Pengertian Simbiosis Komensalisme dan Contohnya

Hubungan Antar Makhluk Hidup | Simbiosis Komensalisme dan Contohnya
sinancanan.net

Simbiosis pada dasarnya merupakan suatu interaksi biologis jangka panjang dan juga dekat diantara dua organisme biologis yang berbeda-beda. Organisme yang dimaksud dalam simbiosis disebut sebagai simbion.

Simbion dalam simbiosis dapat berasal dari suatu spesies yang sama atau berbeda. Simbiosis sendiri terbagi menjadi tiga yaitu mutualisme, parasitisme dan komensalisme. Penjelasan singkatnya simbiosis dapat didefiniskan sebagai dua makhluk hidup dengan jenis yang berbeda hidup bersama.

Simbiosis Komensalisme merupakan simbiosis di mana hanya satu pihak saja yang diuntungkan namun pihak lainnya juga tidak dirugikan, yang mana ini berbeda dengan simbiosis paratisme di mana ada pihak yang dirugikan.


Pengertian Simbiosis Komensalisme


√ Pengertian Simbiosis Komensalisme dan Contohnya
pixabay.com

Simbiosis komensalisme merupakan hubungan antara dua makhluk hidup dengan jenis yang berbeda, di mana terdapat simbion (organisme/makhluk hidup) yang diuntungkan namun tidak merugikan simbion (organisme/makhluk hidup) satunya lagi.

Singkatnya, pada simbiosis komensalisme, salah satu makhluk hidup diuntungkan dan satunya lagi tidak terpengaruh serta tidak juga dirugikan.


Contoh Simbiosis Komensalisme


Berikut merupakan beberapa contoh dari symbiosis komensalisme:

1. Tumbuhan Sirih dan Inangnya

√ Pengertian Simbiosis Komensalisme dan Contohnya
bobo.grid.id

Tumbuhan sirih merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sering dijumpai di lingkungan kita. Bahkan daun sirih sering digunakan sebagai air rebusan untuk berkumur atau diminum.

Tumbuhan sirih sendiri hidup secara merambat dan juga menyesuaikan dengan tanaman yang menjadi inangnya. Hal ini dikarenakan agar tumbuhan sirih bisa mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup ketika melakukan proses fotosintesis.

Meskipun merambat pada tumbuhannya inangnya, tapi tumbuhan sirih tidak merugikan tumbuhan yang menjadi inangnya.

2. Ikan Remora dan Ikan Hiu

√ Pengertian Simbiosis Komensalisme dan Contohnya
santrijawa.com

Ikan remora dan ikan hiu juga bisa menjadi contoh lainnya dari simbiosis komensalisme. Ikan remora sendiri diketahui akan selalu menempel atau berada dekat dengan ikan hiu sebagai bentuk perlindungan agar tidak dimangsa oleh ikan lain yang lebih besar.

Selain sebagai tempat perlindungan, ikan remora juga bisa dapat dengan cepat mendapatkan sisa makanan dari ikan hiu. Dalam hal simbiosis komensalisme, ikan remora diuntungkan namun juga tidak merugikan ikan hiu.

3. Ikan Badut dan Anemon Laut

√ Pengertian Simbiosis Komensalisme dan Contohnya
id.wikipedia.org

Contoh simbiosis komensalisme dari ikan badut dan anemone laut ini terbilang cukup mirip dengan ikan remora dan ikan hiu. Pasalnya ikan badut bersembunyi di dalam anemone laut untuk mendapatkan perlindungan dari pemangsanya.

Hal ini dikarenakan anemone laut bisa mengeluarkan zat beracun yang dapat melukai ikan lain namun ikan badut tidak (karena pada permukaan kulitnya mengluarkan lendir pelindung). Ikan badut diuntungkan karena mendapat perlindungan dan anemone laut tidak dirugikan.

4. Bunga Anggrek dan Pohon Mangga

√ Pengertian Simbiosis Komensalisme dan Contohnya
santrijawa.com

Tanaman Bungan anggrek dan pohon mangga juga menjadi salah satu contoh simbiosis komensalisme, di mana tanaman anggrek akan merambat pada pohon mangga supaya bisa mendapatkan air mineral dan juga asupan sinar matahari untuk fotosintesis.

Tanaman anggrek diuntungkan dengan merambat pada pohon mangga sedangkan pohon mangga tidak dirugikan. Hal ini dikarenakan cara tanaman anggrek mendapatkan air dan mineral adalah dengan menyerap yang ada di kulit dari pobon mangga, bahkan yang sudah lapuk.

5. Tumbuhan Paku dan Pohon Jati

√ Pengertian Simbiosis Komensalisme dan Contohnya
hylebos.typepad.com

Tumbuhan paku dan pohon jati ini sebenarnya cukup mirip atau bisa juga dibilang sama dengan tanaman bunga anggrek dan pohon mangga dalam contoh simbiosis komensalisme.

Tumbuhan paku melekan pada pohon jati supaya bisa mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup untuk fotosintesis. Dalam hal ini, tumbuhan paku diuntungkan dengan melekat pada pohon jati, namun pohon jati juga tidak dirugikan oleh tumbuhan paku.

Keyword: Simbiosis Komensalisme

Sara Apriana
About Sara Apriana 454 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.