Pengertian Sumber Daya Alam Beserta Jenis-Jenisnya

√ Pengertian Sumber Daya Alam, Jenis-Jenis, serta Pemanfaatannya
toriolo.com

Setiap makhluk hidup tentunya memerlukan tempat tinggal atau lingkungan untuk kelangsungan hidupnya. Lingkungan yang menyediakan sumber-sumber kehidupan inilah yang dinamakan Sumber Daya Alam (SDA).

Keberadayaan Sumber Daya Alam yang besar ini tersebar diseluruh bagian bumi dengan kuantitas dan keanekaragaman yang berbeda-beda disetiap negara.

Indonesia yang merupakan negara dengan wilayah yang sangat luas baik daratan maupun lautan mengandung sumber daya alam yang melimpah dan bermacam-macam jenisnya. Indonesia sendiri terkenal dengan kekayaan sumber daya alamnya yang berasal dari pertanian, perkebunan, dan pertambangan.

Seiring dengan berkembangnya kebutuhan atau kepentingan manusia yang semakin kompleks, mau tidak mau manusia dituntut untuk dapat menggunakan sumber daya alam (SDA) secara bijak.

Mengingat, sekarang ini banyak sekali manusia yang secara sengaja mengeksploitasi sumber daya alam dengan berlebihan.

Tentunya hal ini sangat bertolak belakang dengan apa yang seharusnya dilakukan manusia di alam semesta yakni menjaga dan memelihara sumber daya yang tersedia.

Padahal aktivitas pengeksploitasian SDA ini nantinya akan merugikan manusia itu sendiri sehingga keberlangsungan hidupnya akan terganggu. Sumber Daya Alam (SDA) mempunyai sifat yang langka dan terbatas.

Dengan begitu kita sebagai manusia sudah sepatutnya mengelolanya dengan penuh pertimbangan dan langkah-langkah yang tepat.


Pengertian Sumber Daya Alam


Pengertian Sumber Daya Alam adalah semua bahan yang telah atau dapat ditemukan oleh manusia dalam alam dan bisa dimanfaatkan untuk keberlangsungan hidupnya.

Pengertian lain menyebutkan bahwa Sumber Daya Alam didefinisikan sebagai sebagai segala sesuatu yang berada di alam yang dapat digunakan atau dimanfaatkan oleh manusia untuk mencukupi kebutuhan hidupnya sehingga dapat mencapai kesejahteraan.

Bagi manusia, sumber daya alam pada dasarnya merupakan hal terpenting, baik yang berbentuk benda hidup (hayati) maupun benda mati (non-hayati).

Kedua jenis sumber daya alam yang telah disebutkan, dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Sebetulnya, manusia juga merupakan salah satu sumber daya bagi suatu negara, karena manusia dapat berkontribusi dalam hal manfaat yang luar biasa bagi sebuah negara dengan cara menjadi seorang tenaga kerja, dengan memajukan ilmu pengetahuan, hingga teknologi sehingga bisa meningkatkan perekonomian negara.


Sumber Daya Alam (SDA) berdasarkan Jenisnya


Pengertian sumber daya alam juga dapat diartikan sebagai sesuatu yang terdapat dalam lingkungan alam dan juga manusia dapat memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sumber daya alam terdiri dari beberapa jenis yang harus ketahui.

1. Sumber Daya Alam yang dapat Diperbaharui

Sumber Daya Alam: Pengertian dan Jenis-Jenisnya Lengkap
youtube.com

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable), merupakan sumber daya alam yang dapat digunakan secara berulang kali dan tidak akan habis meskipun dipakai terus-menurus, dan kedua adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Hal tersebut terjadi dikarenakan alam dapat memperbahatui sumber daya tersebut dengan jangka waktu yang relatif cepat.

Sumber daya alam ini tentunya harus tetap dilestarikan dan di gunakan dengan baik walaupun keberadaannya yang tidak akan habis. Sumber daya ini biasanya dipakai dalam aktivitas sehari-sehari dan sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia.

Berikut ini beberapa contoh dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui:

A. Hewan

Hewan atau binatang yang merupakan contoh dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui memiliki beragam manfaat yang dapaf dirasakan secara langsung bagi kehidupan.

Seperti produk-produk yang dihasilkan dari hewan yakni telur, susu, daging dan lain sebagainya. Produk tersebut dapat dikelola
atau dikembangkan dengan usaha peternakan.

Akan tetapi, jika kita melihat kondisi yang sekarang banyak hewan atau binatang yang dieksploitasi dengan berlebihan untuk dijadikan berbagai macam produk dalam bidang fashion.

Seperti tas dan jaket yang berasal dari kulit binatang. Dengan demikian dibutuhkan berbagai macam usaha untuk merawat dan menjaga kelangsungan hidup binatang agar nantinya tidak punah dan dapat melakukan regenerasi.

B. Tumbuhan

Sumber daya alam yang berasal dari tumbuhan memiliki banyak produk yang dapat dimamfaatkan. Produk -produk tersebut dapat dikonsumsi setiap hari dan dapat dengan mudah diperoleh dari lingkungan sekitar.

Contoh dari beberapa sumber daya alam yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yaitu, ubi, jagung, buah-buahan, sayuran dan masih banyak yang lainnya. Keberadaan tumbuhan sendiri dapat dipelihara dengan cara budidaya pertanian.

C. Air

Keberadaan air di alam ini memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan semua makhluk hidup. Air merupakan sumber kehidupan yang paling diperlukan guna memenuhi kebutuhan hidup.

Meskipun alam mempunyai kuantitas air yang melimpah, manusia tetap harus memanfaatkannya dengan bijak. Mengingat keberadaan air tersebut ada yang bisa dimanfaatkan dan ada juga yang tidak bisa dikonsumsi atau dimaanfaatkan oleh makhluk hidup.

D. Tanah

Adanya tanah di alam ini juga tidak kalah penting. Di mana tanah tersebut dapat dikelola untuk berbagai kepentingan atau kebutuhan manusia. Misalnya dalam kegiatan dibidang pertanian, seperti budidaya tanaman.

Jika tanah tersebut dipakai secara terus-menerus maka unsur hara yang berada ditanah tersebut akan mengalamai penurunan atau berkurang karena diserap oleh tanaman tersebut.

Oleh sebab itu, diperlukan suatu upaya untuk tetap memilahara kesuburan tanah yang ada dengan cara melakukan pengairan, pemupukan, dan upaya yang lainnya.

E. Energi matahari

Sinar matahari dapat digunakan sebagai salah satu sumber energi yang nantinya akan bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia. Contohnya adalah panel surya.

Energi matahari pada panel surya dapat diubah menjadi energi atau pembangkit listrik. Secara umum upaya peembaharuan yang dilakukan alam terhadap sumber daya alam bisa melalui dua mekanisme, yaitu reproduksi dan sirkulasi.

Jalur reproduksi terjadi pada sumber daya alam hayati atau biotik dengan tujuan agar keberadaan sumber daya alam
tersebut tidak habis atau punah.

Seperti hewan dan tumbuhan yang mampu berkembang biak sehingga tercipta generasi selanjutnya. Sedangkan jalur sirkulasi terjadi karena adanya sistem siklus pada sumber daya alam seperti tanah, air dan udara.

2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (no renewable)

Sumber Daya Alam: Pengertian dan Jenis-Jenisnya Lengkap
satujam.com

Adalah jenis sumber daya alam sifatnya terbatas. Artinya, sumber daya alam tersebut akan habis jika digunakan secara berulang-ulang.

Hal ini disebabkan karena proses pembuatan atau pembaharuan membutuhkan waktu yang lama bisa berkisar jutaan bahkan ratusan tahun.

Sumber daya alam ini juga tidak bisa secara langsung diperoleh manfaatnya karena harus melewati proses pengolahan terlebih dahulu.

Pada umumnya produk dari jenia sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui berasal dari perut bumi dan bahan galian. Contohnya seperti batu bara, minyak bumi dan berbagai jenis logam.


Sumber Daya Alam berdasarkan Sumbernya


Selain itu, jenis sumber daya alam berdasarkan sumbernya terbagi menjadi dua yaitu:

1. Sumber Daya Alam Hayati

Adalah sumber kekayaan alam yang berasal dari makhluk hidup seperti hewan, dan tumbuh-tumbuhan. Sumber daya alam ini dapat dibedakan menjadi dua jenis yakni, sumber daya alam hewani dan sumber daya alam nabati.

Sumber daya alam hewani adalah sumber daya alam yang diperoleh dari hewan atau binatang. Contohnya seperti daging, telur, ikan dan yang lainnya. Sumber daya alam hayati ini dapat dikelola dan dikembangkan melalui usaha perikanan, peternakan, dan lain sebagainya.

Sedangkan sumber daya alam nabati merupakan sumber daya alam yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Sumber daya ini dapat dimanfaatkan menjadi berbagai macam oalahan. Misalnya, padi, jagung dan kedelai dapat dimanfaatkan menjadi bahan pangan.

Kemudian kayu jati, kayu mahoni dapat dijadikan untuk bahan bangunan atau konstruksi. Serta jahe, kunyit dan lengkuas yang dapat dimanfaatkan menjadi bahan obat-obatan herbal. Sumber daya alam nabati dapat dibudidayakan dengan usaha perkebunan dan pertanian.

Disebut juga dengan sumber daya alam biotik. Merupakan sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup yang ada di muka bumi, seperti tumbuhan-tumbuhan dan hewan.

Juga sumber daya alam ini dapat berasal dari hewan atau binatang seperti daging, telur, ikan dan lain sebagainya.

2. Sumber Daya Alam Non-hayati

Sedangkan sumber daya alam non hayati atau abiotik merupakan sumber daya alam yang berasal dari benda-benda mati, seperti tanah, udara, air, sinar matahari, dan juga hasil tambang.


SDA berdasarkan Pembentukannya


Yang pertama sumber daya alam materi yaitu, sumber daya alam berupa benda mati dan dapat diperoleh secara langsung dari alam melalui beberapa proses seperti penambangan untuk kelangsungan hidup manusia.

Yang kedua sumber daya alam energi yang merupakan sumber daya alam yang menghasilkan energi dan dimanfaatkan untuk memenuhi kehidupan manusia. Contohnya seperti minyak bumi.

Yang ketiga adalah sumber daya alam ruang yang berupa tempat, ruang, atau wilayah dan dimanfaatkan oleh manusia untuk keberlangsungan hidup. Sumber daya alam ini dipengaruhi oleh letak astronomis, reliefnya, maupun topografi, seperti gunung dan lembah.

Yang terakhir adalah sumber daya waktu sumber daya alam yang keberadaannya tergantung oleh musim atau waktu. Seperti air pada musim kemarau yang keberdaannya sulit sekali ditemukan.

Pemanfaatan suatu sumber daya dapat dinilai sesuai dengan kegunaan sumber daya untuk manusia tersebut.

Oleh karena itu, semakin jelas manfaat suatu sumber daya alam, maka sumber daya tersebut akan menjadi semakin bernilai.

Contoh nyatanya adalah lahan pertanian yang kian subur dapat dijadikan daerah pertanian yang berpotensi.

Suatu negara yang memiliki sumber daya yang berlimpah dapat dipastikan menjadi negara yang sangat maju apabila sumber dayanya juga digunakan secara maksimal.

Pada umumnya manusia dapat memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di lingkungannya dengan berbagai bentuk aktivitas.

Keyword: Pengertian Sumber Daya Alam

Sara Apriana
About Sara Apriana 487 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.