Pengertian Impuls | Masih Ingat dengan Pelajaran Fisika yang Satu ini?

Pengertian Impuls | Masih Ingat dengan Pelajaran Fisika yang Satu ini?
pandaibelajar.com

Pengertian impuls – Mungkin beberapa dari teman-teman pernah mendengar atau bahkan memahami istilah impuls.

Apakah impuls itu memiliki arti yang sama dengan impulsif? Tentu saja berbeda. Meskipun secara sekilas memang tampak sama.

Impuls ini merupakan istilah yang akan dijumpai ketika mempalajari ilmu fisika. Ya kita bisa mempelajarinya di bangku sekolah.

Impuls ini berkaitan erat dengan gaya, arah, dan semacamnya. Secara rinci penjelasan mengenai apa itu impuls, dan bagaimana cara menghitungnya, akan kami paparkan di bawah ini.

Kami juga akan memberikan beberapa contoh soal, yang semoga bisa dijadikan bahan pembelajaran untuk yang membutuhkan.


Pengertian Impuls


pelajaran.id

Supaya teman-teman tidak bingung lagi ketika mendengar istilah impuls, mari kita simak penjelasan tentang pengertian impuls berikut ini.

Jadi impuls bisa didefinisikan sebagai peristiwa gaya yang hanya membutuhkan waktu sedikit untuk bekerja pada sebuah benda.

Kalau pengertian di atas kurang mudah dipahami mari simak pemaparan ini, sebuah benda yang diam dapat bergerak karena adanya sebuah gaya yang bekerja pada jarak waktu tertentu. Nah gaya yang bekerja pada jarak waktu tertentu itu disebut dengan impuls.

Misalnya nih ketika kamu menendang bola, pasti dibutuhkan gaya untuk membuat bola bergerak, dan juga dibutuhkan selang waktu (interval) sebelum kaki seseorang menyentuh bola.

Lalu apa fungsinya impuls ini? impuls berkaitan dengan arah, jadi dengan impuls kamu bisa mengurangi, menambah, dan bahkan mengubah arah momentum dalam satuan waktu.

Kalau pada contoh kasus menendang bola, berarti dengan impuls ini kamu bisa mengukur kekuatan dan kecepatan yang kamu gunakan untuk membuat bola tepat pada sasaran yang diinginkan.


Rumus Dasar Impuls


Pengertian Impuls | Masih Ingat dengan Pelajaran Fisika yang Satu ini?
rumusmatfis.blogspot.com

Setelah mempelajari definisi dari impuls, tahap selanjutnya adalah mengetahui juga bagaimana cara menghitungnya.

Untuk bisa menghitung impuls, tentu terdapat rumus atau formula yang bisa memudahkan teman-teman. Rumus impuls tersebut jika ditulis secara matematis adalah:

I = (F)(Δt)

Keterangan:

I = impuls

F = gaya (newton)

Δt = selang waktu (sekon)


Keterkaitan Impuls dengan Momentum


Pengertian Impuls | Masih Ingat dengan Pelajaran Fisika yang Satu ini?
fisikazone.com

Rumus di atas merupakan rumus dasar untuk mencari impuls. Sayangnya impuls berhubungan erat dengan hukum newton yang nantinya kan melahirkan rumus-rumus baru, yang juga akan menjelaskan bagaimana hubungan antara impuls dengan momentum.

Adapun hubungan impuls dengan momentum menyatakan bahwa besarnya impuls yang ada pada suatu benda sama besarnya dengan perubahan momentum benda.

Kesimpulan ini dapat dilihat dari beberapa rumus turunan berikut ini:

Jika rumus gaya F (gaya)  = m (massa) x a (percepatan) dimasukan dalam rumus impuls I = F. Δt , maka akan menghasilkan:

I = F. ∆t

I = m . a ( t2 – t1 )

I = mv/t ( t2 – t1 )

I = m . v1 – m . v2

Tetapi apabila terjadi perubahan kecepatan pada suatu benda, maka momentum pada benda tersebut juga akan berubah. Hal ini dikarenakan momentum merupakan perkalian antara kecepatan dengan massa benda.

p = m. v

keterangan:

p = momentum

m = massa

v = kecepatan

Perubahan momentum tersebut dinamakan dengan impuls (J). Adapun besar impuls dilihat dari selisih momentum awal dan akhir.

J = ∆p

J = m (v2 – v1)

F = J / t (gaya = impuls/waktu)

Salah satu contoh dari adanya perubahan momentum karena impuls adalah ketika mengerem atau mempercepat kendaraan.

adjiebrotots.com

Pengertian Impuls: Contoh Soal


Pengertian Impuls | Masih Ingat dengan Pelajaran Fisika yang Satu ini?
doninurdians.com

Berikut ini kami sertakan beberapa contoh soal yang berhubungan dengan impuls, semoga dengan adanya beberapa soal di bawah ini teman-teman tidak hanya memahami tentang pengertian impuls saja, melainkan juga cara menghitungnya dengan tepat.

Jadi ketika nantinya dihadapkan pada soal-soal ujian tentang impuls, teman-teman pun sudah terlatih untuk menjawabnya.

Contoh soal di bawah ini kami rangkum dari sumber terpercaya, jadi kalian tak perlu hawatir ya. Yuk langsung saja kita perhatikan contohnya di bawah ini:

Contoh 1

Bila sebuah motor bermassa 125 kg berlaju dengan kecepatan 20 m/s kemudian dipercepat menjadi 60 m/s dalam waktu 5 sekon. Maka, besar impuls yang terjadi yaitu ialah:

I = m (v2 – v1)

= 125(60 – 20)

= (125)(40)

= 5000 kg m/s.

Contoh 2

Sebuah bola di tendang dengan massa 200 gram dan menggelinding ke arah timur dengan kecepatan 2 m/s. Dan di tendang dalam waktu 0,1 sekon. Sehingga kecepatan nya akan menjadi 8 m/s pada arah yang sama. Maka tentukanlah sebuah gaya yang diberikan kaki dari penendang tadi terhadap bola !

I = F . Δt

I = mvt – mv0

F . Δt = mvt – mv0

F = m (mvt – mv0 ) / Δt

F = 0,2 ( 8 – 2 ) / 0,1

F = 12 N

Contoh 3

Sebuah benda bermassa 5 kg mengalami perubahan kecepatan dari 10 m/s menjadi 15 m/s. Tentukan impuls yang bekerja pada benda!

Pembahasan:

Diketahui:

m = 5 kg

v1 = 10 m/s

v2 = 15 m/s

Ditanya: ….I?

Jawab:

Rumus dasar impuls yaitu perubahan momentum benda.

I = P2 − P1

I = mv2 − mv1

I = m(v2 − v1)

Sehingga:

I = m(v2 − v1)

I = 5 (15 − 10) = 25 kg m/s

Penutup

Demikianlah artikel yang bisa kami sajikan, semoga sedikit banyak bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian. Mari terus belajar sampai tak pernah sampai.

Keyword: Pengertian Impuls

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.