Bagian-Bagian Surat yang Wajib Dipahami Oleh Seorang Sekretaris

borneochannel.com

Bagian-Bagian Surat – Definisi surat dalam KBBI adalah kertas yang berisi tulisan informasi dari si pengirim dan ditujukan kepada si penerima. Sebagai salah satu media komunikasi surat juga dapat digunakan untuk berkirim pesan dan berita.

Jika dahulu wujud surat hanya dalam bentuk kertas, seiring berkembangnya teknologi kini dikenal juga jenis surat digital atau surat elektronik. Dimana surat tersebut biasanya dikirim via email atau faximile.

Baca Juga : Bagian-Bagian Bunga


Bagian-Bagian Surat Resmi dan Tidak Resmi


bagian-bagian surat
news.ddtc.co.id

Nah, bagi kamu yang bercita-cita bekerja menjadi seorang sekretaris atau yang berkaitan dengan administrasi, tentu kamu wajib memahami bagian-bagian yang harus ada dalam sebuah surat

Seperti yang kita ketahui secara umum surat terbagi menjadi surat resmi dan surat tidak resmi. Nah, berikut bagian-bagian utama setidaknya harus dalam sebuah surat:

Kepala Surat

Dalam surat resmi kepala surat sekaligus menunjukkan identitas dari mana surat tersebut berasal. Sebuah organisasi atau perusahaan atau instansi memiliki logo, nama, dan alamat kantor yang semua tertuang di dalam kepala surat, biasa kita sebut sebagai kop surat.

Segala informasi penting lainnya dapat ditemukan pada bagian kepala atau kop surat ini, hingga alamat email, nomor telepon, dan informasi lainnya.

Berbeda halnya dengan surat tidak resmi yang biasanya dibuat oleh badan pribadi bukan perusahaan. Kepala surat hanya berisikan tempat dan tanggal pembuatan surat serta identitas si penerima surat. Misal sebagai contoh:

Kepada Yth.
Wali Kelas VI.B SDN SUKAMAJU
Di Tempat

Dimana penulisan identitas penerima ini didahului oleh penulisan tempat dan waktu pembuatan surat di sebelah kanan atas badan surat.

Nomor Surat dan Lampiran

Nah yang kedua ini biasanya hanya ada pada surat resmi saja. Dimana berfungsi untuk penomoran arsip surat keluar dan surat masuk. Selain itu nomor surat juga dapat dijadikan sebagai penunjuk saat mengadakan hubungan surat menyurat, dimana masing-masing perusahaan memiliki format tersendiri.

Lampiran digunakan sebagai petunjuk tentang dokumen yang disertakan bersama surat yang bersangkutan. Untuk surat resmi lampiran dinyatakan dalam jumlah yang pasti.

Perihal

Peletakan perihal surat biasanya jadi satu dengan nomor surat dan lampiran, yaitu pada pojok atas kiri badan surat di bawah kepala surat. Dalam surat tidak resmi perihal surat juga dapat diletakkan di bawah alamat tujuan (penerima), di atas atau di bawah salam pembuka ditulis menjorok ke kanan.

Alamat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya alamat atau tujuan surat termasuk ke dalam bagian kepala dalam surat tidak resmi. Berdasarkan letaknya pada badan surat, alamat tujuan surat terbagi menjadi alamat luar dan alamat dalam.

Alamat luar merupakan petunjuk informasi yang dituliskan di bagian depan amplop, berfungsi sebagai petunjuk alamat bagi petugas kurir saat mengantarkan surat. Sedangkan alamat dalam merupakan alamat petunjuk langsung bagi penerima surat atau petunjuk bagi petugas kearsipan surat.

Isi Surat

Dalam ini isi surat dimulai dengan salam pembuka, paragraf pembuka, isi surat, paragraf penutup, dan salam penutup. Salam pembuka dan penutup berfungsi untuk penghormatan kepada si penerima sehingga menumbuhkan rasa keakraban.

Sebelum menulis inti dalam isi surat berikan sedikit pendahuluan pada paragraf pembuka untuk membuat pembicaraan. Sebelum mengakhiri surat juga sajikan paragraf penutup yang biasanya berisi kesimpulan dari maksud yang ingin disampaikan.

Identitas Pengirim

Identitas pengirim terletak di akhir surat, berisikan nama terang pengirim, jabatan (jika dalam surat resmi), dan tanda tangan. Dalam surat resmi juga biasanya ditambahkan tembusan, yang biasanya digunakan jika surat tersebut perlu diketahui oleh banyak pihak yang bersangkutan.

Catatan/ NB

Terakhir catatan atau biasa disingkat NB merupakan pesan singkat yang dituliskan jika perlu di bagian paling bawah ujung surat. Bagian NB ini seringkali ditambahkan dalam surat tidak resmi, yang dalam bahasa lain disebut dengan PS, contoh: PS: “I Love You”.

Nisalutfi
About Nisalutfi 113 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.