Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan serta Definisinya

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan serta Definisinya
bangkusekolah.com

Perbedaan pertumbuhan dan perkembangan dapat diketahui dari definisi keduanya. Menurut KBBI kata Pertumbuhan berasal dari kata tumbuh yang berarti hal (keadaan) tumbuh, berkembang (kemajuan dan sebagainya). Sedangkan perkembangan berasal dari kata kembang yang berarti terbuka lebar atau terbentang.


Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan



Kita sering mendengar kata pertumbuhan dan perkembangan. Mungkin kebanyakan orang masih ada yang belum paham jika pertumbuhan dan perkembangan itu adalah dua hal yang berbeda. Erkadang masih ada yang menyamakan kedua kata tersebut. Padahal keduanya memiliki arti atau makna yang berbeda.

Perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan dapat dikatakan bahwa pertumbuhan merupakan perubahan yang berhubungan dengan keadaan fisik, seperti tumbuh membesar atau tinggi. Sedangkan perkembangan merupakan perubahan yang berhubungan dengan mental seseorang.

Hal lain yang membedakan antara pertumbuhan dan perkembangan adalah pertumbuhan bersifat kuantitatif sementara perkembangan bersifat kualitatif. Singkatnya pertumbuhan dapat diukur secara pasti sementara perkembangan perubahannya lebih kepada ukuran yang keluar lewat perasaan atau kebiasaan.

 

santidewi.com

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

Pengertian dari pertumbuhan adalah sebuah proses pertambahan ukuran, volume, dan massa yang mana memiliki sifat irreversible dan prosesnya dapat dinyatakan secara kuantitatif. Ketika pertumbuhan itu terjadi pada makhluk hidup, seperti manusia, hewan, dan tumbuhan akan terjadi perbedaan secara fisik. Misalnya saja, ukuran yang tadinya sebiji kedelai bisa menjadi sebesar badan kita.

Pengertian perkembangan adalah suatu proses untuk menuju kedewasaan yang bersifat kualitatif. Maksudnya adalah bahwa sebuah perkembangan pada makhluk hidup akan muncul secara alamiah dan memiliki perubahan-perubahan yang dulunya tidak ada menjadi ada. Dimana perubahan itu menandakan bahwa makhluk tersebut sudah menjadi lebih dewasa.

Setiap makhluk hidup pasti mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Namun dibeberapa kasus ada yang tidak mengalami salah satunya atau bahkan keterlambatan keduanya. Saat makhluk hidup mengalami keterlambatan atau tidak mengalami perubahan pada salah satunya, dapat dipastikan makhluk hidup tersebut mengalami kecacatan.

Contohnya saja manusia, ketika ia mengalami keterlambatan atau tidak mengalami pertumbuhan tubuhnya akan menjadi kerdil atau memiliki kecacatan fisik lainnya. Sementara saat manusia mengalami keterlambatan atau tidak berkembang, maka ia akan cacat secara mental. Bisa saja manussia tersebut menjadi keterbelakangan mental akibat tidak mengalami perkembangan atau keterlambatan perkembangan.

 

pasberita.com

Perbedaan-Perbedaan Diantara Keduanya

Pertumbuhan

Pertumbuhan bersifat kuantitatif yang artinya dapat diukur dan dihitung dengan angka. Dapat dilihat secara fisik dengan penglihatan luar. Prosesnya cepat dari awal usia hingga remaja dan dibatasi oleh usia. Sifatnya irreversible, maksudnya tidak dapat diulang.

Perkembangan

Perkembangan bersifat kualitatif yang artinya tidak dapat diukur maupun dihitung dengan angka. Dapat dilihat secara fisik, tapi hanya dari kenampakan dalamnya ia bisa diidentifikasi. Prosesnya terjadi seiring berjalannya waktu dan tidak dibatasi oleh usia. Sifatnya reversible, maksudnya dapat berulang.

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan

anmum.com

Pertama adalah faktor genetik. Dimana genetik diturunkan dari orang tua ke anak atau keturunannya. Gen sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan. Gen juga mengatur semua aktivitas sel, termasuk juga pertumbuhan dan perkembangan. Baik warna kulit, rambut, ukuran tubuh, hingga sifat makhluk hidup itu sendiri.

Kedua adalah faktor makanan. Makanan yang bergizi sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup. Hal itu dikarenakan mahkluk hidup butuh nutrisi untuk tubuhnya yang didapat dari makanan yang dimakannya. Apabila kebutuhan nutrisi terpenuhi, maka tumbuh kembang akan berjalan dengan baik.

Terakhir adalah faktor hormon. Hormon juga berpengaruh pada tumbuh kembang makhluk hidup. Keberadaan hormon berperan penting dalam mengendalikan fungsi di dalam tubuh. Seperti hormon tiroksin misalnya. Hormon tiroksi diketahui dapat membantu mempercepat pertumbuhan dan perkembangan. Selain itu hormon ini juga membantu proses pertumbuhan tulang rawan saat tidur.

 

Keyword: perbedaan pertumbuhan dan perkembangan

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.