Pulau Terbesar di Dunia Lengkap dengan Penjelasannya

√ 21 Pulau Terbesar di Dunia dengan Penjelasan Lengkapnya
travel.detik.com

Pulau terbesar di dunia merupakan pulau-pulau yang lebih besar diantara pulau-pulau yang lainnya. Definisi dari pulau itu sendiri, yakni sebuah daratan yang lebih besar dari karang, tapi lebih kecil dari benua dan dikelilingi air berupa lautan.

Pulau Terbesar Di Dunia

Sekarang akan kita bahas mengenai 10 pulau-pulau terbesar yang ada di dunia. Mendengar kata pulau terbesar di dunia, mungkin yang pertama kali terlintas di pikiran kita adalah Australia. Sayangnya Australia bukan termasuk pulau terbesar di dunia karena ia termasuk dalam kategori benua.

Australia sama halnya dengan benua antartika yang juga merupakan sebuah benua, tapi tidak sebesar benua-benua raksasa yang lain, seperti Asia, AMerika, Eropa, maupun Afrika. Lalu pulau-pulau apa sajakah yang termasuk pulau terbesar di dunia?

1. Greenland

kamusdata.com

Grennland memiliki luas sekitar dua juta kilometer persegi menjadikannya sebagai pulau paling besar di dunia. Pulau yang didalamnyya terdapat negara otonomi Denmark ini merupakan bagian dari benua Amerika bagian utara, tapi lebih sering diasosiasikan dengan Benua Eropa. Apalagi negara Denmark dan Norwegia yang erat kaitannya dengan Eropa karena kolonialisme.

Sebagian besar penduduk Greenland merupakan penduduk asli dari wilayah Canada yang bermigrasi di abad ke 13. Di pulau ini juga terdapat es abadi selain di benua Antartika. Greenland juga merupakan salah satu pulau dengan jumlah populasi penduduk paling sedikit di dunia. Penduduknya sebagian besar menempati wilayah Kota Nuke.

2. New Guinea (Nugini)

Posisi kedua ditempati oleh Papua Nugini yang memiliki luas sekitar 785.000 kilometer persegi. Papua Nugini termasuk kedalam kepulauan Indonesia. New Guinea terbagi ke dalam wilayah teritori Indonesia di bagian barat dan Papua Nugini di bagian timur.

Keunikan dari pulau Nugini adalah pulau ini telah berpenduduk selama lebih dari 40.000 tahun lamanya. Meskipun begitu, pulau ini termasuk wilayah yang jarang dikunjungi oleh orang-orang. Keunikan dari pulau ini adalah hutan hujan yang masih alami dengan ribuan spesia flora dan fauna.

3. Borneo

Borneo atau Pulau Kalimantan memiliki luas sekitar 748.000 kilometer persegi. Dimana pulau ini bagian dari kepulauan Sunda yang wilayahnya ditempati oleh tiga negara sekaligus, yakni Indonesia, Malaysia, dan Brunei.

Disini juga salah satu hutan hujan tertua di dunia berada yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu paru-paru dunia. Umur dari hutan-hutan di Borneo sekitar 140 juta tahun dengan ribuah bahkan pulluhan ribu spesies flora dan fauna.

4. Madagaskar

pulau terbesar di dunia
voyagesafriq.com

Luas dari Madagaskar sekitar 187.000 kilometer persegi yang menjadikannya pulau terbesar ke empat di dunia. Sebelum menjadi sebuh pulau, dulunya Madagaskar merupakan bagian dari daratan India. Wilayah Madagaskar adalah bagian dari Benua Afrika.

5. Baffin

pulau terbesar di dunia
canadiangeographic.ca

Baffin merupakan pulau yang berada di Kanada dan menjadi wilayah teritori dari Nunavut. Luasnya sekitar 500.000 kilometer persegi. Nama Baffin diambil dari penjelajah Inggris yang menemukan pulau ini, yakni William Baffin.

6. Pulau Terbesar Di Dunia, Sumatera

Sumatra merupakan sebuah pulau yang berada di Kepulauan SUnda dan termasuk wilayah teritorial negara Indonesia. Memiliki luas sekitar 473.000 kilometer persegi denga jumlah penduduk lebih dari 50 juta jiwa. Dulunya wilayah Sumatra memiliki banyak hutan hujan, tapi sekarang banyak eksploitasi yang menjadikan beberapa hutan dan kekayaanya menghilang.

7. Honshu

pulau terbesar di dunia
freeworldsmap.net

Honshu merupakan pulau terbesar di kepulauan Jepang dengan luas sekitar 228.000 kilometer persegi. Honshu juga merupakan pulau dengan penduduk terbanyak kedua di dunia dengan jumlah penduduk sekitar 104 jjuta jiwa. Menjadikannya menempati urutan kedua setelah Pulau Jawa, Indonesia.

8. Britania Raya

infoplease.com

Britania Raya memiliki luas wilayah sekitar 219.000 kilometer persegi. Dimana pulau ini merupakan pulau terbesar yang ada di Benua Eropa. Di dalamnya terdapat tiga negara besar, yakni Skotlandia, Wale, dan Inggris.

9. Victoria

offtracktravel.ca

Merupakan bagian dari kepulauan Arktik Kanada dengan luas sekitar 217.000 kilometer persegi. Jumlah penduduk yang menempati pulau ini hanya sekitar 2.100 orang. Dinamakan Victoria karena merujuk pada penguasa Inggris, yakni Ratu Victoria. FYI penemu daratan ini adalah penjelajah dari Ingggris pada tahun 1826.

10. Ellesmere

bivouac.com

Letaknya berada di TImur Laut pulau Victoria dan bagian dari Kanada. Penduduk asli menyebut pulau ini sebagai Umingmak Nuna yang berarti tanah atau daratan dengan tumbuhan sejenis kapas wangi.

 

Keyword: Pulau Terbesar di Dunia

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.