Pengertian Observasi | Dilengkapi Penjelasan Mengenai Jenis-Jenisnya

11 Pengertian Observasi Menurut Para Ahli (Lengkap)
linkedin.com

Pengertian Observasi – Saat kalian melakukan sebuah penelitian, istilah observasi mungkin sudah tidak asing lagi. Observasi secara umum adalah aktivitas yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hal-hal penting terkait sebuah fenomena atau peristiwa yang didasarkan pada sebuah pengetahuan atau bisa juga dengan gagasan.

Untuk pengertian observasi secara etimologi berasal dari bahasa latin yang memiliki arti melihat dan memperhatikan. Jadi memang kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh informasi sebuah fenomena yang ada dengan melihat atau memperhatikan.

Nah, pada bab ini kita akan membahas lebih jauh terkait dengan observasi. Langsung saja kita simak penjelasan di bawah ini.


Ulasan Lengkap Mengenai Pengertian Observasi


Pengertian Observasi
ngelmu.co

Secara singkat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) observasi adalah suatu peninjauan yang dilakukan secara cermat. Sebaliknya hal tersebut berbeda dengan mengobservasi yang artinya mengawasi dengan teliti atau dengan kata lain adalah mengamati.

Tujuan Observasi

Adapun tujuan dari observasi adalah sebagai berikut:

a. Untuk menggambarkan suatu objek dan segala sesuatu yang berhubungan dengan objek yang diteliti melalui pengamatan dan penelitian dengan menggunakan alat indera khususnya mata.
b. Untuk mendapatkan kesimpulan terkait objek yang sedang diteliti yang mana kesimpulan tersebut dibuat dalam sebuah laporan yang relevan dan dapat bermanfaat bagi bahan pembelajaran.
c. Untuk mendapatkan suatu data atau informasi yang dapat dibagikan kepada orang lain dalam bentuk tulisan baik berupa karya ilmiah ataupun non ilmiah.

Ciri-Ciri Observasi

Observasi yang dilakukan untuk mengumpulkan data dan dilakukan secara sistematis, memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki arah dan tujuan yang khusus, bukan hanya mendapatkan kesan yang umum tentang suatu fenomena atau peristiwa yang terjadi.
  • Tidak dilakukan secara acak atau sesuka hati untuk mendapatkan situasi yang mendekati objek, tetapi dalam hal pelaksanaannya harus dilakukan secara sistematis dan jelas konsepnya.
  • Bersifat kuantitatif yang artinya dengan detail mencatat sejumlah peristiwa atau kejadian tentang tipe-tipe tingkah laku sosial tertentu.
  • Pada observasi, dilakukan pencatatan dengan sesegera mungkin, seringkas dan tidak dengan menunda kemudian menggantungkan data pada kekuatan ingatan/mengingat-ingatnya.
  • Dalam hal ini menuntut adanya keahlian, ketrampilan sehingga data yang didapatkan bias valid.

Manfaat Observasi

Kegiatan observasi ini memiliki banyak manfaat, antara lain sebagai berikut:

a. Mendapatkan data secara jelas karena sering terjadi terdapat beberapa gejala yang kurang detail informasinya.
b. Mendapatkan kejelasan terkait proses berlangsungnya suatu peristiwa dan menguji kualitasnya serta memperkirakan mengapa hal tersebut terjadi di kemudian hari.
c. Menjelaskan gamabran terkait dunia nyata.
d. Hasil yang didapatkan dapat dikonfirmasikan dengan hasil penelitian.
e. Memperluas wawasan dan pengetahuan
f. Memungkinkan pembaca memilki penafsiran sendiri terhadap suatu penemuan dan menginterpretasikannya.
g. Mencatat beberapa hal yang tidak dapat direplikasikan dalam eksperimen.

Jenis-Jenis Observasi

riuhimaji.com

Observasi memiliki beberapa jenis, yakni sebagai berikut:

a. Observasi Partisipasi

Observasi jenis ini dilakukan dengan adanya observer yang terlibat secara langsung dan berperan aktif dalam objek yang sedang diteliti.

Selain observasi partisipasi, ada juga observasi yang berlawanan dengan ini yaitu observasi non partisipasi. Dalam observasi non-partisipasi, dilakukan tanpa adanya keterlibatan tidak langsung oleh peneliti sebagai observer.

b. Observasi Sistematis

Observasi ini biasa disebut juga dengan observasi yang berkerangka. Yaitu suatu observasi yang telah disusun dan sudah terlebih dahulu ditentukan kerang-kerangka dari apa yang akan diteliti. Di dalam kerangkanya tersebut berisi faktor-faktor yang berhubungan dengan apa yang akan diobservasi.

c. Observasi Eksperimental

Observasi ini dilakukan terhadap situasi yang memang sudah dipersiapkan terlebih dahulu dengan sedemikian rupa untuk meneliti dan mengamati suatu objek tertentu.


Nah, itu tadi adalah pembahasan terkait observasi, baik dari pengertiannya, tujuan, manfaat, ciri-ciri serta macam-macam observasi yang ada. Semoga penjelasan di atas dapat membuat kalian lebih mengetahui makna dari observasi secara mendalam.

Sara Apriana
About Sara Apriana 454 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.