Pengertian Momentum, Jenis, Rumus, dan Ilustrasinya dalam Kehidupan

Pengertian Momentum, Jenis, Rumus, dan Ilustrasinya dalam Kehidupan
vision.org.au

Pengertian momentum – Pada artikel sebelumnya telah dibahas materi tentang impuls dalam fisika, dan seperti yang kita tahu impuls sangat berkaitan erat dengan momentum.

Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini kami juga akan memaparkan materi tentang momentum, agar kemudian kedua materi fisika tersebut bisa dipahami secara keseluruhan.

Meskipun materi ini nantinya akan dipelajari di bangku sekolah, tetapi tak ada salahnya kalau kami juga membagikannya di sini.

Barangkali penjelasan pada artikel ini bisa membantumu untuk memahami materi yang telah dipelajari di sekolah.

Tapi sebelum kita mempelajari lebih jauh mengenai momentum, mari kita mulai dengan pengetahuan sederhana, apa sih pengertian momentum? Untuk menjawabnya yuk simak pemaparan di bawah ini sampai tuntas ya:


Pengertian Momentum


marketing.co.id

Secara sederhana kita bisa mengartikan momentum sebagai besaran yang berkaitan dengan massa dan kecepatan suatu benda.

Seperti yang diketahui setiap benda yang bergerak pasti mempunyai kekuatan gerak, nah kuantitas gerak dan massa suatu benda bisa disebut dengan momentum.

Dalam ilmu fisika untuk mendapatkan momentum kita bisa mengalikan besaran vektor kecepatan gerak dengan besaran skalar.

Jadi kekuatan gerak akan muncul jika massa benda dikalikan dengan kecepatan suatu benda. Seperti yang akan dijelaskan dalam rumus untuk menghitung momentum di bawah ini.


Rumus Momentum


Pengertian Momentum, Jenis, Rumus, dan Ilustrasinya dalam Kehidupan
rumus.co.id

Rumus berikut sangat membantu teman-teman ketika menjumpai soal tentang momentum, karena rumus ini merupakan rumus dasar momentum, yang meskipun nantinya terdapat pengembangan soal tetapi tetap saja rumus tersebut menjadi acuan utama.

p = m x v

Keterangan:

p = momentum (kg.m/s)

v = kecepatan benda (m/s)

m = massa benda (kg)


Ilustrasi Momentum dalam Kehidupan Sehari-Hari


pixels.com

Supaya teman-teman bisa merasa lebih relevan dengan materi momentum ini mari coba kita perhatikan contoh peristiwa yang menggambarkan konsep rumus momentum di atas  pada kehidupan sehari-hari.

Misalnya terdapat truk dengan berat 30.000 bergerak menuju tembok dengan kecepatan 20 m/s. Kemudian jika truk menabrak tembok maka tembok akan hancur, karena untuk bisa menghentikan laju truk butuh gaya yang besar dari truk.

Tetapi kalau yang menabrak tembok tersebut merupakan mobil kecil dengan berat 3000 kg dan kecepatan 130 m/s, maka yang akan terjadi mobil dan tembok akan hancur. Hal ini karena besar kekuatan gerak tersebut kecil.

Artinya gaya yang dibutuhkan untuk menghentikan mobil kecil dengan kecepatan tinggi, lebih besar dibanding dengan truk yang bergerak dengan kecepatan rendah.


Contoh Soal


Pengertian Momentum, Jenis, Rumus, dan Ilustrasinya dalam Kehidupan
dunia-pendidik.com

Dalam pelajaran fisika sudah tentu teman-teman akan menjumpai perhitungan-perhitungan dengan rumus tertentu seperti pada mata pelajaran matematika. Tersebab itu banyak orang yang juga menganggap materi fisika sama sulitnya dengan matematika.

Tetapi toh kita tetap harus mempelajarinya dengan sabar dan perlahan. Untuk itu di bawah ini kami pun telah menyiapkan contoh soal momentum, supaya teman-teman akan lebih mudah memahami penerapan rumus yang telah kami jelaskan di atas.

Contoh soal di bawah ini kami rangkum dari sumber yang terpercaya jadi tak perlu diragukan lagi hehe, yuk langsung saja simak contoh soanya:

Budi memiliki badan yang gemuk dengan berat badan 100 kg berlari dengan kecepatan tetap yaitu 108 km/jam. Berapakah momentum dari budi tersebut ?

Penyelesaian :

Diketahui :

m = 100 kg

v = 108 km/jam di konversi ke m/s maka 108000/3600 = 30 m/s

Jawaban :

P = 100 x 30 = 3.000 kg m/s

Penutup

Bagaimana setelah membaca artikel ini? apakah merasa sedikit terbantu dalam memahami materi momentum?

Kami berharap demikian, tetapi kalau ternyata penjelasan di atas cukup rumit dan urang mudah dipahami kami memohon maaf, dan kami berusaha untuk terus belajar.

Pada akhirnya kami tetap berharap kalau artikel tentang pengertian momentum bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian. Demikianlah yang bisa kami sampaikan, Selamat belajar!

Keyword: Pengertian Momentum

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.