Satuan Energi | Pengertian dan Macam-Macam Satuan Energi

√ Satuan Energi | Disertai Penjelasan Mengenai Berbagai Bentuk Energi
rmol.id

Umumnya energi dapat dikatakan sebagai suatu objek yang bisa berpindah dengan melalui interaksi fundamental dan bentuknya bisa diubah. Namun energi sendiri tidak dapat dibuat, diciptakan ataupun dimusnahkan.

Sedangkan untuk satuan energi, Sistem Satuan Internasional (SI) energi adalah Joule, namun terdapat juga satuan energi lainnya seperti elektronvolt (eV), kilowatt hour (kWh), British Thermal Unit (BTU), dan Kalori.

Sebenarnya ada berbagai macam bentuk energi, namun tiap macam energi ini haruslah terdapat kondisi dimana energi dapat diubah ke bentuk energi lainnya, sesuai dengan hukum konservasi energi dan juga dapat menjadi sebab pada perubahan benda yang bermassa jika terkena energi tersebut.


Pengertian Satuan Energi


√ Satuan Energi | Pengertian dan Macam-Macam Satuan Energi
pixabay.com

Satuan energi berdasarkan satuan SI (Sistem Satuan SI) adalah Joule. Joule dapat dikatakan sebagai satuan energi yang diambil dari satuan unit yang didefinisikan sebagai seberapa besar energi yang diperlukan untuk memberi gaya dengan besar 1 newton dan jarak sejauh 1 meter.

Penggunaan nama Joule untuk satuan energi (satuan SI) sendiri sebagai bentuk penghormatan fisikawan asal Inggirs, James Prescott Joule dan juga percobaannya di persamaan mekanik panas.

1 Joule dapat dikatakan sebagai energi absolut paling kecil yang dibutuhkan untuk mengangkat 1 kilogram benda dengan tinggi 10 cm. Pada istilah yang lebih mendasar lagi, 1 joule dapat dikatakan sama dengan 1 newton meter, atau yang dalam satuan SI J = kg m2 s−2.


Macam-Macam Satuan Energi


Selain Joule (J), sebenarnya terdapat satuan energi lainnya seperti yang sudah disinggung singkat pada awal pembahasan, yaitu elektronvolt (eV), kilo Watt hour (kWh), British Thermal Unit (BTU), dan Kalori (kal). Berikut merupakan penjelasan singkatnya:

1. Elektronvolt (eV)

√ Satuan Energi | Pengertian dan Macam-Macam Satuan Energi
pixabay.com

Elektronvolt (eV) adalah salah satu satuan energi, dimana satuan energi ini merupakan jumlah energi kinetik (energi gerak) yang didapatkan dari elektron (partikel subatom bermuatan negatif) tunggal tidak terikat ketika elektron tersebut sedang melalui sebuah perbedaan potensial elektrostatik satu volt dalam vakum (ruang hampa udara).

Elektronvolt (eV) sendiri penggunaannya terbilang luas pada bidang penelitian ilmiah, di mana dalam perhitungan tertentu, elektronvolt (eV) dapat mewakili nilai untuk suhu atau juga radiasi elektromagnetik.

Namun meskipun satuan energi ini digunakan secara luas, elektronvolt (eV) tidak dianggap sebagai satuan metrik standar dikarenakan satuan ini memiliki nilai yang bisa berubah sesuai dengan kondisi eksperimen dan syarat tertentu.

2. Kilo Watt Hour (kWh)

√ Satuan Energi | Pengertian dan Macam-Macam Satuan Energi
istockphoto.com

Kilo Watt hour (kWh) merupakan salah satu satuan energi. Energi yang dikirim dari peralatan listrik umumnya diukur dan diberikan biaya dengan menggunakan satuan energi Kilo Watt hour (kWh).

kWh sendiri biasanya digunakan untuk menghitung taghihan listrik yang harus dibayar oleh pengguna yang menggunakan listrik. Umumnya semakin banyak nilai kWh yang muncul maka akan semakin tinggi juga tagihan yang perlu dibayarkannya.

3. British Thermal Unit (BTU)

√ Satuan Energi | Pengertian dan Macam-Macam Satuan Energi
pixabay.com

British Thermal Unit (BTU) merupakan salah satu satuan energi yang umumnya biasa digunakan di Amerika Serikat. BTU juga terbilang masih sering ditemui di Britania Raya pada mesin pemanas atau pendingin lama, namun sekarang mulai digantikan dengan Joule (J).

1 BTU biasanya dijelaskan sebagai jumlah panas yang diperlukan untuk meningkatkan suhu sebanyak 464 gram air sebanyak 1 derajat Fahrenheit. Contoh penggunaan BTU misalnya dibutuhkan 143 BTU untuk mencairkan 454 gram es.

4. Kalori (kal)

√ Satuan Energi | Pengertian dan Macam-Macam Satuan Energi
medium.com

Kalori merupakan satuan energi lainnya yang juga bagian dari sistem metrik, namun penggunaannya dalam Sistem Satuan Internasional sudah digantikan dengan Joule (J). kalori sendiri dibagi menjadi dua satuan energi.

– Kalori kecil (kal)

Merupakan perkiraan dari jumlah energi yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu atau temperature satu gram air pada tekanan satu atmosfer.

– KiloKalori (kkal, Kal)

KiloKalori merupakan kalori besar atau juga dikenal sebagai kalori makanan dn kilogram kalori. 1 kilokalori bisa dibilang setara dengan 1000 kalori kecil.

Keyword: Satuan Energi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.