Proses Siklus Batuan | Pendinginan sampai Kembali Jadi Magma

Siklus Batuan | Mempelajari Proses yang Terjadi selama Pelapukan Batu
jagad.id

Batuan merupakan suatu objek benda padat yang terbuat dengan alami dari mineral atau mineraloid. Pada proses atau siklus pembentukannya, batuan mengalami peristiwa yang dinamakan sebagai siklus batuan.

Siklus batuan merupakan suatu proses yang menjelaskan mengenai perubahan dari magma yang membeku karena pengaruh cuaca sampai menjadi batuan beku, kemudian proses sedimen, lalu menjadi batuan sedimen, kemudian batuan metamorphic sampai akhirnya menjadi magma kembali.

Siklus batuan sendiri membutuhkan serangkaian proses yang terbilang cukup panjang dan juga memakan waktu yang terbilang lama, serta bahkan prosesnya dapat mencapai jutaan tahun. Tahap dalam siklus tersebut dapat membuat suatu batuan berubah menjadi jenis batuan baru lainnya.

Selain siklusnya, batuan juga memiliki beberapa jenis yang terbilang bervariasi dan kegunaannya pun bermacam-maca. Ada jenis batuan yang digunakan untuk bahan material bangunan, ada juga batuan mulia yang digunakan sebagai bahan untuk menjadi perhiasan dan memiliki nilai jual yang tinggi.


Proses Siklus Batuan


Siklus batuan memiliki mekanisme pada saat prosesnya, berikut merupakan penjelasan terjadinya siklus batuan:

1. Pendinginan atau Pembekuan Magma

√ Proses Siklus Batuan | Pendinginan sampai Kembali Jadi Magma
dosengeografi.com

Pada proses ini, terjadi pembekuan atau kristalisasi yang membentuk batuan beku di siklus ini. Magma sendiri merupakan sumber utama dari batuan yang ada di bumi dan pada siklus ini magma akan mengalami proses pendinginan atau pembekuan.

Magma yang keluar ketika proses erupsi dan ada di permukaan bumi akan membeku yang kemudian magma tersebut berubah menjadi batuan beku. Batuan beku sendiri memiliki jenis-jenisnya masing-masing.

2. Pelapukan

√ Proses Siklus Batuan | Pendinginan sampai Kembali Jadi Magma
geologicalmelankolia.blogspot.com

Selanjutnya adalah proses pelakukan, pada proses ini, batuan beku akan mengalapi proses pelakukan yang dipengaruhi oleh berbagai hal dengan berbagai hal. Salah satu yang menjadi faktor utamanya adalah perubahan cuaca.

Sebagai salah satu faktor utama, batuan beku yang ada di permukaan bumi akan lebih cepat mengalami proses pelapukan karena sering terkena panas matahari, angin dan hujan secara langsung.

3. Erosi

√ Proses Siklus Batuan | Pendinginan sampai Kembali Jadi Magma
id.lovepik.com

Setelah mengalami proses pelapukkan, proses siklus batuan selanjutnya akan tererosi. Erosi sendiri merupakan pengikisan dari padatnya batu yang terjadi akibat dari adanya interaksi dengan perubahan cuaca, termasuk air, udara, hujan, atau es.

4. Sedimentasi

√ Proses Siklus Batuan | Pendinginan sampai Kembali Jadi Magma
harapanrakyat.com

Setelah mengalami proses erosi, selanjutnya material tersebut akan mengendap atau diendapkan secara alami. Semakin menumpuknya endapan hasil dari pelapukan batuan beku dan juga erosi, seiring berjalannya waktu batuan tersebut akan membentuk batuan sedimen.

Namun untuk beberapa kasus, ada juga yang langsung mengalami proses perubahan bentuk menjadi metamorf pada saat siklus sedang berlangsung.

5. Metamorf

√ Proses Siklus Batuan | Pendinginan sampai Kembali Jadi Magma
geologinesia.com

Selajutnya batuan sedimen yang sudah terkumpul dari proses siklus batuan sebelumnya dapat mengalami perubahan, entah itu secara dynamo, hidrotermik atau secara kontak yang akan membuatnya mengalami perubahan bentuk sampai akhirnya menjadi metamorf.

Selain menjadi metamorf, sebagian dari batuan sedimen dapat mengalami proses pelapukan yang pada proses selanjutnya dapat menjadi batuan sedimen dengan jenis baru.

6. Kembali Menjadi Magma

√ Proses Siklus Batuan | Pendinginan sampai Kembali Jadi Magma
idntimes.com

Selanjutnya batuan metamorf yang mencapai lapisan bumi dengan suhu yang tinggi dapat berubah kembali menjadi magma melalui proses magmatisasi. Batuan metamorf yang kembali menjadi magma dapat terjadi jika batuan tersebut kembali terdorong ke dalam bumi dan meleleh.

Pada proses siklus batuan ini, akan kembali lagi ke siklus batuan awal, yang mana siklus batuan akan mengalami lagi proses menjadi batuan beku, kemudian menjadi batuan sedimen, lalu batuan metamorf selanjutnya kembali menjadi magma.

Keyword: Siklus Batuan

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.