Pengertian Limbah dan Jenis-Jenis Limbah yang Wajib Diketahui

Pengertian Limbah dan Jenis-Jenis Limbah yang Wajib Diketahui
thegorbarsla.com

Pengertian limbah – Barangkali teman-teman juga sudah tidak asing lagi dengan istilah limbah. Karena di Indonesia sendiri isu tentang limbah terus menerus digaungkan oleh banyak orang termasuk juga aktivis lingkungan, supaya masyarakat bisa hidup di lingkungan yang bersih dan sehat.

Ya seperti yang kita tahu secara sederhana limbah ini bisa diartikan sebagai sampah, meskipun sebenarnya berbeda.

Limbah dan sampah bisa dihasilkan dari banyak hal misal dari pabrik, gedung-gedung, dan bahkan juga dari barang-barang yang kita gunakan sehari-hari.

Artinya limbah akan terus menerus diproduksi, oleh karena itu butuh pengelolaan yang tepat supaya limbah tersebut tidak merusak lingkungan.

Untuk bisa mengentaskan persoalan limbah ini tentu dibutuhkan upaya yang dilakukan oleh semua lapisan, baik dari pemerintah, pengusaha, dan juga masyarakat pada umumnya.

Tetapi sebelum itu mari kita pahami lagi apa sih yang dimaksud dengan limbah, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan limbah, supaya nantinya kita bisa mengambil langkah secara jernih dan tepat.


Pengertian Limbah


ruangguru.co.id

Seperti yang telah kami singgung di atas bahwa limbah sering diartikan juga sebagai sampah meskipun keduanya memiliki pengertian yang berbeda.

Sampah adalah sisa hasil buangan yang cenderung banyak dijuampai pada kegiatan rumah tangga, sedangkan limbah lebih cenderung kepada sisa hasil dari kegiatan industri.

Hal tersebut diperjelas dalam Undang-Undang No.18 Tahun 2008, yang juga menyatakan bahwa limbah biasanya identik dengan sisa dari kegiatan manusia secara kelompok dan individu, sedangkan sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari dan proses alam yang bentuknya padat.

Kemudian Karmana juga menambahkan, limbah merupakan sisa kegiatan manusia yang menyebabkan polusi dan pencemaran bagi lingkungan sekitarnya.

Artinya secara umum baik sampah dan limbah keduanya adalah sisa hasil kegiatan manusia yang kalau tidak dikelola dengan baik bisa menimbulkan dampak yang buruk bagi keberlangsungan hidup manusia.

 


Jenis-Jenis Limbah


jatsindo.com

Supaya teman-teman bisa mengidentifikasi apa saja yang termasuk limbah, di bawah ini kami akan memaparkan jenis-jenis limbah. Adapun jenis limbah ini digolongkan berdasarkan senyawa, wujud, dan sumbernya.

Limbah Berdasarkan Senyawanya

Berdasarkan senyawanya limbah bisa dibagi menjadi tiga jenis yaitu:

Limbah B3 (Bahan Bahaya Beracun), merupakan sisa hasil kegiatan manusia yang berisi bahan beracun atau berbahaya yang bisa merusak dan membahayakan kehidupan manusia dan makhluk lainnya, baik karena sifatnya, konsentrasi, atau jumlahnya.

Limbah Organik, adalah sisa hasil kegiatan manusia yang berisi senyawa karbon yang berasal dari makhluk hidup, misal sayur-sayuran yang busuk, kotoran hewan, dan lain sebagainya.

Limbah Non Organik, yaitu limbah yang tidak mudah terurai, misalnya plastik, kaca, dan sebagainya.

Limbah Berdasakan Sumbernya

maxmanroe.com

Sedangkan jika ditinjau dari sumber adanya limbah, jenis limbah bisa dibedakan menjadi:

Limbah Domestik, berarti limbah yang berasal dari sisa kegiatan rumah tangga, pasar, sekolah, dan tempat-tempat publik lainnya. Contoh dari limbah ini adalah sisa makanan, air sabun, botol plastik, dan lain sebagainya.

Limbah Non Domestik, yakni limbah yang dihasilkan dari kegiatan industri, pabrik, medis, perikanan, peternakan, pertanian, dan lain sebagainya.

Limbah Berdasarkan Wujudnya

Pengertian Limbah dan Jenis-Jenis Limbah yang Wajib Diketahui
salamadian.com

Limbah juga bisa digolongkan dengan melihat wujudnya, apakah itu cair, padat, gas, dan semacamnya. Untuk lebih jelasnya yuk simak penjelasan berikut:

Limbah Cair, sudah barang tentu limbah cair berarti limbah yang berasal dari sisa kegiatan manusia yang memiliki wujud atau bentuk cair dan mudah larut dalam air. Contoh dari limbah ini adalah sisa zat pewarna kain, sisa air cucian, limbah air tinja, limbah produksi tahu, dll.

Limbah Padat, limbah ini berarti berbentuk padat dan biasanya cenderung kering, misalnya seperti kertas, sampah botol bekas, botol kaca, dan sebagainya.

Limbah Suara, ternyata ada juga loh limbah yang wujudnya adalah suara. Hal ini berarti limbah tersebut berbentuk bunyi atau gelombang yang menganggu kenyamanan manusia, seperti suara kendaraaan, suara mesin pabrik, dll.

Limbah Gas, adalah limbah yang berasal dari beberapa jenis senyawa kimia yang kemudian tercampur dalam gas, misalnya limbah karbon monoksida, karbon sulfur oksida, limbah nitrogen, dll.

Keyword: Pengertian Limbah

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.