Pengertian Indikator dan Jenis-Jenis Indikator pada Masing-Masing Bidang

Pengertian Indikator dan Jenis-Jenis Indikator pada Masing-Masing Bidang
kabartani.com

Pengertian indikator – Istilah indikator sering dijumpai dalam segala bidang keilmuan, bahkan juga dalam kehidupan sehari-hari.

Karenanya penting bagi kita untuk mengetahui apa sih arti dari indikator, supaya nantinya ketika mendengar istilah tersebut kita tidak gagap lagi.

Mengetahui sebuah istilah – tidak hanya indikator – adalah hal yang sangat bermanfaat. Sebab hal tersebut memudahkan kita untuk memahami suatu bahasan.

Hal ini seperti mempelajari sebuah kosa kata, semakin banyak yang diketahui maka semakin mudah kita menggunakan suatu bahasa.

Dan pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan mencoba mengulas salah satu istilah yang sudah disinggung di atas, yakni pengertian indikator.

Yuk langsung saja kita simak tulisan di bawah ini, siapa tahu bisa membantumu untuk menjawab pertanyaan seputar indikator.


Pengertian Indikator Menurut Para Ahli


rskramat128.com

Beberapa ahli mendefinisikan indikator dengan pendapat yang berbeda-beda, tetapi paling tidak dari semua pendapat tersebut memiliki kesamaan maksud atau makna yang sama terkait indikator. Dan berikut ini kami sajikan definisi indikator menurut ahli:

1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, arti indikator adalah sesuatu yang dapat memberikan petunjuk atau keterangan.

2. Pengertian Indikator Menurut Lawrence Green

Menurut Lawrence Green (1992), pengertian indikator adalah variabel-variabel yang dapat menunjukkan ataupun mengindikasikan kepada penggunanya tentang kondisi tertentu, sehingga dapat digunakan untuk mengukur perubahan yang terjadi.

3. Menurut Wilson R. dan T. Sapanuchart

Menurut Wilson R. dan T. Sapanuchart (1993), pengertian indikator adalah suatu ukuran tidak langsung dari suatu kejadian atau kondisi. Contoh; berat badan bayi berdasarkan umur merupakan indikator terhadap status gizi bayi tersebut.

Berdasarkan pendapat di atas kita bisa melihat benang merah atau kesimpulan akhir terkait pengertian dari indikator.

Mungkin secara sederhana kita bisa mengartikan istilah indikator sebagai kriteria acuan atau panduan untuk sesuatu.

Sampai di sini teman-teman sudah memahami ya apa yang dimaksud dengan indikator. Jadi dalam kehidupan sehari-hari pun kita menjumpai sesuatu yang memiliki indikator, misalnya lampu indikator pada penanak nasi atau rice cooker.

Dari indikator tersebut kita bisa tahu kapan nasi telah matang. Dan masih banyak contoh penggunaan indikator lainnya dalam kehidupan sehari-hari.


Fungsi Indikator


Pengertian Indikator dan Jenis-Jenis Indikator pada Masing-Masing Bidang
maxmanroe.com

Sebenarnya dari pengertian di atas sedikit banyak kita telah tahu apa sih fungsi indikator dan mengapa hal itu penting. Tetapi penjelasan lebih detailnya mengenai fungsi indikator secara umum dapat dilihat di bawah ini:

  • Menjadi pedoman dalam penilaian suatu hasil kegiatan
  • Sebagai acuan atau penunjuk adanya perubahan di dalam suatu kegiatan
  • Menjadi pedoman ketika menyusun alat ukur
  • Menjadi pedoman dalam pengembangan kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan, potensi, dan karakteristik tertentu
  • Sebagai pijakan ketika merencanakan dan melaksanakan sesuatu

 


Jenis-Jenis Indikator


jambi.tribunnews.com

Meskipun indikator digunakan dalam berbagai hal, tetapi paling tidak secara umum indikator terbagi menjadi tiga jenis yaitu indikator penelitian, indikator kerja, dan indikator pendidikan. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing jenis:

Indikator Penelitian

Sebuah indikator adalah hal yang lumrah atau bahkan wajib ada dalam sebuah penelitian. Karena memang hampir semua penelitian mempunyai sebuah tolak ukur supaya bisa menghasilkan penelitian yang valid.

Sejak kita di bangku Sekolah Menengah Pertama pun telah dikenalkan dengan indikator dalam sebuah penelitian, misalnya indikator asam basa yang juga memuat indikator universal atau kertas lakmus.

Indikator Kerja

Sebagaimana penyebutannya, indikator ini digunakan dalam dunia kerja. Meskipun secara konsep indikator kerja hampir sama dengan indikator penelitian.

Biasanya indikator yang digunakan di dunia kerja adalah seputar indikator finansial yang menilai kemajuan organisasi.

Atau juga indikator yang digunakan untuk menilai kinerja karyawan seperti ketepatan waktu, kualitas dan kuantitas pekerjaan, serta kemandirian.

Indikator Pendidikan

Dalam lembaga pendidikan, indikator adalah sesuatu yang harus dibuat terlebih dahulu. Fungsinya tentu saja untuk menjadi acuan ketika menilai kefektivitasan pendidikan yang diberikan.

Selain itu indikator pendidikan ini dibuat supaya para pendidik dan juga pengelola pendidikan mengetahui sejauh mana penguasaan dan pemahaman materi yang diperoleh siswa.

Setiap indikator ini pun bisa berbeda-beda tergantung pada instansi pendidikan, dan pastinya juga dengan mempertimbangkan potensi peserta didik.

Keyword: Pengertian Indikator

Sara Apriana
About Sara Apriana 454 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.