Pengertian Oksidasi Reduksi | Contoh Soal Tentang Bilangan Oksidasi

Pengertian Oksidasi-Reduksi Berdasarkan Kondisi Reaksinya
kumparan.com

Pengertian Oksidasi Reduksi – Dalam dunia kimia, istilah reduksi dan oksidasi atau yang biasa disebut dengan redoks pasti sudah tidak asing lagi.

Reaksi redoks merupakan suatu proses-proses elektrokimia, yang mana dalam reaksinya banyak melibatkan hubungan antara listrik dan reaksi kimia. Untuk lebih jelasnya tentang reaksi reduksi-oksidasi ini, mari kita bahas pada bab di bawah ini.


Pengertian Reaksi Oksidasi dan Reduksi


Pengertian Oksidasi Reduksi
saintif.com

Sebelum masuk ke dalam pengertian dari reaksi redoks, kita ulas secara singkat reaksi kimia yang berhubungan dengan reaksi redoks ini.

Umumnya reaksi kimia dapat digolongkan menjadi beberapa macam reaksi, nah salah satunya adalah yang berhubungan dengan perubahan bilangan oksidasi yang terdapat pada atom-atom sebelum dan sesudah terjadinya reaksi. Dilihat dari bilangan oksidasinya, reaksi kimia dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

a. Reaksi non-redoks (reaksi bukan redoks)

Suatu golongan reaksi yang mana atom-atom yang terlibat tidak mengalami perubahan pada bilangan oksidasinya sebelum ataupun sesudah reaksi berlangsung.

b. Reaksi redoks

Suatu golongan reaksi yang mana atom-atom yang terlibat ada yang mengalami perubahan pada bilangan oksidasinya. Sebelum ataupun sesudah reaksi berlangsung, bilangan oksidasi atom-atom yang terlibat tidak sama atau dengan kata lain berubah.

Jadi reaksi redoks adalah reaksi kimia yang terdiri dari setengah reaksi oksidasi dan setengah lagi reaksi reduksi. Hal tersebut ditandai dengan adanya perubahan bilangan oksidasi atau yang biasa disebut dengan biloks naik yang terjadi pada reaktan ataupun produk.

Pada reaksi oksidasi ditandai dengan adanya pengikatan oksigen, pelepasan elektron atau mengalami kenaikan pada biloks. Sementara itu pada reaksi reduksi ditandai dengan adanya pelepasan oksigen, penangkapan elektron atau mengalami penurunan pada biloks.

Unsur atau senyawa yang mengalami oksidasi disebut dengan reduktor, sedangkan untuk unsur atau senyawa yang mengalami reduksi disebut oksidator.

Reaksi redoks ini banyak digunakan pada bidang farmasi, biologi, industri, metalurgi dan pertanian. Selain itu reaksi redoks dapat ditemukan pada korosi atau karat, proses pewarnaan rambut dan pembusukan pada buah apel.

Aturan-Aturan Penentuan Bilangan Oksidasi

siswapedia.com

Bilangan oksidasi atau biloks biasa disebut juga dengan tingkat oksidasi. Biloks dimaknai sebagai muatan yang dimiliki oleh suatu atom dalam keadaan bebas atau dalam senyawa yang dibentuknya. Berikut ini adalah aturan-aturan penentuan dari bilangan oksidasi, yakni:

a. Biloks atom dalam unsur adalah nol, misalnya Na, Fe, O2, memiliki biloks nol.
b. Total biloks dalam senyawa adalah nol, misalnya H2, NaOH, CH3COOH total biloksnya adalah nol.
c. Biloks ion adalah sesuai dengan muatannya, misalnya Na +1 (biloks = +1), Fe+3 (biloks = +3).
d. Biloks golongan IA dalam senyawanya adalah +1, misalnya biloks atom Na dalam NaCl adalah +1.
e. Biloks golongan IIA dalam senyawanya adalah +2, misalnya biloks F dalam senyawa KF dan BaF2 adalah -1.
f. Biloks unsur oksigen dalam senyawa adalah -2, misalnya H2O, Na2O dan Al2O3.
g. Biloks unsur hidrogen dalam senyawanya adalah +1, misalnya H2O, HCl dan H2SO4.

Contoh Soal Biloks

Hitunglah biloks Cl dalam senyawa HClO4

Jawaban : biloks per atom dari senyawa HClO4 dijabarkan
biloks H + biloks Cl + 4 x biloks O = 0
(+1) + biloks Cl + { 4 x (-2)} = 0
+1 + biloks Cl + (-8) = 0
biloks Cl = 8-1
biloks Cl = 7

Oksidator dan Reduktor

Seperti yang sudah disinggung di atas, oksidator adalah zat ang mengalami reduksi (biloksnya turun). Sedangkan reduktor adalah zat yang mengalami reaksi oksidasi (biloksnya naik atau bertambah).

Contohnya adalah:

Pada reaksi 2Na + 2H2O → 2NaOH + H2

Jadi yang berperan sebagai reduktor adalah Na karena biloksnya naik dari 0 berubah menjadi +1, sedangkan yang berperan sebagai oksidator adalah H2O karena biloksnya turun dari +1 menjadi 0.


Demikian pembahasan kali ini terkait reaksi reduksi dan oksidasi atau redoks. Semoga penjelasan di atas menambah wawasan dan pengetahuan bagi kalian semua. Semoga bermanfaat!

Nisalutfi
About Nisalutfi 176 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.