Pengertian Suhu | Berbagai Jenis Satuan atau Skala Pengukurannya

Pengertian Suhu | Alat Ukur dan Contoh Ilustrasi Pengukurannya
techno.okezone.com

Pengertian Suhu – Dalam ilmu Fisika suhu merupakan salah satu besaran pokok yang dapat diukur menggunakan termometer. Sebuah benda yang berisikan zat cari berupa air raksa ataupun alkohol yang berfungsi sebagai penghantar panas.

Sebagai pengisi termometer keunggulan air raksa yaitu memiliki titik didih yang tinggi, pemuaian yang teratur, penghantar panas yang baik, tidak membasahi dinding, dam memiliki warna yang mengkilap.

Sedangkan keunggulan alkohol yaitu memiliki titik beku yang rendah, harganya murah, dan pemuainnya enam 6x lebih besar dibandingkan air raksa sehingga pengukurannya lebih mudah diamati. Prinsipnya zat cair yang ada di dalam termometer akan memuai saat terjadi peningkatan suhu pada benda yang diukur.


Memahami Pengertian Suhu


softilmu.com

Dalam kehidupan sehari perubahan suhu yang random acap kali kita rasakan. Dari panas yang sangat menyengat tiba-tiba menjadi hujan lebat dengan cuaca dingin yang mencekam.

Namun tahukah kamu apa definisi suhu sebenarnya? Berdasarkan teori suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas dingin suatu benda atau lingkungan. Meski sudah ada termometer namun masyarakat umum cenderung menggunakan insting indera peraba untuk memperkirakan suhu.

Secara umum satuan suhu dinyatakan dalam derajat Celcius (°C). Namun berdasarkan jenis termometernya, ada empat jenis satuan suhu yang paling sering digunakan di dunia, yaitu:

Celcius (C)

Merupakan satuan suhu yang menyatakan titik beku air berada pada 0 derajat dan titik didih air berada pada 100 derajat di tekanan atmosferik standar. Skala antara kedua temperatur tersebut dibagi dalam 100 derajat.

Termometer Celcius dibuat pada kisaran tahun 1734 oleh Ander Celcius, seorang profesor dari Swedia. Merupakan termometer yang paling banyak digunakan di berbagai negara di dunia, salah satunya di Indonesia.

Fahrenheit (F)

Disebut juga sebagai skala suhu termodinamika, termometer ini merupakan termometer pertama yang dibuat oleh seorang ilmuwan Jerman, Daniel George pada tahun 1714.

Titik beku air berada pada 32 derajat Fahrenheit sedangkan titik didih air berada pada 212 derajat Fahrenheit di tekanan atmosferik standar. Awal mula percobaan pembuatannya, zat cair yang digunakan adalah alkohol sebelum kemudian diganti dengan air raksa.

Sebelum hadir termometer Celcius, termometer Fahrenheit menjadi primadona alat pengukur suhu di berbagai negara Eropa dan Amerika Serikat. Namun kini bangsa Eropa sudah banyak yang beralih beralih menggunakan termometer Celcius, sedangkan Amerika Serikat masih tetap memakai skala Fahrenheit.

Kelvin (K)

Merupakan satuan internasional (SI) dari suhu yang dilambangkan oleh huruf K. Dimana skala Kelvin menyatakan nol absolut sebagai 0 K. Pada prinsipnya skala Kelvin juga menggunakan skala seperseratus seperti termometer Celcius.

Yang membedakan adalah skala Kelvin dimulai dari suhu nol (0) mutlak, jika dikonversi = -273,15 derajat Celcius Jadi nilai titik es mencair adalah 273,15 K sedangkan air mendidih pada suhu 373,15 K.

Reamur (R)

Satu lagi skala pada termometer yaitu Reamur. Pada skala ini titik beku air berada pada 0 derajat Reamur sedangkan titik didih air berapa pada 80 derajat Reamur.

Nama Reamur diambil dari penemunya yaitu Rene Antoine Ferchault de Reamur pada tahun 1731. Nilai 1 derajat Reamur sama dengan 1,25 derajat Celcius.


Dalam perhitungan konversi suhu dari setiap satuan dapat dinyatakan dalam rumus berikut:

C : R : (F-32) = 5 : 4 : 9
K = C + 273.(derajat)

Hingga kini termometer Celcius, Fahrenheit, dan Kelvin terbilang paling banyak digunakan di berbagai belahan dunia. Sedangkan penggunaan termometer Reamur sudah sangat jarang dijumpai.

Istilah termometer sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu “thermo” yang artinya panas. Sedangkan “meter” adalah satuan ukur, sehingga alat untuk mengukur suhu disebut sebagai termometer.

Semoga pembahasan mengenai pengertian suhu ini bermanfaat dan tetap semangat dalam menuntut ilmu ya teman-teman!

Keyword: Pengertian Suhu

Nisalutfi
About Nisalutfi 176 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.