Tumbuhan Monokotil: Pengertian, Ciri-Ciri Beserta Contohnya

Tumbuhan Monokotil Beserta Ciri dan Contohnya
galeripustaka.com

Tumbuhan monokotil – Hai hai semuanya? Apa kabarnya nih? Semoga teman-teman sekalian dilimpahkan banyak nikmat kesehatan dan kebahagiaan ya.

Pada kesempatan yang baik ini, kami kembali ingin membagikan beberapa informasi yang barangkali bisa bermanfaat.

Jika sebelumnya kami telah membahas tentang tumbuhan dikotil, maka kali ini yang akan kami uraikan adalah mengenai tumbuhan monokotil.

Meskipun materi tersebut sebenarnya akan dipelajari di bangku sekolah, tetapi tak ada salahnya kalau pembaca juga belajar mengenali tumbuhan monokotil pada artikel ini.

Sebagaimana yang kita tahu tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup yang juga memiliki kompleksitas tinggi.

Tumbuhan diklasifikasikan dalam berbagai kerajaan, kelas, spesies, dan semacamnya. Belum lagi struktur tumbuhan yang juga memiliki kerumitan untuk dipelajari.

Dan salah satu jenis tumbuhan yang harus dipahami bersama adalah tentang tumbuhan monokotil dan dikotil. Karena tumbuhan dikotil telah kami bahas, jadi yuk langsung saja kita simak penjelasan mengenai tumbuhan monokotil berikut.


Pengertian Tumbuhan Monokotil


Tumbuhan Monokotil: Pengertian, Ciri-Ciri Beserta Contohnya
pintarbiologi.com

Tumbuhan ini merupakan salah satu pembagian tumbuhan yang secara klasik dikenalkan pada siswa-siswa di sekolah.

Untuk mengingat pengertian tumbuhan monokotil dengan lebih mudah, teman-teman hanya perlu mengingat bahwa kata “mono” berarti satu.

Hal ini berarti bahwa tumbuhan tersebut merupakan salah satu tumbuhan berbunga yang memiliki biji tunggal atau satu, dan tidak terbelah.

Kurang lebih terdapat 50 sampai 60 an ribu jenis tumbuhan ini yang telah ditemukan, dan suku anggrek-anggrekan atau Orchidaceae merupakan anggota yang mendominasi, yakni mencapai 20 ribu spesies.


Ciri-Ciri Tumbuhan Monokotil


Tumbuhan Monokotil: Pengertian, Ciri-Ciri Beserta Contohnya
juraganles.com

Nah kalau teman-teman sudah mengerti benar pengertian dari tumbuhan tersebut, sekarang saatnya untuk mengetahui lebih dalam lagi. Salah satu yang perlu dipelajari adalah tentang ciri-cirinya.

Dengan mengetahui ciri-ciri tumbuhan monokotil, maka teman-teman juga bisa dengan mudah mengklasifikasikan tanaman yang ada di sekitar kita. Jadi apa saja ciri-cirinya? Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Memiliki jenis akar serabut
  • Memiliki bentuk tulang daun yang sejajar
  • Mempunyai satu kotiledon atau bakal bunga
  • Memiliki bunga dengan jumlah kelipatan tiga
  • Mempunyai batang yang tidak bercabang dan tidak berkambium
  • Terdapat pembuluh angkut pada bagian batang kolateral yang tertutup

Contohnya


Tumbuhan Monokotil: Pengertian, Ciri-Ciri Beserta Contohnya
galeripustaka.com

Teman-teman bisa menjumpai tanaman yang termasuk dalam jenis ini dengan mudah di sekitar kita, karena seperti yang telah dijelaska di atas tumbuhan monokotil memiliki jumlah yang sangat banyak. Tanaman tersebut diklasifikasikan dalam suku-suku, di antaranya adalah:

  • Zingiberaceae atau suku jahe-jahean, tanaman yang termasuk dalam suku ini misalnya adalah kunyit, lengkuas, dan jahe
  • Suku pinang-pinangan atau Palmae, misalnya adalah tanaman rotan, aren, salak, kelapa sawit, dan kelapa
  • Suku anggrek-anggrekan atau orcidaceae, contohnya adalah anggrek macab, anggrek bulan, serta anggrek yang hidup di hutan Papua
  • Graminae atau suku rumput-rumputan, tanaman yang termasuk dalam jenis ini adalah jagung, bambu, tebu, padi, serta gandum
  • Suku pisang-pisangan atau musaseae, misalnya adalah pisang kipas, pisang ambon, dan lain sebagainya
  • Suku nanas-nanasan atau bromeliaceae, contohnya nanas

Penutup

Apakah penjelasan di atas bisa dipahami dengan mudah? Kami berharap demikian, paling tidak tulisan ini bisa menambah pengetahuan teman-teman sekalian.

Dan untuk adik-adik yang sedang mempelajari materi ini, semoga dimudahkan dan dilancarkan, semangat belajar untuk kita semua.

Demikianlah artikel yang bisa kami sampaikan, kami mohon maaf jika masih banyak kekurangan, terimakasih telah membaca. Jika ada tambahan informasi atau saran silahkan tulis di kolom komentar ya. Mari belajar dengan asik dan bekerja dengan gembira.

Keyword: Tumbuhan Monokotil

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.