Pengertian Globalisasi | Dampak Positif dan Dampak Negatifnya

Pengertian Globalisasi dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan Masyarakat
salamadian.com

Globalisasi merupakan proses integrasi secara internasional yang terjadi dikarenakan perukaran informasi, pandangan dunia, pemikiran, produk, dan juga aspek-aspek kebudayaan yang lainnya. Proses globalisasi sendiri dipengaruhi oleh berbagai macam faktor.

Namun faktor utama yang umum diketahui saat ini adalah karena adanya teknologi internet yang memudahkan siapa saja untuk mendapatkan informasi dari mana saja dan kapan saja. Globalisasi umumnya menyeluruh pada berbagai bidang mulai dari ekonomi, gaya hidup, dan juga aspek kehidupan lainnya.

Secara etimologi, kata globalisasi berasal dari kata globalize yang merupakan rujukan pada adanya kemunculan jaringan sistem sosial dan juga ekonomi dengan skala internasional. Penambahan kata ization yang membuatnya menjadi globalization memiliki arti proses mendunia.


Pengertian Globalisasi


√ Pengertian Globalisasi | Dampak Positif dan Dampak Negatifnya
pixabay.com

Berikut merupakan pengertian globalisasi yang merujuk pada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) dan beberapa ahli:

1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Globalisasi merupakan proses masuknya berbagai macam hal ke ruang lingkup dunia. Salah satu yang tidak dapat dihindari seperti siaran televisi atau internet (sekarang ini).

2. Achmad Suparman

Globalisasi merupakan porses dimana menjadikan suatu hal baik berupa benda atu perilaku sebagai salah satu ciri dari tiap individu yang ada di dunia ini tanpa terbatasi oleh wilayah.

3. Anthony Giddens

Globalisasi merupakan adanya hubungan sosial yang intens secara mendunia yang mengakibatkan adanya hubungan antara peristiwa/hal/sesuatu yang terjadi di satu lokasi dengan lokasi lainnya. Hal ini juga menyebabkan adanya perubahan pada keduanya.

4. Emanuel Ritcher

Globalisasi merupakan jaringan kerja secara global yang dapat mempersatukan masyarakat secara bersamaan. Jika sebelumnya tersebar di berbagai tempat, dengan globalisasi maka menjadi saling ketergantungan dan menunjukkan persatuan dunia.

5. Laurence E. Rothernberg

Globalisasi merupakan percepatan dari interasksi sosial dan juga integrasi antar individu, perusahan dan juga pemerintah dari wilayah, tempat, atau negara yang berbeda-beda.


Dampak Positif Globalisasi


√ Pengertian Globalisasi | Dampak Positif dan Dampak Negatifnya
pixabay.com

Globalisasi memiliki beberapa dampak positif yang diantaranya adalah:

  • Berkembangnya teknologi informasi secara pesat.
  • Mudahnya dalam mendapatkan berbagai kebutuhan dan juga keperluan pribadi.
  • Memudahkan dalam pengembangan ilmu pengetahuan karena mudahnya akses informasi.
  • Mudah dan cepat dalam menyebarkan informasi atau mendapatkan informasi.
  • Membuat sikap toleran dan kosmopolitan pada masyarakat dunia meningkat.
  • Membuat hubungan internasional tiap negara menjadi semakin baik.
  • Memudahkan ketika bertransaksi secara online, baik dalam negeri atau luar negeri.
  • Adanya peningkatan pada hubungan tiap negara di sektor ekonomi.

Dampak Negatif Globalisasi


√ Pengertian Globalisasi | Dampak Positif dan Dampak Negatifnya
pixabay.com

Selain cukup banyak dampak positif dari globalisasi, ternyata ada cukup banyak juga dampak negatif dari globalisasi. Berikut merupakan diantaranya:

  • Dapat meningkatkan potensi terjadinya tindakan kriminal karena mudahnya informasi dan meniru kejadian yang ada di negara lain.
  • Dapat menimbulkan konlik di masyarakat karena mudahnya informasi, maka mudah juga masuknya paham, pandangan atau ideologi yang tidak sesuai dengan ideologi negara yang sudah ada.
  • Dapat membuat masyarakat menjadi lebih konsumtif daripada produktif karena di dalam dirinya meniru tren yang ada di luar negeri.
  • Dapat membuat masyarakat menjadi terpengaruh oleh budaya dari negara lain yang tidak sesuai dengan budaya di negaranya sendiri, dan budaya yang ada di negaranya sendiri dapat semakin terkikis.
  • Dapat menimbulkan berbagai macam informasi yang tidak akurat dan dapat menimbulkan keresahan di masyarakat, karena siapa saja dapat dengan mudah dan cepat menyebarkan informasi.
  • Dapat membuat sebagian masyarakan menjadi lebih tertutup dan karena mereka tidak ingin terpengaruh oleh globalisasi.
  • Dapat membuat berkurangnya rasa nasionalisme pada masyarakat karena negaranya sendiri kerap kali dibandingkan dengan negara lain yang lebih maju atau superior.

Keyword: Pengertian Globalisasi

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.