukan transaksi. Maka dari itu salah satu fungsi sampingan bank adalah mendukung kelancaran transaksi internasional yang lebih mudah, cepat, dan praktis.

Penciptaan uang

Bank berfungsi untuk menciptakan uang berupa uang giral lewat mekanisme kliring dan dalam prosesnya diatur oleh bank sentral karena dapat mempengaruhi ekonomi.

Sarana investasi

Bank juga berfungsi sebagai sarana investasi melalui jasa reksa dana atau investasi seperti emas, mata uang asing dan saham.

Penyimpanan barang berharga

Pada fungsi yang satu ini, nasabah dapat menyimpan barang berharganya berupa perhiasan, emas, surat-surat berharga atau barang berharga.

Peran Bank di Bidang Ekonomi

liputan6.com

Kenapa peran bank sebegitu penting bagi perekonomian negara, khususnya di negara kita? Karena bank merupakan suatu sarana pemerintah untuk mengatur serta menjaga kestabilan ekonomi lewat regulasinya di bank sentral atau Bank Indonesia.

Jadi secara singkatnya, peran bank yang penting ini adalah untuk mengatur sirkulasi keuangan di masyarakat serta mengatur agar berjalan dengan lancar selama prosesnya.


Sekian pembahasan tentang bank terlebih terkait fungsinya ya. Jadi perlu diketahui bahwa fungsi bank sungguhlah bermacam-macam, tidak hanya berkisar pada menyimpan uang nasabahnya saja. Semoga bermanfaat!

Nisalutfi
About Nisalutfi 176 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.