Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan serta Definisinya

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan serta Definisinya
bangkusekolah.com

Banyak orang yang kerap kali keliru dalam mendefinisikan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan. Banyak yang mengartikan pertumbuhan dan perkembangan adalah hal yang serupa.

Sebagian besar orang mendengar pertumbuhan dan perkembangan apalagi jika anda masuk pada lingkup dunia kedokteran.

Walaupun banyak yang mengira pertumbuhan dan perkembangan sama namun jika dilihat dari definisi akan sangat berbeda.

Nah, jika memang anda ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang perbedaan pertumbuhan dan perkembangan simak artikel di bawah ini.


Perbedaan Definisi Pertumbuhan dan Perkembangan


santidewi.com

Apabila melihat dari bentuknya, pertumbuhan jelas bisa dilihat secara gambling dan hal inilah yang mungkin bisa menjadi perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan.

Misalnya, pertumbuhan bayi pasti bisa di lihat dengan perubahan fisiknya dari tinggi badan bertambah, rambut memanjang dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk perkembangan sendiri bersifat kualitatif, semua aspek yang berubah pada objek adalah perkembangan. Dengan hal ini, berarti pertumbuhan termasuk dalam perkembangan.

Uniknya perkembangan bisa terjadi walaupun tidak ada pertumbuhan yang terjadi. Misalnya, adalah perkembangan pohon.

Jika pertumbuhan hanya berpatok ada perubahan fisik maka perkembangan juga termasuk dari bagaimana pohon tersebut bisa menghasilkan buah, mengenai bagaimana pohon tersebut bisa mempengaruhi lingkungan di sekitar seperti memberikan udara segar misalnya. Hal ini juga yang membedakan antara pertumbuhan dan perkembangan.

Waktu juga bisa menjadi salah satu aspek dari perbedaan dari pertumbuhan dan perkembangan. Untuk pertumbuhan suatu objek maka bisa dibilang memiliki waktu yang terbatas dan tidak bisa berlangsung dalam jangka yang lama.

Umumnya, umur juga mempengaruhi pertumbuhan. Tentu saja, hal ini sangat jelas terjadi di dalam pertumbuhan manusia. Apabila ditinjau dalam bidang yang lainnya seperti ekonomi, pertumbuhan dan perkembangan juga sangat berbeda jauh.

Di dalam ekonomi, pertumbuhan pasti tidak akan berhenti akan tetapi pada satu titik suatu negara masuk ke dalam titik jenuh. Pada titik ini masih terjadi pertumbuhan namun tidak signifikan.

Sedangkan untuk perkembangan tidak memiliki batas waktu. Satu obyek bisa berkembang jika dalam jangka waktu tertentu. Perbedaan dari pertumbuhan dan perkembangan ini terletak pada katalis.


Ukuran Pertumbuhan dan Perkembangan


pasberita.com

Untuk segi ukuran pastinya pertumbuhan dan perkembangan juga sangat berbeda. Pertumbuhan memiliki ukuran yang jelas dan juga pasti, dan anda pun bisa mengukur serta menemukan angka yang pas untuk bisa di pakai menentukan fase dari pertumbuhan ini.

Contohnya, manusia dan pohon yang bisa diukur degan memakai satuan centi meter (cm) maupun meter (m). Pada sisi yang lain, perkembangan juga berbeda dan tidak bisa untuk diukur dengan pasti seperti pertumbuhan.

Namun, bisa dikatakan jika hal ini termasuk dalam hal yang meragukan karena ada beberapa hal yang pada saat perkembangan bisa diukur.

Karena pertumbuhan termasuk dalam perkembangan maka masalah ukuran bisa saja diukur di perkembangan.

Misalnya saja, pada pertumbuhan dan perkembangan manusia, tidak hanya masalah perkembangan tubuh namun juga kemampuan kecerdasan, bersosialisasi, kreatif dan lain sebagainya.

Perbedaan dari pertumbuhan dan perkembangan dari IQ dan EQ yang mana bisa tidak sama jika melakukan beberapa tes.

Dan pertumbuhan akan mendapatkan angka yang pasti. Faktor pertumbuhan dan perkembangan manusia yang berbeda-beda


Faktor yang Mempengaruhi Tumbuh dan Kembang


anmum.com

1. Faktor Makanan

Asupan nutrisi yang diperoleh dari masing-masing orang pastinya berbeda karena menu makanan yang di santap setiap hari juga tak akan sama.

Mendapatkan gizi dengan baik maka menjadikan manusia tumbuh dengan baik, begitu sebaliknya gizi akan kurang baik jika membuat pertumbuhan akan terhambat.

Kondisi psikologis setiap individu bisa mempengaruhi tumbuh kembang manusia, apabila di dalam kondisi psikologisnya baik dan bagus maka ia akan tumbuh menjadi individu yang baik dan kuat dan begitu juga sebaliknya.

2. Faktor Lingkungan

Lingkungan yang baik pastinya membuat tumbuh kembang dari manusia tetap baik, baik itu tumbuh kembang fisik dan juga jiwanya.

3. Faktor Biologis

Yang terakhir adalah faktor biologis yang juga sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.

Apabila seseorang memiliki gen yang baik maka pertumbuhannya juga sangat baik. Namun, apabila gennya tidak baik, tentu ada keturunannya yang mengalami pertumbuhan yang tak baik pula.

Itulah informasi yang bisa diberikan kepada anda mengenai perbedaan pertumbuhan dan perkembangan.

Keyword: perbedaan pertumbuhan dan perkembangan

Sara Apriana
About Sara Apriana 486 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.