Penjelasan Lengkap Mengenai Pengertian Rantai Makanan dan Jenisnya

Pengertian Rantai Makanan | Komponen dan Contohnya
uniqpost.com

Pengertian Rantai Makanan – Belakangan kita sering melihat berita kebakaran hutan terjadi di berbagai penjuru dunia. Sehingga mengganggu ekosistem dan merusak sistem rantai makanan yang ada. Beberapa hewan yang jumlahnya sudah mulai sedikit pun keberadaannya semakin langka.

Kebakaran hutan tersebut sangat berdampak terhadap keseimbangan makan memakan di muka bumi. Ketika ketersediaan tumbuhan hijau sebagai produsen utama berkurang, otomatis akan berpengaruh pada kelangsungan hidup konsumen di semua tingkat.


Pengertian Rantai Makanan


geologi.co.id

Keberadaan tumbuhan sebagai produsen utama di muka bumi ini sangat dibutuhkan. Jika tidak ada tumbuhan maka manusia dan hewan tidak bisa hidup karena tidak ada yang memproduksi oksigen.

Lalu apa kaitan tumbuhan dengan rantai makanan? Mari simak penjelasan berikut:

Rantai makanan adalah perpindahan energi dari organisme pada suatu tingkat tropik ke tingkat tropik berikutnya dalam peristiwa makan dan dimakan dengan urutan tertentu. Tumbuhan hijau berada pada tingkatan tropik terendah yaitu sebagai produsen yang tidak memakan organisme lain.

Tumbuhan hijau memproduksi makanan bagi dirinya sendiri sekaligus juga dimakan oleh organisme lain. Dalam tingkatan tropik rantai makanan, semua organisme yang bukan produsen disebut sebagai konsumen.

Konsumen tidak bisa memproduksi makanannya sendiri sehingga membutuhkan organisme lain untuk dapat makan. Puncak tertinggi dalam tingkatan tropik rantai makanan ditempati oleh predator yang hampir tidak mungkin dimakan oleh organisme lain.

Selain itu terdapat juga pengurai dalam tingkatan tropik yaitu mikrobia ataupun jamur yang akan menguraikan organisme yang sudah mati dan membusuk di tanah. Di antara produsen dan predator terdapat konsumen yang biasanya bersifat herbivor.

Setiap ekosistem memiliki panjang tingkatan tropik yang berbeda, tergantung jenis atau ragam organisme yang menempati ekosistem tersebut.

Pada umumnya tingkatan tropik rantai makanan terdiri dari produsen, konsumen tingkat satu, konsumen tingkat dua, konsumen tingkat tiga, hingga seterusnya sampai pada konsumen puncak.

Produsen adalah jenis tumbuhan yang mempunyai klorofil, baik itu tumbuhan tingkat monoseluler (fitoplankton) maupun yang polyseluler (tumbuhan tingkat tinggi). Tumbuhan dapat menghasilkan zat-zat organik dari bahan-bahan anorganik dengan bantuan cahaya matahari, disebut sebagai fotosintesis.

Jenis Rantai Makanan

news.detik.com

Menurut pada ahli ekologi, di dalam sebuah ekosistem rantai makanan dapat terbagi menjadi tiga jenis yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Berikut penjelasannya:

1. Rantai Pemangsa

Contoh rantai pemangsa terdapat pada ekosistem sawah yang pada umumnya dihuni oleh padi, tikus, ular, dan elang. Padi berperan sebagai produsen yang dapat memproduksi makanannya sendiri.

Tingkatan tropik kedua dihuni oleh tikus yang berperan sebagai konsumen pertama yaitu memakan padi. Ular yang memangsa tikus berperan sebagai konsumen tingkat kedua, dan posisi konsumen ketiga tentu saja dihuni oleh elang yang akan memangsa ular.

2. Rantai Parasit

Parasit adalah organisme yang hidup membutuhkan inang dan mengambil makanan dari inangnya. Dalam rantai parasit biasanya dimulai oleh makhluk hidup besar yang hidupnya berperan sebagai parasit.

Sebagai contoh rantai makanan yang dibuat oleh kerbau, kutu, burung jalak, dan burung elang. Kutu berperan sebagai parasit yang hidup di tubuh kerbau dan menghisap darahnya.

Burung jalak yang memakan kutu pada kerbau berperan sebagai konsumen kedua sekaligus menjalin simbiosis mutualisme dengan kerbau. Konsumen tingkat akhir adalah elang, dimana elang akan memangsa burung jalak sesuka hatinya.

3. Rantai Saprofit

Saprofit adalah organisme pengurai, yaitu makhluk yang mampu mengurai sisa-sisa organisme pada jasad yang telah mati. Contohnya yaitu rantai makanan yang dibentuk oleh kayu lapuk, jamur, ayam, dan rubah.

Kayu yang telah mati lama-lama akan mengalami kelapukan sehingga akan diurai oleh organisme pengurai menjadi jamur. Ayam memakan jamur tersebut dan berikutnya ayam dimangsa oleh rubah.

Baca Juga : Pengertian Puisi


Nah, ketiga jenis rantai makanan di atas saling berkaitan satu dengan yang lainnya sehingga membentuk sebuah jaring-jaring makanan.

Keyword: Pengertian Rantai Makanan

Nisalutfi
About Nisalutfi 144 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.