Rumus Kecepatan Beserta Contoh Soal Lengkap Mudah Dipahami

Rumus Kecepatan Beserta Contoh Soal Lengkap Mudah Dipahami
nesabamedia.com

Rumus kecepatan – Jika sebelumnya kami membahas tentang berbagai rumus matematika yang bisa dijumpai di bangku sekolah, kali ini kami kembali lagi untuk membahas sesuatu yang masih berkaitan dengan rumus.

Ya tepatnya yakni rumus kecepatan. Menurut kami pembelajaran tersebut sangat dasar dan penting untuk diketahui, meskipun memang akan dipelajari di sekolah juga.

Tetapi justru itu, tersebab dipelajari di sekolah hal ini membuat banyak orang semakin penasaran dengan rumus kecepatan.

Karena sekali lagi tidak semua pelajaran yang kita dapat di sekolah bisa langsung dipahami dengan cepat, karenanya di sini kami mencoba menjelaskan ulang dengan cara yang sederhana.

Yang semoga dengan penjelasan ini teman-teman bisa terbantu dengan kebingungannya. Di sisi lain materi tentang kecepatan ini penting untuk dipelajari sebab berguna dalam kehidupan sehari-hari loh.

Baik disadari atau tidak kita bisa mengaplikasikan rumus ini ke dalam kehidupan sehari-hari kita. contoh kecilnya dengan rumus ini kita bisa menghindari lampu merah loh. Sebab kita tahu harus melaju dengan kecepatan berapa. Atau kita juga bisa mengestimasikan laju kecepatan kendaraan kita supaya kita bisa sampai di tujuan tepat waktu.

Selain itu tentu masih banyak hal lain yang bisa dihitung dengan rumus kecepatan ini. Bagaimana pakah rasa penasaran tentang materi ini jadi semakin meningkat? Kalau begitu yuk langsung saja kita simak penjelasan tentang kecepatan di bawah ini:

Apa Itu Kecepatan?

Rumus Kecepatan Beserta Contoh Soal Lengkap Mudah Dipahami
solusimatematika85.blogspot.com

Secara makna tentu kita sudah tahu arti dari kecepatan itu sendiri. Tetapi jika harus menjelaskannya dalam sebuah kata kata, kecepatan bisa dikatakan sebagai besaran vektor yang bisa menunjukkan kecepatan sebuah pindah dalam berpindah.

Dalam matematika besaran vektor tersebut sering disebut dengan kelajuan, yang juga dinyatakan dalam satuan meter per sekon (detik) (m/s).

Rumus Kecepatan, Jarak, Dan Waktu

Rumus Kecepatan Beserta Contoh Soal Lengkap Mudah Dipahami
belajarmtk.com

Dalam mencari kecepatan, unsur lain yang mesti kita ketahui adalah jarak dan waktu. Oleh karena itu pada tabel ini kami akan memberikan ringkasan dari rumus-rumus yang digunakan dalam mencari kecepatan, jarak, dan waktu.

Kecepatan v = S/ t
Waktu t = S/ v
Jarak S = t x v

Makna dari simbol pada rumus di atas kami akan menguraikannya secara detail pada pembahasan di bawah ini. Jadi silahkan simak terus yaa.

Rumus Kecepatan

Seperti yang telah disebutkan di atas teman-teman bisa menghitung seberapa kecepatan atau laju kalian dengan menggunakan rumus V = S/t.

V adalah kecepatan (km/jam)

S adalah jarak (km)

t adalah waktu tempuh (jam)

Rumus Jarak

Sedangkan untuk menghitung berapa jarak yang ditempuh kita menggunakan rumus S = t x v, yang artinya adalah sebagai berikut:

S adalah jarak

t adalah waktu tempuh

v adalah kecepatan

Rumus Kecepatan Rata-rata

Seseorang juga bisa menghitung kecepatan rata-rata loh dnegan menggunakan rumus hitung berikut ini:

Rumus Kecepatan Beserta Contoh Soal Lengkap Mudah Dipahami
kumpulanilmu.com

Contoh Soal Rumus Kecepatan

Di bawah ini kami juga sudah menyiapkan beberapa contoh soal yang kami rangkum dari sumber terpercaya.

Harapannya dengan adanya contoh soal ini teman-teman akan lebih mudah memahami rumus kecepatan yang telah dijelaskan di atas.

Selamat mencoba dan belajar:

Contoh 1

Doni mengendarai mobil nya dari rumah ke kantor yang berjarak sekitar 25 km dengan waktu 2 jam di perjalanan. Maka berapakah kecepatan rata – rata dari mobil doni tersebut ?

Jawab :

Di ketahui :

S = 25 km

t = 2 jam

Di tanya :

kecepatan rata – rata ( v )….. ?

Di jawab :

V = S / t

V = 25 km / 2 jam

V = 12,5 km/jam

Jadi, kecepatan rata – rata dari mobil doni ialah 12,5 km/jam.

Contoh 2

Doni berjalan kaki dengan kecepatan rata – rata nya 1,5 meter per detik. Maka, berapakah jarak yang ditempuh oleh Doni setelah 2 jam berjalan ?

Jawab :

Di ketahui :

v = 1,5 meter/detik

t = 2 jam = 2 x 60 x 60 = 7200 detik.

Di tanya :

berapakah jarak yang ditempuh oleh Doni setelah 2 jam berjalan ( s ) ?

Di jawab :

s = v x t

s = 1,5 meter/detik x 7200 detik

s = 10800 meter = 10,8 km

Jadi, jarak yang ditempuh oleh Doni setelah 2 jam berjalan ialah 10,8 km.

Contoh 3

Sebuah pesawat garuda indonesia terbang dengan kecepatan 500 km/jam. Maka, berapakah waktu yang dibutuhkan pesawat garuda indonesia untuk terbang dari Bandar Lampung ke Bandung bila jarak kedua kota tersebut adalah 1400 kilometer ?

Jawab :

Di ketahui :

S = 1400 km

v = 500 km/jam

Di tanya :

waktu yang dibutuhkan pesawat garuda indonesia untuk terbang dari Bandar Lampung ke Bandung ( t ) ?

Di jawab :

t = s / t

t = 1400 km / 500 km/jam

t = 2,8 jam = 2 jam 48 menit

Jadi, waktu yang dibutuhkan pesawat garuda indonesia untuk terbang dari Bandar Lampung ke Bandung ialah 2 jam 48 menit.

Penutup

Bagaimana penjelasan mengenai rumus kecepatan di atas? apakah cukup menjawab pertanyaan-pertanyaanmu mengenai penggunaan rumus tersebut?

Ataukah malah membuatmu tambah bingung? Kalau memang demikian tentu kami harus meminta maaf karena belum berhasil memaparkan dengan baik dan benar.

Meskipun begitu kami juga berharap bahwa tulisan ini sedikit banyak bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Mungkin cukup sekian artikel mengenai rumus kecepatan yang bisa kami sajikan. sekali lagi mohon maaf dan terima kasih telah mengunjungi website kami.

Selamat belajar terus ya meskipun membutuhkan waktu yang lama. Dan jangan lupa bahwa usaha tak pernah menghianati hasil. Tentu ungkapan tersebut cukup klise tapi tak ada salahnya untuk mempercayainya hehe.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.