Pengertian Mitigasi, Tujuan, Serta Jenis-Jenis Mitigasi Lengkap

Pengertian Mitigasi, Tujuan, Serta Jenis-Jenis Mitigasi Lengkap
suaramerdeka.com

Pengertian mitigasi – Barangkali banyak dari teman-teman yang sudah tidak asing lagi dengan istilah mitigasi, karena memang istilah ini sudah sering digunakan terutama yang berkaitan dengan bencana.

Meskipun begitu tak satu atau dua orang saja yang juga belum mendengar kata mitigasi atau memahami apa yang dimaksud dengan istilah tersebut.

Oleh karena itu pada kesempatan yang berbahagia ini kami ingin membagikan informasi tentang mitigasi termasuk juga pengertian, jenis dan juga tujuannya.

Semoga dengan adanya informasi ini paling tidak kita bisa memahami percakapan seseorang yang menggunakan kata mitigasi.

Tanpa berlama-lama agi yuk kita simak bersama artikel tentang pengertian mitigasi di bawah ini, selamat membaca dan belajar semuanya:


Pengertian Mitigasi


Pengertian Mitigasi, Tujuan, Serta Jenis-Jenis Mitigasi Lengkap
voaindonesia.com

Seperti yang kita tahu istilah mitigasi sangat identik dengan bencana, misalnya teman-teman tentu sering mendengar kata mitigasi bencana. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan mitigasi itu sendiri.

Secara umum mitigasi bisa didefinisikan sebagai upaya yang bertujuan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kemungkinan kerugian dan korban akibat terjadinya bencana. Berarti mitigasi adalah membuat persiapan sebelum terjadi bencana.

Adapun pengertian yang tercantum dalam Undang-Undang No. 24 Tahun 2007 menyatakan bahwa mitigasi merupakan serangkaian upaya yang dilakukan guna meminimalisir dampak atau resiko bencana, baik dengan pembangunan infrastuktur maupun memberikan kesadaran dan juga kemampuan ketika menghadapi bencana.

Bencana yang dimaksud dalam mitigasi ini bisa berupa apa saja baik bencana alam (natural disaster) maupun bencana yang terjadi akibat ulah manusia (man-made disaster).


Tujuan Mitigasi


covesia.com

Berdasarkan pengertian di atas telah dapat disimpulkan bahwa tujuan dari mitigasi adalah mengurangi resiko dan dampak dari bencana. Tetapi tujuan secara detail dari adanya mitigasi adalah sebagai berikut:

  • Membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat an kesadaran ketika menghadapi bencana termasu juga dampak bencana tersebut
  • Mitigasi bisa digunakan sebagai pedoman untuk pemerintah, sebab mitigasi membuat perencanaan pembangunan
  • Mengurangi kemungkinan dampak yang terjadi akibat bencana misalnya seperti kerugian ekonomi, rusaknya sumer daya alam, dan juga kematian

Jenis-Jenis Mitigasi


Pengertian Mitigasi, Tujuan, Serta Jenis-Jenis Mitigasi Lengkap
yuksinau.id

Terdapat dua jenis mitigasi yang umum berkembang dan dilakukan oleh pemerintah, di antaranya yaitu mitigasi struktural dan mitigasi non-struktural. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan di bawah ini:

Mitigasi Struktural

Upaya yang dilakukan dalam mitigasi jenis struktural yaitu membangun prasarana fisik dengan syarat dan detail tertentu dan memanfaatkan teknologi supaya resiko bencana dapat diminimalisir. Adapun contoh mitigasi jenis ini misalnya adalah:

  • Menggunakan alat deteksi untuk mengetahui aktivitas gunung berapi
  • Membuat struktur bangunan yang tahan dengan gempa
  • Menggunakan sistem peringatan untuk mengetahui kemungkinan terjadinya gelombang tsunami
  • Membangun kanal yang dikhususkan untuk mencegah banjir

Contoh di atas merupakan sebagian kecil contoh mitigasi struktural yang diupayakan. Fokus dari mitigasi tersebut cenderung kepada tindakan pencegahan atau mengurangi kerentanan terhadap bencana.

Mitigasi Non-Struktural

Sedangkan upaya dalam mitigasi non-struktural ini bukan bersifat bangunan atau prasarana fisik melainkan lebih kepada kebijakan atau peraturan tertentu. Kebijakan ini juga menjadi upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak dan resiko terjadinya bencana.

Adapun beberapa contoh yang termasuk dalam mitgasi jenis ini misalnya:

  • Mengelola kapasitas pembangunan masyarakat
  • Mengelola tata letak kota
  • Melarang membuang sampah di sungai atau selokan
  • Melarang pembakaran hutan secara ilegal
  • Mengelola pembangunan gedung-gedung dengan memperhatikan dampak lingkungan sekitar, dn masih banyak lagi.

Baik mitigasi struktural dan non-struktural keduanya dibutuhkan dalam upaya pengurangan resiko bencana. Kita berharap akan banyak pembangunan yang dimaksudkan untuk mengurangi resiko bencana.

Kita juga berharap pemerintah membuat kebijakan-kebijakan yang berpihak pada keselamatan orang banyak.

Keyword: Pengertian Mitigasi

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.