Pengertian Letak Geografis dan Letak Astronomis & Contoh Penerapannya

Pengertian Letak Geografis dan Letak Astronomis & Contoh Penerapannya
rulers.org

Pengertian letak geografis – Para pembaca yang budiman apa kabar? Semoga teman-teman selalu bisa menyempatkan diri untuk berbahagia, sebab hidup akan tampak sulit jika kita selalu sibuk memikirkan penderitaan semata.

Nah pada kesempatan yang baik ini, kami kembali untuk memberikan informasi yang semoga bisa bermanfaat untuk yang membutuhkan.

Jika sebelumnya kami telah membahas tentang pengertian korupsi kali ini kami akan memaparkan tentang pengertian letak geografis.

Sebenarnya istilah letak geografis ini dipelajari di bangku sekolah, meskipun  begitu kami akan mengulangnya kembali supaya teman-teman yang belum memahami bisa sedikit terbantu.

Letak geografis ini berkaitan erat dengan geografi yang secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang bumi.

Dari kata geografis tentu kita juga sedikit paham bahwa letak geografis berarti berhubungan dengan letak suatu wilayah di bumi.

Tetapi secara rinci dan jelas, letak bumi yang seperti apa yang dimaksud dalam istilah letak geografis? Pertanyaan tersebut kurang lebih akan terjawab dalam penjelasan berikut ini:


Pengertian Letak Geografis


unsplash.com

Apa sih yang dimaksud dengan letak geografis? Jadi letak geografis bisa diartikan dengan posisi atau keberadaan suatu wilayah yang dilihat dari letak bentuknya di permukaan bumi.

Dengan mengetahui letak geografis suatu wilayah maka kita akan tahu banyak hal tentang wilayah tersebut misal perbatasan suatu wilayah.

Karena memang letak geografis biasanya akan dibatasi dengan fitur geografi seperti laut, benua, gunung, samudera, gurun, dan sebagainya.

Selain itu, menurut seorang pengamat geopolitik asal Amerika Serikat yang bernama Robert Kaplan, letak geografis suatu wilayah bisa menjadi faktor yang menentukan dan mempengaruhi peristiwa yang telah terjadi di wilayah tersebut.

Artinya kemudian letak geografis ini juga bisa berpengaruh pada hubungan internasional yang dibangun oleh suatu negara di masa depan.

Adapun contoh penerapan letak geogrgafis untuk negara Indonesia misalnya adalah bahwa:

  • Indonesia berada di antara dua benua yaitu Benua Australia di sebelah Selatan Indonesia, dan Benua Asia di bagian Utara Indonesia.
  • Indonesia juga berada di antara dua samudera , yakni Samudera Pasifik di bagian Timur Indonesia, dan Samudera Hindia di bagian Barat Indonesia.

Pengertian Letak Astronomis


inikerja.com

Selain letak geografis hal yang juga perlu diketahui ketika kita berbicara mengenai letak suatu wilayah adalah letak astronomis.

Dengan mengetahui letak astronomis suatu wilayah kita bisa memahami peristiwa alam yang terjadi di wilayah tersebut misal perhitungan waktu, zona iklim dan semacamnya.

Jadi apa sih letak astronomis itu? Adalah posisi suatu wilayah yang dilihat berdasarkan letak garis khayal yakni garis lintang dan garis bujur.

Garis bujur ini secara vertikal berfungsi menghubungkan Kutub Utara dan Kutub Selatan. Dan juga membelah bumi menjadi dua bagian yaitu belahan bumi barat atau Bujur Barat, dan belahan bumi Timur atau Bujur Timur.

Dengan melihat garis bujur kita bisa mengetahui titik awal perhitungan waktu Internasional yang disebut dengan GMT (Greenwich Mean Time), karena memang titik nol bujur atau garis meridian berada di kota Greenwich, Inggris.

Contoh penerapan letak astronomis untuk wilayah Indonesia yaitu:

  • Indonesia berada pada 95 Bujur Timur – 141 Bujur Timur
  • Indonesia berada pada 6 Lintang Utara – 11 Lintang Selatan

Penutup

Pengertian Letak Geografis dan Letak Astronomis & Contoh Penerapannya
dictio.id

Demikianlah artikel tentang pengertian letak geografis dan letak astronomis suatu wilayah. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan teman-teman sekalian.

Jika ada tambahan informasi bisa langsung tuliskan pada kolom komentar ya, supaya bisa menjadi pembelajaran bersama. Selamat belajar semuanya sampai tak pernah sampai.

Keyword: Pengertian Letak Geografis

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.