Pengertian Statistika dan Statistik Beserta Letak Perbedaannya

statistikaonline.com

Pengertian Statistika dan Statistik – Kedua istilah ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga para mahasiswa. Menjadi salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh agar bisa menyelesaikan tugas akhir dengan baik.

Namun tahukah kamu jika kedua istilah tersebut memiliki pengertian yang berbeda. Pengertian statistika dan statistik terkadang dianggap sama oleh sebagian orang. Yakni didefinisikan sebagai ilmu yang berkenaan dengan data dari hasil penelitian.

Agar lebih memahami letak perbedaan keduanya, mari kita simak ulasan berikut ini.


Memahami Perbedaan Pengertian Statistika dan Statistik


medium.com

Secara sederhana statistika merupakan ilmu yang berkaitan dengan data sedangkan statistik merupakan data atau hasil penerapan ilmu statistika pada suatu data.

Tak hanya berupa data dalam bentuk data, statistik juga berkaitan dengan data dalam bentuk informasi. Mulai dari perencanaan pengumpulan data, analisis, interpretasi, hingga merepresentasikan data tersebut.

Dalam sejarah peradaban manusia, statistika sudah dikenal sejak zaman Sebelum Masehi (SM). Dimana bangsa-bangsa di Mesopotamia, Mesir, dan Cina telah mengumpulkan data statistik untuk memperoleh informasi tentang jumlah pembayaran pajak oleh setiap penduduk.

Baik itu berupa pajak hasil pertanian yang diproduksi hingga menghitung cepat atlet lari dan sebagainya. Di abad pertengahan ilmu statistika juga digunakan oleh lembaga gereja dalam mencatat jumlah kelahiran, kematian, dan perkawinan.

Statistika sangat bermanfaat secara langsung dalam perkembangan kehidupan manusia. Dimulai dengan pengumpulan dan penyajian data, ilmu statistika pun mengalami perkembangan. Bermula dengan ditemukannya teori probabilitas dan teori pengambilan keputusan.

Kedua teori tersebut sangat penting keberadaannya bagi kehidupan sehari-hari yang efisien. Ilmu statisika kemudian terus berkembang melalui proses generalisasi berdasarkan faktor resiko dan ketidakpastian terkait hal pengambilan keputusan.

Singkatnya pengertian statistik adalah segala sesuatu yang tersusun dari satu angka atau lebih disebut dengan statistik. Sementara statistika adalah bentuk ilmu yang berkaitan dengan pengolahan data menjadi sebuah informasi untuk membantu pengambilan keputusan yang efektif.

Dajan (1995) menjelaskan pengertian statistika adalah sebuah metode untuk mengumpulkan, mengolah, menyajikan, menganalisis, dan menginterpretasikan data ke dalam bentuk angka-angka.

Data Statistik

m.youtube.com

Sebenarnya, perbedaan data dan fakta tidaklah sesederhana itu. Secara etimologi, sebagaimana dikemukakan Ignas Kleden (dalam “Fakta dan Fiksi tentang Fakta dan Fiksi: Imajinasi dalam Sastra dan Ilmu Sosial”, Kalam Nomor 11/1998), data adalah istilah Latin yang persis sama makna dan bentuknya dengan kata “given” dalam bahasa Inggris.

Jadi, data (sebagai bentuk majemuk dari kata datum) mempunyai arti “sesuatu yang diberikan”. Pengertian lain dari data merupakan kumpulan fakta atau angka atau segala sesuatu yang dapat dipercaya kebenarannya sehingga dapat digunakan sebagai dasar penarikan kesimpulan. Kualitas kue ditentukan oleh bahan dasar dan cara memasaknya.

Demikian halnya, kualitas kesimpulan penelitian ditentukan oleh data (bahan dasar) dan teknik analisis dan penyajiannya.

Contoh data: Harga sekuritas, Kurs mata uang asing, Angka inflasi, Harga komoditas, Harga saham, Jumlah produk per hari, Harga sekuritas,Kurs mata uang asing, Angka inflasi, Harga komoditas, Harga saham dan Jumlah produk per hari.

Pengelompokan data

rencanamu.id

– Berdasarkan Sumber Data

1. Data Primer : Data yang langsung dikumpulkan oleh peneliti sendiri.
2. Data Sekunder: Data yang dikutip dari sumber dokumentasi.

– Berdasarkan Penampilan

1. Data Kualitatif : Data yang dinyatakan dalam bentuk non-angka/non-numerik atau biasa juga disebut atribut. Dalam istilah komputer disebut data bertipe string.
2. Data Kuantitatif: Data yang dinyatakan dalam bentuk angka (data numerik). Dalam komputer dikenal sebagai data numeric.

– Berdasarkan Skala

1. Data Nominal:

  • Dibedakan dalam kategori tanpa memperhatikan urutan.
  • Satu pengukuran hanya menghasilkan satu-satunya kategori.
  • Setiap kategori dianggap sama (tanpa tingkatan).
  • Data paling ‘rendah’ dalam level pengukuran data.
  • Tak bisa dioperasikan secara matematis.

2. Data Ordinal:

  • Dibedakan dalam kategori berdasarkan urutan.
  • Memiliki tingkatan data.
  • Lebih ‘tinggi’ dibanding data nominal dalam level pengukuran data.
  • Tak bisa dioperasikan secara matematis.

3. Data Interval:

  • Urutan bertingkat dan dapat dikuantifikasi (diberi nilai).
  • Memiliki interval tertentu.
  • Lebih ‘tinggi’ dibanding data ordinal dalam level pengukuran data.
  • Dapat dianalisis dengan uji statistik parametrik.

4. Data Rasio:

  • Data bersifat angka dalam arti yang sesungguhnya.
  • Memiliki angka nol absolut.
  • Memiliki kedudukan paling ‘tinggi’ dalam level pengukuran data.
  • Dapat dioperasikan secara matematis.

Itulah bahasan mengenai perbedaan pengertian statistika dan statistik beserta penjelasan contoh data statistik. Semoga artikel ini bermanfaat!

Keyword: Pengertian Statistika dan Statistik

Nisalutfi
About Nisalutfi 144 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.