Satuan Kecepatan | Pengertian, Satuan, Macam-Macam dan Contohnya

√ Satuan Kecepatan | Pengertian, Satuan, Macam-Macam dan Contohnya
shutterstock.com

Kecepatan merupakan suatu besaran vektor yang menunjukan seberapa cepat suatu objek berpindah, yang mana besar dari vektor disebut sebagai kelajuan dan juga dinyatakan di dalam satuan meter per detik atau m/s.

Dengan kata lain satuan kecepatan adalah meter per detik (m/s atau ms−1), namun selain satuan kecepatan tersebut terdapat satuan kecepatan lain, misalnya kilometer per hour (km/h). Satuan kecepatan kilometer per jam umumnya digunakan untuk mengukur kecepatan kendaraan.

Kilometer per jam juga menjadi satuan kecepatan yang melekat pada kegiatan kita sehari-hari. Misalnya saja pada kendaraan bermotor yang kita miliki, kita tidak jarang mendengar aturan batas kecepatan, atau jika sedang di jalan tertentu, kita hanya bisa menggunakan kendaraan dengan batas 40km/jam.

Sebenarnya selain kendaraan, penggunaan satuan kecepatan sendiri dapat berbagai macam, sesuai dengan konteks yang dibahas. Misalnya ada kecepatan lari sprint, kecepatan hewan tertentu ketika bergerak dan yang lainnya.


Pengertian Kecepatan


√ Satuan Kecepatan | Pengertian, Satuan, Macam-Macam dan Contohnya
pixabay.com

Pada awal pembahasan, sudah sedikit dibahas mengenai ap aitu kecepatan. Selain yang sudah dijelaskan, kecepatan sendiri juga dapat dikatakan sebagai jenis suatu besaran yang bergantung kepada suatu arah, yang mana membuat kecepatan termasuk dalam besaran vektor.

Kecepatan dapat diukur dengan menggunakan alat bantu bernama velocitometer. Selain itu kecepatan juga memiliki konsep yang terbagi dua yaitu kecepatan sesaat (kecepatan objek suatu saat saja) dan kecepatan rata-rata (merupakan hasil bagi perpidnahan objek dengan selan tiap waktunya).

Menurut Mochamad Sajoto (1995:9), kecepatan adalah salah satu kemampuan yang dimiliki seseorang atau individu yang dapat digunakan untuk mengerjakan suatu gerakkan kesinambungan dengan kurun waktu yang sesingkat-singkatnya.


Macam-Macam Kecepatan


√ Satuan Kecepatan | Pengertian, Satuan, Macam-Macam dan Contohnya
pixabay.com

Kecepatan sendiri terdapat tiga macam, berikut merupakan macam-macam kecepatan:

1. Kecepatan Lari/Sprint

Kecepatan lari/sprint adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh individu atau seorang atlet untuk dapat bergerak dengan kecepatan dan kekuatan termasuk kecepatannya yang maksimal untnuk dapat mencapai hasil yang sebaik-baiknya atau secepatnya.

Contohnya atlet lari yang berlari mencapai garis finish, pemain sepak bola yang berlari mengejar bola, atau pemain baseball yang berlari dari satu titik ke titik lainnya untuk menyelesaikan permainan.

2. Kecepatan Reaksi

Kecepatan reaksi adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh individu untuk dapat bergerak bereaksi merespon rangsangan terhadap sesuatu secepat mungkin untuk dapat mencapai objek dengan sebaik mungkin.

Contohnya pemain sepakbola yang berlari karena bereaksi untuk menerima umpan yang diberikan rekan satu timnya atau pemain baseball yang berlari merespon bola yang berhasil dipukul untuk segera ditangkap.

3. Kecepatan Bergerak

Kecepatan bergerak merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh individu untuk dapat bergerak dengan cepat dan secepat mugnkin dalam satu gerakkan yang tidak terputus dan terus menerus.


Satuan kecepatan


√ Satuan Kecepatan | Pengertian, Satuan, Macam-Macam dan Contohnya
pixabay.com

Umumnya, satuan kecepatan adalah m/s atau ms−1, namun terdapat satuan kecepatan lainnya, berikut merupkan berbagai satuan kecepatan yang ada:

  • Meter per detik (m/s)
  • Kilometer per jam (km/jam atau km/h)
  • Mil per jam (mil/jam atau mph)
  • Knot (singkatan Nauctical Mile per Jam)
  • Mach (kecepatan suara)
  • Kecepatan cahaya/konstanta (c), c = 299,792,458 m/s

Contoh Konversi Kecepatan


√ Satuan Kecepatan | Pengertian, Satuan, Macam-Macam dan Contohnya
pixabay.com

Setelah mengetahui berbagai satuan kecepatan yang ada, berikut merupakan contoh konversi kecepatan:

Konversi satuan km/jam ke m/detik

Diketahui

  • 1 km = 1000 m
  • 1 jam = 3600 detik

Konversi
1 km / jam = 1km / 1jam = 1000 m/ 3600 detik = 0,277777777….. = 0,2778 m/detik
1 km/jam = 0,2778 m/detik

Keyword: Satuan Kecepatan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.