Perbedaan Monokotil dan Dikotil yang Wajib untuk Dipahami

11 Perbedaan Monokotil dan Dikotil yang Wajib untuk Dihapalkan
selisihwaktu.com

Perbedaan monokotil dan dikotil pada tumbuhan dapat diketahui dengan meneliti dan menganalisis karakteristik tumbuhan itu sendiri. Salah satu cara yang digunakan untuk membedakan keduanya, yakni dengan membuat kunci determinasi.


Perbedaan Monokotil dan Dikotil



Kebanyakan tumbuhan yang kita jumpai di lingkungan sekitar kita merupakan jenis tumbuhan angiospermae. Angiospermae merupakan sebutan untuk tumbuhan biji tertutup karena bakal bijinya tumbuh di dalam daging buah.

Biji berada di dalam buah dan menempel pada daun buah. Selain itu, tanaman angiospermae juga disebut dengan anthophyta. Kata Anthophyta sendiri berasal dari kata anthoin dan phyta yang berarti bunga dan tumbuhan. Dengan kata lain, Anthophyta merupakan tanaman yang berbunga dan nantinya berkembang menjadi buah.

Bagian-bagian dari tumbuhan Anthophyta memiliki bentuk, warnaa, dan ukuran yang berbeda-beda. Sebagian besar spesies tumbuhan Anthophyta dapat digolongkan menjadi dua kelas, yakni Monokotil serta dikotil.

amongguru.com

Monocotyledoneae (Liliopsida)

Ciri-ciri dari tumbuhan monokotil, diantaranya mempunyai satu daun lembaga, akar serabut, tulang daun sejajar maupun melengkung. Batang monokotil tidak bercabang dengan ruas yang jelas, tidak memiliki kambium, dan kelopak serta mahkota bunganya berjumlah tiga atau kelipatannya.

Pada kelas tumbuhan monokotil terdapat beberapa familia, yaitu:

1. Liliceae, contohnya kembang sunsang.

2. Poaceae atau Graminieae, contohnya tanaman padi, alang-alang, dan jagung.

3. Zingiberaceae, contohnya tanaman jahe, lengkuas, dan kencur.

4. Musaceae, contohnya pisang.

5. Orchidaceae, contohnya tanaman anggrek.

6. Araceae, contohnya kelapa dan palem.

Dicotyledoneae (Magnoliopsida)

Ciri-ciri tumbuhan dikotil, yakni memiliki dua daun lembaga, akarnya tunggang, tulang daunnya menyirip maupun menjari. Selain itu ciri lain dikotil adalah batang tumbuhannya bercabang-cabang, dengan ruas tidak jelas, memiliki kambium dan mahkota atau kelopak bunganya berjumlah dua, empat, atau lima dan kelipatannya.

Pada kelas tumbuhan dikotil terdapat beberapa familia, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Euphorbiaceae, contohnya tanaman karet.

2. Moraceae, contohnya tanaman beringin.

3. 3. Fabaceae, contohnya tanaman kacang tanah.

4. Solanaceae, contohnya tumbuhan kentang.

5. Convolvulaceae, contohnya tumbuhan kangkung.

6. Apocynaceae, contohnya tumbuhan kamboja.

7. Rubiaceae, contohnya tanaman kopi.

8. Verbenaceae, contohnya tanaman jati.

9. Rutaceae, contohnya tanaman jeruk.

10. Bombacaceae, contohnya tumbuhan durian.

11. Malvaceae, contohnya tumbuhan waru.

12. Cucurbitaceae, contohnya mentimun dan melon.

Perbedaan antara Tumbuhan Monokotil dan Dikotil

edubio.info

Karakteristik tumbuhan monokotil, diantaranya memiliki embrio atau biji dengan satu kotiledon. Vena daun tumbuhan monokotil memiliiki tulang daun yang sejajar. Pada bagian batang jaringan vaskularnya tersebar tidak merata.

Akar tanaman jenis monokotil biasanya memiliki sistem akar serabut yang tidak terdapat akar utamaa. Bagian serbuk polennya dengan satu bukaan dan bunganya memiliiki organ yang biasanya berkelipatan tiga. Tumbuhan Monokotil menduduki lebih dari seperempat spesies Angiospermae yang diketahui berjumlah sekitar 70.000 spesiesmen.

Beberapa contoh tumbuhan monokotil yang merepresentasikan beberapa famili terbesar, diantaranya ada Anggrek (Lemboglossum rosii). Kemudian ada palem kurma katai (Phoenix roebelenii), bunga lili (Lillium Enchantment), dan jelai (Hardeum vulgare) sejenis rerumputan.

dictio.id

Karakteristik tumbuhan dikotil, diantaranya embrionya memiliki dua kotiledon. Kemudian vena daunnya memiliki struktur tulang yang biasanya seperti jaring. Pada bagian batang jaringan vaskularnya biasanya tersusun rapi membentuk cincin.

Sementara bagian akar tumbuhan dikotil biasanya berupa akar tunggang yang memiliiki akar utama. Serbuk polen tanaman dikotil memiliki tiga bukaan. Bunga dikotil organnya biasanya berkelipatan empat atau lima. Lebih dari dua sepertiga spesies Angiospermae merupakan kelompok dikotil atau sekitar 170.000 spesies.

Beberapa contoh keanekaragaman tanaman dikotil, diantaranya ada bunga poppy california (Eschschoizia californica). Lalu ada bunga ek pyrene (Quercus pyrenaica), dog rose (Rosa canina) atau sejenis mawar liar, ercis salju (Pisum sativum) sejenis tanaman polong-polongan, dan bunga zucchini (Curcubita pepo).

 

 

Keyword: Perbedaan Monokotil dan Dikotil

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.