Nama-Nama Planet yang Ada dalam Tata Surya Lengkap

nama-nama planet
skyandtelescope.com

Nama-nama planet – Planet merupakan bagian dari tata surya yang pada zaman dahulu hanya dianggap sebagai mitos dewa-dewa, sebagaimana manusia di zaman kuno menganggap bahwa terjadinya bencana karena amarah dari para dewa.

Namun seiring perkembangan ilmu pengetahuan, manusia mampu membuktikan benda-benda langit dan kejadian alam semesta secara ilmiah.

Dan secara ilmiah planet merupakan benda langit yang mengelilingi suatu bintang dengan lintasan dan kecepatan tertentu.

Di dalam tata surya matahari adalah pusat, dan planet bergerak mengelilinginya. Lalu jika planet-planet tersebut mengelilingi matahari mengapa tidak saling bertabrakan?

Hal ini dikarenakan setiap planet memiliki orbit atau lintasan maya berbentuk elips. Dan selama planet berada pada orbitnya maka tidak akan terjadi tabrakan antar planet.

Tetapi ngomong-ngomong planet itu ada berapa sih? apa saja nama-nama planet? Dan bagaimana ciri-cirinya? Nah pertanyaan tersebut akan kami jabarkan satu persatu di bawah ini:

Nama-Nama Planet Berdasarkan Urutannya (Terdekat dari Matahari)

Nama-Nama Planet yang Ada dalam Tata Surya Lengkap
suara.com

Berikut ini akan kami infokan nama-nama planet yang ada dalam tata surya yang diurutkan berdasarkan letak atau jaraknya dari matahari:

1. Merkurius

saintif.com

Planet yang paling dekat dengan matahari ini dinamai dengan Merkurius atau Mercury. Jarak antara merkurius dan matahari adalah 57 juta kilometer. Jarak tersebut adalah yang paling dekat dengan matahari dibanding planet lainnya.

Planet terkecil dalam tata surya ini memiliki diameter sekitar 4879,4 kilometer. Karena jaraknya yang dekat tersebut, maka waktu yang dibutuhkan untuk berevolusi hanya 88 hari, sedangkan waktu rotasinya 59 hari.

2. Venus

space.com

Urutan kedua yang dekat dengan matahari adalah venus. Planet ini cukup unik karena arah rotasi yang dimilikinya berkebalikan dengan planet lainnya. Jadi di planet venus matahari akan terbit dari Barat dan tenggelam di Timur.

Selain itu Venus juga merupakan planet terpanas dalam tata surya karena memang suhu rata-ratanya sangat tinggi.

Diameter yang dimiliki planet ini adalah 4879,4 kilometer. Untuk rotasinya Venus membutuhkan waktu selama 234 hari dan waktu revolusi 225 hari. Hal ini berarti satu tahun di Venus lebih lama dari satu tahun di Bumi.

3. Bumi

netralnews.com

Kita tahu bahwa planet yang kita tinggali ini merupakan satu-satunya planet di dalam tata surya yang dihuni oleh makhluk hidup.

Kurang lebih terdapat 7 miliar manusia yang menempati bumi, dan masih banyak mahkluk hidup lain seperti hewan, tumbuhan, serta organisme yang tidak terhitung jumlahnya.

Planet ini terdiri dari nitrogen sebanyak 78% dan oksigen 21% serta  gas lainnya. Karena komposisi tersebut Planet Bumi bisa ditinggali oleh makhluk hidup.

Bumi mempunyai ribuan satelit buatan, dan hanya satu satelit alami yaitu bulan. Jarak antara bumi dan matahari sejauh 150 juta kilometer. Waktu yang dibutuhkan bumi untuk berotasi adalah 24 jam dan berevolusi selama 365 hari.

4. Mars

bbc.co.uk

Planet yang dikenal dengan Red Planet ini memang memiliki warna kemerah-merahan dan merupakan planet terkecil kedua setelah merkurius.

Mars memiliki dua satelit alam yaitu Phobos dan Deimos. Diameternya mencapai 6704 kilometer. Karena jaraknya dekat dengan bumi maka waktu rotasinya pun tak jauh berbeda dengan planet bumi yaitu 25 jam. Sedangkan untuk waktu revolusinya membutuhkan  687 hari.

5. Yupiter

liputan6.com

Diameter yang dimiliki oleh planet jupiter mencapai 142.984 kilometer, yang artinya jupiter merupakan planet terbesar dalam tata surya.

Jika dibandingkan dengan bumi luas jupiter lebih besar 120 kali lipat. Selain itu waktu yang dibutuhkan untuk berevolusi adalah 11 tahun, sedang waktu rotasinya hanya 10 jam. Jupiter terdiri dari gas hidrogen sebanyak 89% dan helium 10%

6. Saturnus

medium.com

Planet dalam tata surya yang merupakan terbesar kedua setelah jupiter adalah saturnus. Tak hanya itu saturnus juga dianggap sebagai planet yang paling indah karena memiliki cincin dan terlihat sangat jelas.

Planet yang terbuat dari bongkahan es ini mempunyai diameter mencapai 120.536 kilometer. Waktu yang dibutuhkan untuk rotasi hanya 11 jam, dan waktu revolusinya 29 tahun.

7. Uranus

suratkabar.id

Sebenarnya planet uranus juga memiliki cincin, hanya saja memang tidak begitu jelas terlihat. Planet ini juga dilapisi oleh lapisan es dan menjadi planet yang paling dingin kedua setelah neptunus. Rata-rata suhu pada planet ini mencapai 76 derajat kelvin.

Diameter uranus mencapai 50.724 kilometer, dan memiliki waktu rotasi 17 jam serta waktu revolusi 84 tahun.

8. Neptunus

liputan6.com

Planet yang memiliki jarak paling jauh dari matahari setelah pluto dihapus dari planet adalah neptunus. Jarak tersebut bisa mencapai 4,5 miliar kilometer.

Neptunus ini mempunyai 14 satelit alami dan juga diameter sebesar 49.530 kilometer. Waktu yang dibutuhkan untuk rotasi adalah 16 jam.

Tetapi waktu revolusinya sangatlah lama yaitu selama 165 tahun. Planet yang dikenal dengan Planet Biru ini memiliki komposisi lapisan es yang sangat banyak.

Nisalutfi
About Nisalutfi 176 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.