9 Tugas dan Fungsi Bank Indonesia Sebagai Bank Sentral Negara

infobanknews.com

Fungsi Bank Indonesia – Pernahkah kalian menjumpai Bank Indonesia atau BI di suatu daerah? Tahukah bahwa Bank Indonesia memiliki fungsi yang berbeda dibandingkan bank-bank lainnya?

Karena kebanyakan dari kalian masih menganggap bahwa Bank Indonesia memiliki tugas dan peranan yang sama dibandingkan dengan bank-bank lainnya. Misalnya melakukan transaksi pembayaran bagi nasabah. Padahal fungsi Bank Indonesia tidaklah sama dengan bank-bank lain pada umumnya.

Nah, jika kalian belum mengetahui apa saja fungsi bank Indonesia yang berbeda dibandingkan dengan bank-bank lainnya yang pernah kita bahas pada ulasan artikel sebelumnya, mari pada bab ini kita bahas fungsi Bank Indonesia secara lengkap dan jelas. Untuk itu, langsung saja kita simak penjelasan berikut ini.


Tugas dan Fungsi Bank Indonesia


fungsi Bank Indonesia
hot.liputan6.com

Bank Indonesia sebagai bank sentral adalah satu-satunya lembaga milik pemerintah yang mempunyai tanggung jawab sebagai pengatur dan pengawas terhadap lembaga-lembaga keuangan lainnya. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Bank Indonesia mengenal tiga pilar utama, yakni

a. Tugas menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter

Di sini kebijakan moneter dibuat agar kestabilan rupiah tetap terjaga dan menjaga nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing.

b. Tugas mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran

Untuk tugas ini BI berpedoman terhadap empat prinsip, yaitu efisiensi, keamanan, kesetaraan akses dan perlindungan konsumen.

c. Tugas mengatur dan mengawasi perbankan Indonesia

Pada tugas ini Bank Indonesia memberikan aturan, mencabut izin atas kelembagaan dan kegiatan usaha tertentu suatu bank. Mengenakan pengawasan serta memberikan sanksi terhadap bank jika melakukan pelanggaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Fungsi Bank Indonesia

jurnal.id

Untuk lebih lengkapnya penjabaran fungsi-fungsi dari Bank Indonesia adalah sebagai berikut ini:

1. Penjaga Stabilitas Moneter

Menjaga kestabilan moneter adalah tujuan utama Bank Indonesia. Hal tersebut bertujuan agar jumlah uang yang beredar di masyarakat tetap sesuai dengan kebutuhan. Mengendalikan uang di pasaran membuat ekonomi bertumbuh sehingga meminimalisir terjadinya inflasi.

2. Pengatur dan Pengawas Perbankan

Fungsi ini bertujuan untuk menjaga perbankan di Indonesia memiliki kinerja yang sehat.

3. Pengatur dan Penyelenggara Sistem Pembayaran

Dalam hal ini Bank Indonesia mengatur mekanisme bagaimana sistem pembayaran yang harus dilakukan oleh lembaga-lembaga keuangan lainnya dengan menggunakan empat prinsip yang telah dijelaskan sebelumnya.

4. Peneliti dan Pemantau

Untuk mendukung keseluruhan tugas-tugasnya, Bank Indonesia akan melakukan survey baik secara makro maupun mikro. Selain itu pemantauan secara macroprudential juga dilakukan BI dengan cara memperhatikan sektor keuangan dan memindai potensi yang berdampak pada stabilitas sistem keuangan.

5. Pemberi Pinjaman kepada Bank Bermasalah

Fungsi ini dikenal dengan istilah The Lender of the Last Resort. Hal ini merupakan tindakan preventif terjadinya ketidakstabilan sistem keuangan mencakup penyediaan likuiditas baik dalam kondisi normal ataupun saat terjadi krisis.

6. Membantu Pembiayaan APBN melalui Penerbitan Surat Utang Negara

Bank Indonesia membantu pembangunan yang telah direncanakan pemerintah dengan menerbitkan Surat Utang Negara, tetapi dalam penerbitan ini juga harus mendapatkan persetujuan oleh DPR.

7. Pengurus Rekening Pemerintahan di Bank Indonesia

Indonesia sebagai negara yang memiliki tujuan untuk menyejahterakan rakyatnya juga memerlukan simpanan dana pembangunan di bank. Maka dari itu BI memiliki fungsi untuk memarkir dana pembangunan.

8. Untuk dan Atas Nama Pemerintahan Melakukan Pinjaman Luar Negeri

Hal ini berkaitan dengan statusnya sebagai pemegang kas negara, Bank Indonesia dapat menerima pinjaman dari luar negeri.

9. Memberikan Sumbang Saran tentang Perbankan, Ekonomi, dan Keuangan kepada Pemerintahan

Karena terdapat kaitan yang erat dengan pemerintah, maka Bank Indonesia akan memberikan konsultasi dan saran terkait kebijakan yang berhubungan dengan perbankan dan perekonomian.

Baca Juga : Fungsi Bank


Nah, itu tadi adalah penjelasan tentang fungsi dan peranan Bank Indonesia. Jadi sekarang kalian bisa memahami dan membandingkan bahwa fungsi dan peranan Bank Indonesia lebih kompleks dibandingkan dengan bank-bank lainnya. Sekian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat!

Nisalutfi
About Nisalutfi 176 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.