Pengertian Geografi | Konsep dan Prinsip-Prinsipnya

Pengertian Geografi, Konsep, serta Kaitannya dengan Lingkungan
salamadian.com

Geografi merupakan ilmu yang mempelajadi hal-hal mengenai lokasi, persamaan dan juga variasi bentuk keruangan dari fenomena fisik dan juga manusia di atas permukaan bumi. Geografi tidak hanya sekadar ilmu studi mengenai peta.

Penjelasan umum mengenai geografi lainnya ialah merupakan studi mengenai hal-hal termasuk ciri fisik bumi, atmosfernya, dan juga aktivitas manusia, baik itu yang mempengaruhi atau yang dipengaruhi, termasuk juga distribusi dari sumber daya, pengguanaan lahan, industri dan juga populasi.

Secara etimologi, kata geografi berasal dari bahasa Yunani geo yang memiliki arti bumi dan graphein yang memiliki arti tulisan atau menjelaskan. Geograf atau geographer merupakan istilah untuk menyebutkan para sarjana, penulis dan praktisi di bidang geografi.


Pengertian Geografi


√ Pengertian Geografi | Konsep dan Prinsip-Prinsipnya
geografi.org

Berikut merupakan pengertian geografi yang merujuk pada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), IGI (Ikatan Geografi Indonesia) dan beberapa ahli:

1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Geografi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai permukaan bumi, iklim, flora, fauna, penduduk, dan juga hasil yang diperoleh dari bumi. Geografi juga memiliki cabang ilmu yang mempelajari menegenai ciri-ciri, sifat, permukaan bumu, atmosfer, iklim dan lain sebagainya.

2. IGI (Ikatan Geografi Indonesia)

Geografi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang persamaan dan juga perbedaan dari fenomena geosfer dengan menggunakan sudut pandang kewilayahan, dan juga lingkungan yang masih dalam konteks keruangan.

3. Frank Debenham

Geografi merupakan suatu ilmu yang melakukan penafsiran tentang persebaran fakta, menemukan hubungan antara lingkungan fisik dengan manusia, dan juga menjelaskan interaksi manusia dengan alam.

4. Herioso Setiyono

Geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik manusia dan lingkungannya, juga merujuk pada pola persebarannya secara horizontal di permukaan bumi.


Konsep Geografi


√ Pengertian Geografi | Konsep dan Prinsip-Prinsipnya
travel.tribunnews.com

Berdasarkan penjelasan dari pengertiannya, geografi juga memiliki beberapa konsep yang diantaranya adalah:

1. Konsep Lokasi

Untuk mengetahui berbagai fenomena geosfer, konsep lokasi merupakan konsep utama yang digunakan.

2. Konsep Jarak

Merupakan konsep yang diguanakan untuk mengukur jarak geometric yang dinyatakan ke dalam satuan panjang kilometer dan juga jarak waktu yang diukur dengan jarak tempuh.

3. Konsep Keterjangkauan

Merupakan konsep yang menggambarkan mengenai mudah atau tidaknya suatu lokasi agar dapat di jangkau. Misalnya Jakarta-Surabaya dapat ditempuh menggunakan bus, kereta atau pesawat.

4. Konsep Pola

Merupakan konsep dari tatanan geometris yang terstruktur dan beraturan. Misalnya konsep pola pemukiman yang memanjang karena mengikuti sungai ataupun jalan raya.

5. Konsep Geomorfologi

Merupakan ilmu yang mempelajari mengenai bentuk dari permukaan bumi.

6. Konsep Aglomerasi

Merupakan konsep yang cenderung mengelompokan suatu gejala tertentu yang berkaitan dengan aktivitas manusia.

7. Konsep Nilai Kegunaan

Merupakan konsep yang bersifat relative karena manfaat yang diberikan wilayah tertentu di bumi pada makhluk hidup disekitarnya tidak sama pada semua orang di daerah lainnya.

8. Konsep Interaksi Interdependensi

Merupakan konsep di mana terjadinya hubungan yang saling mempengaruhi satu sama lainnya diantara gejala dengan gejala lainnya.

9. Konsep Diferensiasi Area

Merupakan beberapa fenomena yang berbeda baik di tempat yang satu dan juga tempat lainnya.

10. Konsep Keterkaitan Keruangan

Merupakan keterkaitan atau adanya hubungan keruangan antar fenomena dengan fenomena lainnya.


Prinsip Dasar Geografi


√ Pengertian Geografi | Konsep dan Prinsip-Prinsipnya
pixabay.com

Geosfer dalam geografi merupakan suatu lapisan yang mencakup pada keseluruhan komponen yang ada di permukaan bumi baik fisi atau non fisik dan juga merupakan objek material dalam geografi. Berikut merupakan prinsip dasar dalam geografi dalam menganalisis gejala dari geosfer:

1. Prinsip Persebaran

Merupakan persebaran bentang alam yang ada di permukaan bumi yang tidak merata yang membuat tiap wilayah yang ada di permukaan bumi berbeda antara satu dengan lainnya.

2. Prinsip Interelasi

Merupakan fenomena geosfer yang memiliki hubungan dengan geosfer lainnya, gejala yang satu dengan yang lainnya.

3. Prinsip Deskripsi

Merupakan prinsip yang digunakan untuk menggambarkan mengenai fenomena geosfer namun memerlukan deskripsi, baik itu melalui tulisan, table, gambar atau bahkan grafik.

4. Prinsip Kronologi

Merupakan Prinsip untuk menganalisis suatu wilayah tertentu yang berdasar pada prinsip-prinsip sebelumnya, maka suatu wilayah tertentu yang ada di permukaan bumi memilki karakteristik tertentu.

Keyword: Pengertian Geografi

Sara Apriana
About Sara Apriana 454 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.