Satuan Suhu |Satuan, Rumus dan Contoh Konversi

√ Jenis Satuan Suhu Menurut Skala Nasional dan Internasional
prfmnews.com

Suhu merupakan suatu besaran yang menunjukkan derajat dari objek, benda atau udara. Singkatnya suhu dapat memperlihatkan seberapa panas atau dinginnya objek, semakin tinggi suhunya maka semakin panas objeknya, sebaliknya semakin rendah maka semakin dingin suhunya.

Jika dilihat secara mikroskopis, suhu akan menunjukkan energi yang dimiliki oleh obek tertentu. Tiap atom yang terdapat di suatu objek masing-masing bergerak, gerakat tersebut dapat berupa perpindahan atau gerakan di tempat. Semakin tinggi energi atom penyusun objek, semakin tinggi suhunya.

Sedangkan jika dilihat secara kualitatif, maka suhu dapat memberitahukan atau menunjukkan sensasi dingin atau hangatnya objek atau benda ketika disentuh secara langsung. Namun jika dilihat secara kuantitaf, yang mana berdasar angka, maka suhu dapat diketahui dengan alat ukur bernama thermometer.


Satuan


√ Satuan Suhu |Satuan, Rumus dan Contoh Konversi
pixabay.com

Terdapat 4 satuan suhu yang ada dan terkenal di dunia, yaitu celcius (°C), Kelvin (K), Fahrenheit (°F), Reamul (°R) dan Rankine (Ra). Standar Satuan Internasional (SI) untuk satuan suhu adalah kelvin. Satuan suhu kelvin umumnya digunakan untuk kepentingan sains.

WMO (World Meteorological Organization / Organisasi Meterologi Dunia) menggunakan satuan derajat celcius untuk digunakan dengan hal yang berkaitan atau berhubungan dengan aktivitas meterologi atau informasi mengenai cuaca. Hal ini karena suhu udara dapat menggambarkan terjadinya perubahan iklim.

Fahrenheit umumnya digunakan oleh Amerika Serikat untuk menyatakan satuan suhu udara. Sedangkan di Inggris, terdapat consensus yang menggunakan celcius dan Fahrenheit sebagai satuan suhu udara.

Berikut merupakan penjelasan singkat mengenai 4 satuan suhu:

1. Derajat Celcius (°C)

√ Satuan Suhu |Satuan, Rumus dan Contoh Konversi
moedah.com

Celcius merupakan satuan suhu yang dirancang agar titik beku air ada pada 0 derajat dan titik didihnya ada di 100 derajat dalam tekanan atmosferik yang standar. Selain itu satuan suhu Celcius dapat mewakili perbedaan suhu yang sama dengan 1 Kelvin.

2. Kelvin (K)

√ Satuan Suhu |Satuan, Rumus dan Contoh Konversi
pixabay.com

Kelvin merupakan satuan suhu yang mana nol absolut didefinisikan sebagai 0 K (ketika gerakan molekuler dalam termonidamika berhenti). Selain nol absolut terdapat fakta lain dari satuan kelvin yakni pecahan 1/273,16 dari suhu termodinamika 3 titik poin air (0,01°C).

Selain itu, yang menarik lainnya dari satuan Kelvin adalah satuan suhu Celcius sekarang ini didefinisikan dengna berdasarkan Kelvin.

3. Fahrenheit (°F)

√ Satuan Suhu |Satuan, Rumus dan Contoh Konversi
almanac.com

Fahrenheit merupakan satuan suhu dengan titik beku air 32 derajat Fahrenheit (32°F) dan titik didih air 212 derajat Fahrenheit (°F). Fakta menarik mengenai satuan ini adalah -40°F = -40°C. Satuan suhu Fahrenheit sendiri umum dan banyak di gunakan di negara Amerika Serikat.

4. Reamur (°R)

√ Satuan Suhu |Satuan, Rumus dan Contoh Konversi
pixabay.com

Reamur merupakan satuan suhu yang pada awalnya dibuat dengan menggunakan alcohol yang sudah sedikit membusuk, oleh karena itu ada yang mengatakan thermometer Reamur yang umumnya dibuat dengan menggunakan raksa bukanlah thermometer Reamur sejati.

Titik beku air pada satuan Reamur adalah 0 derajat Reamur dan titik didihnya 80 derajat Reamur. Digunakan angka 80 sebagai titik didik dikarenakan angka ini dapat dibagi dua sebanyak 4x hasil bilangan bulat.


Rumus Satuan Suhu


√ Satuan Suhu |Satuan, Rumus dan Contoh Konversi
pixabay.com

Setelah mengetahui apa saja satuan suhu, berikut merupakan rumus konversi satuan suhu dari satu satuan ke satuan yang lainnya:

  Celcius Fahrenheit Reamur Kelvin
Celcius   (°C × 9/5) + 32 4/5 C °C + 273,15
Fahrenheit
( °F − 32) × 5/9
 
4/9 (F-32)
( °F − 32) × 5/9 + 273
Reamur 5/4 R 9/5 R +32   5/4 R + 273
Kelvin 5/4 R 9/5 R +32   5/4 R + 273

Contoh Konversi Satuan Suhu


√ Satuan Suhu |Satuan, Rumus dan Contoh Konversi
prfmnews.com

Berikut merupakan beberapa contoh konversi satuan suhu dari satu satuan ke satuan lainnya:

– 1°C = 33,8°F

Rumus: (1 °C × 9/5) + 32 = 33,8 °F

– 1°F = -17,2222°C

Rumus: (1 °F − 32) × 5/9 = -17,22 °C

– 1 K = -457,87°F

Rumus: (1 K − 273,15) × 9/5 + 32 = -457,9 °F

– 10°C = 50°F

Rumus: (10 °C × 9/5) + 32 = 50 °F

Keyword: Satuan Suhu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.