Cara Menghitung Persen Dengan Mudah, Disertai Contoh Soalnya

Cara Menghitung Persen Dengan Mudah, Disertai Contoh Soalnya
youtube.com

Cara menghitung persen – Halo teman-teman, bagaimana kabar anda hari ini? Semoga baik-baik saja ya. Senang sekali bisa menyapa anda kembali.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas materi yang cukup ringan dan mudah. Tentunya masih berkutat dengan dunia hitung menghitung yakni matematika.

Materi ini sudah dipelajari sejak bangku sekolah dasar loh. Nah, jika anda masih lupa atau bagi adik-adik yang masih belum memahami materi ini, yuk kita belajar lagi.

Kira-kira apa sih materi yang akan kita pelajari dan kita ulas lagi? Apakah anda sudah bisa menebaknya? Yup, kita akan membahas dan memahami bagaimana cara menghitung persen.

Bahasan kali ini, menghitung tentang persen adalah salah satu pelajaran dasar yang harus kalian kuasai karena akan dibutuhkan selama teman-teman duduk dibangku sekolah dalam pelajaran matematika dan mungkin akan berjalan dikehidupan harian anda.

Tidak asing lagi bagi kita dalam pelajaran matematika atau dalam menejemen usaha anda untuk masalah persen. Contoh sederhana bahwa cara menghitung persen yang anda butuhkan dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika ada sebuah penawaran diskon.

Tentunya, dengan adanya diskon anda akan lebih tertarik untuk membeli produk tersebut dengan mengharapkan pengeluaran yang lebih sedikit.

Nah, untuk menghitung diskon sebuah produk anda harus mengetahui bagaimana menghitungnya agar anda dapat memperkirakan atau mengestimasi berapa potongan atau uang yang akan anda keluarkan nantinya.

Untuk memahami berapa diskon yang bisa anda dapat, anda harus paham bagaimana cara menghitung persen. Cara menghitung persen ini tak hanya bermanfaat bagi konsumen saja loh.

Anda sebagai pedagang atau pelaku usaha yang berkutat dengan kegiatan jual beli pastinya berkaitan erat dengan adanya untung dan rugi. Nah, disniilah peran atau metode hitungan persen dibutuhkan untuk menangani masalah tersebut.

Materi atau bahasan cara menghitung persen ternyata ada rumusnya loh. Apakah anda sudah pernah dengar?. Nah, agar anda mengetahui dan lebih memahami pembahasan atau materi cara menghitung persen dan contoh soal serta pembahasannya, anda bisa menyimak penjelasannya di bawah ini ya.

Sebelum kita membahas lebih lanjut bagaimana cara menghitung persen beserta rumus dan contoh soalnya, kita perlu memahami terlebih dahulu apa itu persen atau persentase.

Pengertian Persen/Persentase

Cara Menghitung Persen Dengan Mudah, Disertai Contoh Soalnya
kumpulan-ilmu-pengetahuan-umum.blogspot.com

Persen atau persentase merupakan sebuah angka atau rasio (perbandingan) untuk mengutarakan atau menunjukkan bahwa pecahan dari seratus yang dideskripsikan menggunakan lambang %.

Pengertian sederhananya, persen adalah bagian atau seluruh dari angka yang umumnya dinyatakan dalam per seratus. Biasanya persen atau persentase diterapkan untuk menggambarkan atau menjelaskan data dalam bentuk persentase.

Besarnya persentase tersebut nantinya disimbolkan dengan %. Seperti persentase diskon, suku bunga, jumlah penduduk, pendapatan suatu Negara dan yang lainnya.

Setelah kita mengetahui pengertian persen atau persentase, alangkah lebih baiknya jika kita juga mengetahui sejarah persen.

Pasti banyak dari kita yang belum mengetahui dan penasaran bagaimana munculnya sebuah persen. Langsung saja kita simak ulasan sejarah persen di bawah ini.

Sejarah persen

 

Cara Menghitung Persen Dengan Mudah, Disertai Contoh Soalnya
rumus.co.id

Bisa dibilang sejarah munculnya persen atau persentase bermula sejak jaman dulu pada saat zaman Romawi Kuno. Pada zaman itu ketika melakukan perhitungan angka-angka tertentu masih dibuat menggunakan himpunan kelipatan, yaitu 1/100.

Dikarenakan pada saat itu belum adanya ketersediaan sistem desimal yang bisa mencatatkan angka dengan keberadaan angka dibelakang koma seperti sekarang ini.

Penerapan atau penggunaan fraksi-faraksi kelipatan 1/100 pada saat Romawi Kuno bisa dilihat dari adanya perhitungan pajak lelang.

Pajak lelang merupakan tarif pajak yang jumlahnya atau nominalnya dihitung sebesar 1/100 dari besarnya nilai lelang atau yang biasanya dinamakan dengan centesima rerum venalium dalam bahasa Romawi.

Jika melihat cara perhitungan pajak tersebut dapat dikatakan sama dengan perhitungan persen atau persentase yang selama ini sudah kita kenal dan kita gunakan.

Kemudian, istilah atau perhitungan dengan menggunakan pembagi 1/100 ini mulai diterapkan banyak orang ketika melakukan berbagai macam perhitungan.

Lazimnya pembagi tersebut digunakan untuk menghitung suatu bagian dari bagian yang besar. Hal tersebut terjadi pada abad-abad setelah kemunculan perhitungan pajak lelang tersebut.

Sekitar akhir abad ke-15, bilangan atau istilah persen sudah berkembang pesat dan sudah digunakan kebanyakan orang dalam berbagai jenis laporan. Seperti pada laporan penjualan, perhitungan suku bunga, laporan laba rugi, dan laporan-laporan yang lainnya.

Akan tetapi, dalam sejarah penulisan persen atau persentase ini mengalami banyak perubahan. Dimana pada awalnya istilah persen atau persentase dituliskan dengan kata “percento”.

Setelah itu, penggunaan kata “per” diubah dengan simbol tanda miring “/”. Sedangkan untuk kata “cento” sendiri digantikan oleh dua tanda nol (0) yang kemudian lebih dikenal secara luas hingga sekarang dengan lambing “%”.

Nah, itulah sejarah singkat awal mulanya kemunculan persen atau persentasa. Setelah mengetahuinya, kita akan membahas rumus atau cara menghitung persen. Bisa dibilang rumus menghitung persen cukup mudah loh. Yuk, langsung saja simak rumusnya di bawah ini.

Cara menghitung persen

Cara Menghitung Persen Dengan Mudah, Disertai Contoh Soalnya
kumpulanilmu.com

Rumus di atas cukup mudah bukan? Jika anda menggunakan rumus tersebut, maka cara menghitung persen atau persentase dalam Matematika akan menjadi lebih sederhana  dan mudah.

Dimana anda bisa  mengubah bentuk pecahan, bentuk desimal, bentuk rasio ataupun bentuk lain yang mungkin bisa diubah kedalam bentuk persen atau persentase. Nah, agar bisa menghitungnya, anda harus mengalikan pecahannya dengan angka 100.

Rumus lain yang juga bisa anda gunakan untuk menghitung pecahan dari nilai presentase yang sudah diketahui adalah dengan cara berikut ini :

Cara Menghitung Persen Dengan Mudah, Disertai Contoh Soalnya
kumpulanilmu.com

Contoh Soal

Nah, supaya anda bisa lebih mengerti atau memahami bagaimana cara menghitung persen atau persentase anda dapat melihat contoh soal dan pembahasannya di bawah ini :

Contoh Soal Cara Menghitung Persen 1

Dalam sebuah botol berisi jus jeruk sebanyak 400 ml, lalu jus jeruk tersebut ditambah lagi ke dalam boto tersebut sebanyak 20 ml. cari dan hitungkah berapa persen total kenaikan volume jus jeruk tersebut?

Pembahasan :

Persentase kenaikan volume jus jeruk = (jumlah bagian / jumlah seluruh) x 100 = persentase (%)

= (20 ml / 400 ml) X 100

= 5 %

Jadi, kenaikan atau peningkatan volume jus jeruk dalam botol tersebut adalah sebanyak 5%

Contoh Soal 2

Dalam sebuah kelas IPA terdapat 40 siswa, 15 diantaranya adalah jumlah siswa yang menggunakan jilbab dan untuk sisanya, yaitu sebanyak 25 siswa tidak menggunakan jilbab termasuk siswa laki-laki. Hitunglah persentase masing-masing dari siswa yang memakai jilbab dan tidak memakai jilbab.

Pembahasan:

Persentase siswa yang berjilbab = (15/40) X 100 = 37,5 %

Sedangkan untuk persentase jumlah siswa yang tidak mengenakan jilbab yaitu

= (25/40) X 100 = 62,5 %

Contoh Soal 3

Sebuah toko pakaian menjual baju seharga Rp 800.000,- dengan adanya penawaran diskon sebesar 20%. Pertanyaannya, berapakah harga baju tersebut setelah dipotong dengan diskon?

Pembahasan:

Nilai diskon = (persentase diskon) x (harga baju)

Nilai diskon = (20/100) x Rp 800.000,-

Nilai diskon = Rp 160.000,-

Maka harga baju yang perlu anda bayarkan setelah dipotong diskon adalah

= (Rp800.000,-) – (Rp 160.000,-) = Rp 640.000,-

Contoh Soal Cara Menghitung Persen 4

Terdapat seorang nasabah yang bernama Pak seto yang menabung uangnya di Bank sebanyak Rp200.000.000,-. Setiap bulannya Pak Seto mendapatkan bunga dengan jumlah 0,3% dari total tabungannya tersebut. Pertanyaannya, berapakah jumlah nilai bunga yang diberikan oleh Bank kepada Pak Seto setiap bulannya?

Pembahasan:

Nilai Bunga Bank = (Total tabungan) X (persen bunga)

Nilai Bunga Bank = (Rp 200.000.000,-) x (0,3/100)

Nilai Bunga Bank = Rp 200.000.000 x 0,003

Nilai Bunga Bank = Rp 600.000,- per bulan

Jadi, nilai bunga yang didapatkan oleh Pak Seto setiap bulannya adalah Rp 600.000,-

Penutup

Sekian dulu pembahasan mengenai cara menghitung persen atau persentase yang cukup mudah. Semoga dengan artikel ini anda bisa memahami materi tersebut dengan baik ya.

Anda juga bisa berlatih mengerjakan soal-soal terkait materi cara menghitung persen lebih banyak lagi. Sampai jumpa pada pembahasan-pembahasan berikutnya. Selamat berlatih!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.