Satuan Usaha | Definisi dan Ketentuan Standarnya Secara Internasional

√ Satuan Usaha | Definisi dan Ketentuan Standarnya Secara Internasional
studiobelajar.com

Satuan usaha dapat diartikan sebagai sesuatu yang dihasilkan oleh gaya ketika gaya itu bekerja pada benda, sementara benda tersebut bergerak dalam jarak tertentu.

Dalam kehidupan sehari-hari usaha selalu berguna, contohnya adalah mendorong kursi, menimba air, menutup pintu dan masih banyak lagi. Tanpa disadari setiap harinya kita telah melakukan usaha yang istilahnya banyak digunakan dalam ilmu fisika.

Selain itu yang perlu kita ketahui adalah besar satuan usaha dan bagaimana cara menghitungnya, berikut penjelasannya.


Rumus dan Satuan Usaha


√ Satuan Usaha | Definisi dan Ketentuan Standarnya Secara Internasional
ireborn.co.id

Usaha merupakan besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok panjang, massa, dan waktu yang kemudian satuan usaha ditetapkan dalam Joule.

Namun satuan usaha ini dibagi lagi menjadi dua menurut sistem lama dan sistem baru satuan internasional yaitu satuan Joule dan erg.

Satu Joule adalah usaha yang dilakukan oleh gaya 1 Newton untuk menimbulkan perpindahan 1 meter. Jadi, 1 J = 1 N x 1 m = 1 Nm.

Satu erg adalah usaha yang dilakukan oleh gaya 1 dyne untuk menimbulkan perpindahan 1 cm. Jadi, 1 erg = 1 dyne x 1 cm = 1 dn cm. Rumus Usaha digambarkan atau dinyatakan dengan:

W = F. s

Dimana:

W = Usaha yang dilakukan (Joule)
F = Gaya yang diberikan (N)
s = jarak perpindahan objek (m)

Jika gaya yang diberikan pada objek membentuk sudut maka persamaannya menjadi:

√ Satuan Usaha | Definisi dan Ketentuan Standarnya Secara Internasional
rumusmatfis.blogspot.com

Nilai usaha dapat berupa positif atau negatif tergantung arah gaya terhadap perpindahannya. Usaha yang diberikan akan bernilai negatif jika gaya yang diberikan pada objek berlawanan arah dengan perpindahannya, begitu juga sebaliknya.

gridoto.com

Jika gaya yang diberikan searah dengan perpindahan maka objek tersebut melakukan usaha positif. Usaha juga dapat bernilai nol (0) atau objek tidak melakukan usaha jika gaya yang diberikan tegak lurus dengan perpindahan.

Demikianlah pembahasan tentang satuan usaha, pada dasarnya besarnya usaha yang diperlukan sangat dipengaruhi oleh gaya dan jarak yang akan ditempuh atau dilalui.

Tidak hanya itu posisi yang membentuk sudut juga sangat mempengaruhi perpindahan. Semakin kecil sudut yang terbentuk maka semakin besar usaha yang dihasilkan.

Keyword: Satuan Usaha

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.