Pencemaran Air | Sumber-Sumber serta Parameter yang Mempengaruhi

Pencemaran Air | Sumber-Sumber serta Parameter yang Mempengaruhi
water-pollution.org.uk

Pencemaran air merupakan sebuah kondisi dimana air di lingkungan sekitar tercemar oleh zat-zat beracun. Kondisi air atau perairan yang tercemar biasanya tidak layak di konsumsi. Kalaupun ingin di konsumsi, air tersebut harus melewati proses penyaringan dan pemurnian agar bisa dikonsumsi.


Pencemaran Air


Air tidak pernah murni kecuali dalam bentuk uap air. Bisa dikatakan kalau uap air seperti ekstrak dari air itu sendiri sehingga kondisinya lebih murni dibanding tubuh utamanya. Ini seperti halnya produk yang disuling atau dicari ekstraknya lewat pembakaran atau pemanasan. Biasanya hasil yang didapat adalah yang paling murni.

Air selalu mengandung kotoran baik dari alam maupun yang berasal dari limbah akibat aktivitas manusia dan makhluk hidup lainnya. Konsentrasi 〖Ca〗^(2+) dan 〖Mg〗^(2+) selalu terdapat di dalam air bawah tanah yang berasal dari pelarutan mineral tanah.

care2.com

Apabila air mengandung ammonia, nitrit atau nitrat, maka air tersebut kemungkinan besar telah tercemar oleh limbah. Baik limbah dari aktivitas pertanian, domestik, maupun kegiatan industri. Padahal air sangat dibutuhkan untuk dipergunakan sehari-hari.

Penentu Pencemaran Air

Agar air dapat digunakan secara semestinya, maka kriteria fisika, kimia, dan biologi telah sesuai kriteria. Untuk hal tertentu, kualitas air dapat dimodifikasi sehingga air tersebut dapat memenuhi kriteria yang dianjurkan.

Sifat-sifat standar fisika air dapat dilihat dari warna, kekeruhan, bau, rasa, suhu, dan padatan. Sedangkan sifat-sifat kimia air dapat dibagi ke dalam dua kategori, aykni kimia organik dan kimia anorganik.

Selain itu, dalam menentukan kriteria kualitas air dilihat pula dari kelarutan gas. Apabila ada kontak antara udara dengan air, maka komponen-komponen gas yang ada di dalam udara akan berpindah ke dalam air. Untuk itu diperlukan juga uji kelarutan gas dalam air.

 

Kondisi apakah air tersebut tercemar atau tidak ditentukan oleh standar kualitas air dan parameter-parameternya. Selain itu, perlu dilihat juga sifat-sifat air tersebut, baik dari segi fisika, kimia anorganik, kimia organik, dan kelarutan gas apakah mengalami perubahan atau tidak. Ketika air tersebut tercemar, maka sifat-sifat asli air tentu akan berubah.

Pencemaran dan degradasi kualitas air tentu akan mengganggu penggunaan air secara vital. Tidak hanya itu, pencemaran air juga mengganggu dari skala likal, regional, hingga ke tingkat internasional. Sehingga kriteria dan standar kualitas air diperlukan untuk menjamin kualitas yang layak dari sumber air.

Kualitas Air

Kualitas dan standar air cukup beragam yang mungkin berasal dari sejumlah metode. Standar internasional untuk mengukur kualitas air dibuat oleh WHO (World Health Organization) dan EU (European Union). Sementara standar regional atau standar lokal disusun oleh pelaksana pemerintahan lokal.

pencemaran air
nanosmartfilter.com

Tingkatan standar kualitas air disusun berdasarkan parameter kimia dan mikroba. Gunanya untuk mempertahankan kualitas air dengan mengambil pengetahuan tentang penggunaan air yang berbeda. Tujuan utama dibuatnya standar tak lain untuk melindungi pengguna akhir. Pengguna yang dimaksud adalah manusia, hewan domestik, maupun pabrik.

Penentuan Kualitas Air

Penentuan kualitass air merupakan prosedur penting bagi kehiddupan masyarakat modern seperti sekarang ini. Awalnya, metode yang digunakan sangat sederhana dan subjektif. Dimana air hanya dilihat dari keadaan, seperti baunya, bersih tidaknya air dari warna atau kenampakannya, dan sebagainya.

history.com

Penentuan kualitas air seperti itu dianggap sudah memadai untuk beberapa pengguna, tetapi air merupakan pelarut yang paling baik. Sehingga bisa saja di dalam air terkandung berbagai bahan terlarut berbahaya yang membutuhkan metode penentuan yang lebih akurat.
Metode penentuan kualitas air biasanya dilakukan melalui teknik analisis hidrokimia. Setiap parameter kimia harus sesuai standar yang berlaku. Air yang dkonsumsi harus diukur secara rutin untuk memenuhi standar kualitas bagi berbagai tujuan.

 

pencemaran air
kompasiana.com

Keyword: Pencemaran Air

Sara Apriana
About Sara Apriana 454 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.