Tumbuhan Dikotil: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Jenis, serta Contohnya

11 Golongan Suku Tumbuhan Dikotil Beserta Ciri-Ciri dan Contohnya
grid.id

Tumbuhan dikotil – Pengetahuan tentang makhluk hidup beserta penjelasan cara kerjanya akan diperkenalkan sejak kita berada di bangku sekolah, tepatnya pada mata pelajaran biologi. Salah satu materi yang akan dikaji adalah mengenai tumbuhan dikotil.

Mungkin banyak dari teman-teman yang sudah memahami pembahasan tersebut. Tetapi tak sedikit pula yang mungkin baru mendengar atau lupa dengan istilah dikotil.

Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini kami akan membagikan informasi tentang tumbuhan dikotil. Seperti yang kita tahu, setiap makhluk hidup memiliki klasifikasi dan juga jenis yang bermacam-macam, tak terkecuali tumbuhan.

Tumbuhan yang termasuk dalam kelas dicotyledones ini secara sederhana bisa dipahami dengan tumbuhan berkeping biji dua atau belah. Untuk mengidentifikasi tumbuhan tersebut tentu kita harus tahu bagaimana ciri-cirinya, dan seperti apa contohnya.

Di bawah ini akan kami uraikan beberapa hal terkait tumbuhan dikotil yang barangkali bisa menambah pengetahuan pembaca sekalian, dan pada akhirnya pun bisa menggolongkan tumbuhan apa saja yang termasuk dalam dikotil. Kalau begitu mari langsung kita simak penjelasannya berikut ini:


Apa Itu Tumbuhan Dikotil?


Tumbuhan Dikotil: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Jenis, serta Contohnya
kaltim.prokal.co

Secara singkat pengertian tentang jenis tumbuhan ini telah dijelaskan di atas. Bahwa tumbuhan dikotil adalah salah satu jenis tumbuhan berbunga yang mempunyai sepasang daun kotiledon atau biji berkeping dua.

Tumbuhan ini menurut Encyclopedia Britannica memiliki 175.000 spesies yang dikenal dan diketahui, dan kurang lebih sekitar 50 persen spesiesnya adalah kayu.

Karenanya kamu akan lebih mudah menemukan tumbuhan dikotil pada tanaman kebun, tanaman semak, tanaman berbunga, serta berdaun lebar.


Bagaimana Ciri-Cirinya?


Tumbuhan Dikotil: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Jenis, serta Contohnya
webpintar.com

Supaya teman-teman yang sedang belajar mengenai tumbuhan dikotil dapat dengan mudah mengidentifikasinya, berikut ini kami sajikan ciri-ciri yang terdapat pada tumbuhan tersebut. Jadi apa saja ciri-cirinya? Yuk baca artikel ini sampai habis.

  • Mempunyai akar tunggang yang berkambium
  • Mempunyai sepasang bakal daun (kotiledon) yang melekat pada hipokotil. Bakal daun ini berbentuk biji dan sangat mudah terbelah menjadi dua keping. Karenanya tumbuhan ini sering disebut dengan tumbuhan berkeping dua.
  • Batangnya memiliki banyak cabang dengan banyak ranting dan dahan
  • Bungaya berkeliptan empat atau lima
  • Tidak memiliki tudung akar pada bagian kaliptrogennya

Struktur Tumbuhan Dikotil


Tumbuhan Dikotil: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Jenis, serta Contohnya
berwirausaha.net

Selain ciri-cirinya, teman-teman juga harus memahami bagaimana struktur tumbuhannya, sebab hal ini juga bisa membantu dalam memahami lebih dalam tentang tumbuhan tersebut.

Salah satu jenis tumbuhan berbunga ini terdiri dari daun, batang, dan akar. Adapaun penjelasan masing-maisng struktur dapat dilihat di bawah ini

Akar

Bagian Akar merupakan bagian yang berfungsi sebagai pengokoh atau penguat sebuah tanaman. Akar biasanya terletak di dalam tanah. Selain sebagai penguat, akar juga berfungsi sebagai penyerap air dan zat makanan lainnya. Bisa dibilang akar ini merupakan pondasi dari tanaman.

Daun

Tumbuhan Dikotil: Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Jenis, serta Contohnya
tandapagar.com

Daun juga menjadi bagian yang sangat vital dari tanaman. Ia berfungsi sebagai tempat untuk membuat makanan dengan proses fotosintesis.

Bentuknya adalah lembaran, dan memiliki beberapa struktur berupa jaringan dasar, epidermis, dan berkas pengangkut.

Batang

bukubiruku.com

Jika akar adalah penguat serta penghisap makanan, dan daun adalah tempat untuk membuat makanannya, maka batang adalah lintasannya. Ia adalah sarana bagi air, dan zat makanan lainnya untuk sampai kepada daun, agar kemudian bisa diolah menjadi makanan.


Jenis-Jenis dan Contohnya


ulyadays.com

Terdapat beberapa jenis tanaman yang termasuk dalam tumbuhan dikotil, di antaranya yaitu sebagai berikut:

Mirtaceae atau suku jambu-jambuan, misalnya seperti jambu air, jambu biji, jambu monyet, dan cengkih

Euhorbiaceae atau suku getah-getahan, misalnya karet, puring, dan singkong

Leguminosae atau suku polong-polongan, contohnya adalah kacang tanah, kedelai, petai, flamboyan, dsb.

koransn.com

Compositae atau suku komposit, misalnya bunga dahlia, bunga matahari, dll.

Keyword: Tumbuhan Dikotil

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.