Pengertian Oksidasi-Reduksi Berdasarkan Kondisi Reaksinya

Pengertian Oksidasi-Reduksi Berdasarkan Kondisi Reaksinya
kumparan.com

Cara termudah untuk melihat proses redoks (reduksi dan oksidasi) adalah dengan pada saat reduktor mentransfer elektronnya ke oksidator.

Senyawa-senyawa yang memiliki kemampuan untuk mereduksi senyawa lain dikatakan sebagai reduktif dan dikenal sebagai reduktor atau agen pereduksi. Reduktor melepaskan elektronnya ke senyawa lain, sehingga ia sendiri teroksidasi.


Pengertian Oksidasi-Reduksi Berdasarkan Kondisi Reaksinya


materikimia.com

Reduktor yang telah mendonorkan elektronnya disebut sebagai penderma elektron. Oksidasi adalah reaksi pengikatan oksigen dan reduksi adalah reaksi pelepasan oksigen.

Berdasarkan proses terjadinya serah terima elektron, oksidasi adalah pelepasan elektron (menyerahkan elektron) oleh sebuah molekul, atom, atau ion. Reduksi merupakan reaksi penangkapan elektron (menerima elektron) oleh sebuah molekul, atom, atau ion.

Berdasarkan perubahan bilangan oksidasinya (biloks), maka reduksi adalah reaksi penurunan biloks atom-atom dalam sebuah reaksi kimia. Sedangkan oksidasi adalah reaksi penaikan biloks atom-atom dalam sebuah reaksi kimia.

Berdasarkan pelepasan dan pengikatan hidrogen, oksidasi merupakan reaksi suatu zat dengan pelepasan hidrogen. Dan sebaliknya reduksi adalah reaksi suatu zat dengan pengikatan hidrogen

Pengertian oksidasi-reduksi dalam reaksi biologisnya, oksidasi biologis adalah pembakaran makanan dalam tubuh oleh oksigen. Sedangkan reduksi biologis oleh enzim dan membentuk senyawa radikal bebas.

Banyak proses biologi yang melibatkan reaksi redoks. Reaksi ini berlangsung secara simultan karena sel, sebagai tempat berlangsungnya reaksi-reaksi biokimia, harus melangsungkan semua fungsi hidup.

Agen biokimia yang mendorong terjadinya oksidasi terhadap substansi berguna dikenal dalam ilmu pangan dan kesehatan sebagai oksidan. Zat yang mencegah aktivitas oksidan disebut antioksidan. Pernapasan sel, contohnya, adalah oksidasi glukosa (C6H12O6) menjadi CO2 dan reduksi oksigen menjadi air.


Berbagai Pengertian Oksidasi-Reduksi


myrightspot.com

1. Oksidasi berkaitan dengan reaksi pengikatan oksigen, reaksi pelepasan elektron, dan reaksi penaikan biloks. Sedangkan reduksi berkaitan dengan reaksi pelepasan oksigen, reaksi penangkapan elektron, dan reaksi penurunan biloks.

2. Oksidasi merupakan zat pengoksida zat lain. Adapun reduksi adalah kebalikan dari arti oksidasi, yaitu zat yang mereduksi zat lain. Oksidasi berarti mendapat oksigen, sedangkan reduksi adalah kehilangan oksigen.

Reduksi dan oksidasi ini terjadi secara bersamaan sehingga reaksi disebut reaksi redoks (reduksi-oksidasi). Jadi dapat disimpulkan bahwa proses oksidasi merupakan proses yang terjadi ketika hilangnya satu elektron ketika dua zat atau lebih berinteraksi.

3.  Oksidasi adalah interaksi kontak langsung diantara molekul oksigen dan semua zat yang berbeda dari benda mati hingga jaringan hidup seperti tumbuhan. Oksidasi akan terjadi ketika kontak antara unsur radikal bebas dan udara seperti oksigen dan air.


Contoh Reaksi Oksidasi-Reduksi


materikimia.com

Oksidasi memiliki beberapa manfaat diantaranya adalah untuk pembentukan aluminium yang tahan lama, namun oksidasi juga bersifat merusak contohnya menimbulkan karat pada besi, rusaknya buah segar seperti buah apel yang dipotong akan berubah warnanya menjadi coklat dan sebagainya.

Namun tidak semua bahan yang berinteraksi dengan molekul oksigen hancur menjadi karat. Proses oksidasi juga tergantung pada oksigen dan sifat dari bahan yang disentuhnya.

Proses oksidasi dan reduksi pada karbon dioksida dan energi panas, secara garis besar maka oksidasi penuh bahan-bahan yang mengandung karbon akan menghasilkan karbon dioksida.

Dalam kimia organik, oksidasi selangkah (stepwise oxidation) hidrokarbon menghasilkan air, dan berturut-turut alkohol, aldehida atau keton, asam karboksilat, dan kemudian peroksida.

Reaksi redoks (reduksi dan oksidasi) juga digunakan dalam berbagai industri seperti pada produksi produk-produk pembersih.

Reaksi kimia reduksi dan oksidasi merupakan reaksi yang dipelajari dalam mata pelajaran kimia yang merupakan cabang ilmu pengetahuan alam. Semoga artikel tentang pengertian oksidasi-reduksi ini bermanfaat. Salam!

Keyword: Pengertian Oksidasi-Reduksi

Sara Apriana
About Sara Apriana 478 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.