Pengertian Limbah dan Kegiatan Manusia yang Menghasilkan Limbah

Pengertian Limbah dan Kegiatan Manusia yang Menghasilkan Limbah
thegorbarsla.com

Semakin banyak kegiatan-kegiatan manusia yang menghasilkan berbagai macam produk untuk kebutuhan sehari-hari maka semakin banyak juga sampah dan limbah dibuang.

Setiap produk yang dihasilkan tentunya akan ada suatu bagian yang akan dibuang. Adanya bagian buangan ini seringkali mengakibatkan hal yang tidak diinginkan masyarakat karena dengan konsentrasi dan kualitas tertentu dapat mengakibatkan dampak negatif terhadap manusia maupun lingkungan tempat tinggalnya.

maxmanroe.com

Sebenarnya berbagai pengertian limbah dihasilkan oleh kegiatan manusia, baik itu kegiatan industri maupun rumah tangga dan berdampak buruk terhadap lingkungan dan juga bagi kesehatan manusia.

Saat ini jumlah limbah semakin meningkat karena hampir seluruh kegiatan manusia menghasilkan benda ini, seperti kegiatan industri, rumah tangga, transportasi dan lain sebagainya.

Melihat kondisi seperti ini, pengelolaan limbah yang baik dan benar sangat diperlukan untuk mengatasi berbagai dampak negatifnya.

Kegiatan-kegiatan yang menghasilkan limbah memang tidak mudah untuk dicegah dan diatasi. Semakin banyak barang yang dihasilkan maka semakin banyak juga limbah yang akan dibuang.


Pengertian Limbah


ruangguru.co.id

Setiap pabrik yang memproduksi barang-barang tertentu akan sangat berhati-hati dalam membuang limbah dari pabrik mereka.

Jika mereka membuang limbah dengan sembarang maka akan dikenakan sanksi sesauai dengan peraturan yang ditetapkan pemerintah.

Pengertian limbah dihasilkan oleh pabrik yang sering dibuang sembarang sangat merusak lingkungan apalagi limbah tersebut dibuang di sungai dan daerah persewahan. Karena sebagian besar aktivitas manusia terjadi di sungai dan persawahan.

Meskipun sebagian besar limbah dihasilkan oleh manusia, tapi sebenarnya yang paling merasakan dampak dari pencemaran limbah yaitu manusia itu sendiri.

Kata-kata limbah ini seringkali kita dengar tetapi maknanya belum tentunya banyak yang paham. Apa itu limbah? Pertanyaan ini sering juga kita dengar, maka pada kesempatan ini akan dijelaskan pengertian dari limbah itu sendiri.

Secara umum, pengertian limbah adalah buangan atau material sisa yang dianggap tidak memiliki nilai yang dihasilkan dari suatu proses produksi, baik industri maupun rumah tangga.

Ada juga yang mengatakan bahwa definisi limbah adalah semua material sisa atau buangan yang berasal dari proses teknologi maupun dari proses alam dimana kehadirannya tidak bermanfaat bagi lingkungan dan tidak memiliki nilai ekonomis.


Jenis-Jenis Limbah


jatsindo.com

Ada banyak sekali jenis-jenis limbah yang sering ditemui sehari-hari antara lain; limbah organik yaitu limbah yang mangandung unsur karbon atau berasal dari makhluk hidup dan bersifat mudah membusuk oleh aktivitas mikroorganisme misalnya sisa makanan, kotoran hewan, sisa sayur-sayuran dan sebagainya.

Jenis selanjutnya adalah limbah anorganik merupakan limbah yang sulit membusuk seperti plastik dan kaca. Jenis yang terakhir adalah limbah bahan berbahaya dan beracun yang berasal dari kegiatan manusia.

Limbah dapat juga dikatakan sebagai benda yang tidak memiliki nilai guna atau dengan kata lain tidak dapat dimanfaatkan lagi, maka limbah tersebut dapat dibuang.

Sebelum dibuang ke alam, limbah harus melalui proses pengolahan agar bahan-bahan berbahaya yang terkandung di dalamnya hilang. Hal tersebut bertujuan agar limbah yang dibuang tidak berdampak negatif bagi lingkungan.

Cara menangani limbah ada berbagai macam, yaitu dengan cara mendaur ulang atau dijual di pasar loak atau rongsokan untuk dikelola lagi menjadi sesuatu bermanfaat, dilakukan dengan pembakaran serta dapat dilakukan dengan cara menimbun.

Limbah sulit untuk ditangani tapi dengan tangan kreatif manusia limbah juga dapat menghasilkan barang atau benda yang bernilai tinggi. Misalnya saja pengelolaan sampah berupa botol atau kertas menjadi sesuatu yang menarik dan unik.

Keyword: Pengertian Limbah

Sara Apriana
About Sara Apriana 486 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.