Metamorfosis Kupu-Kupu Beserta Proses dan Perilakunya

Metamorfosis Kupu Kupu Beserta Proses dan Perilakunya
jempolkaki.com

Metamorfosis kupu-kupu – Istilah metamorfosis ini sudah dipelajari di bangku sekolah tepatnya yakni pada materi pengetahuan alam.

Jadi kami yakin kalau banyak dari teman-teman yang tidak asing dengan istilah tersebut, meskipun tidak semua paham maksudnya.

Metamorfosis sendiri merupakan proses pertumbuhan yang terjadi pada hewan, dimana pada proses tersebut akan terjadi perubahan struktur fisik mulai dari telur, menetas, sampai ia menjadi dewasa.

Proses metamorfosis tersebut dialami oleh hewan-hewan tertentu salah satunya adalah kupu kupu. Kupu-kupu ini bahkan mengalami proses metamorfosis yang sempurna, mengapa demikian?

Sebab terdapat 4 tahap yang akan mengubah struktur fisik secara total, yakni mulai dari telur, larva, kepompong, dan berubah sempurna menjadi kupu-kupu.

Karena metamorfosis kup- kupu tersebut sempurna maka waktu yang dibutuhkan pun lebih lama dibanding metamorfosis pada serangga.

Adapun penjelasan mengenai proses atau tahapan metamorfosis kupu kupu tersebut dapat disimak di bawah ini:


Proses Metamorfosis Kupu-Kupu


rumus.co.id

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa kupu kupu mengalami metamorfosis sempurna yang melewati 4 tahap, yaitu:

1. Telur

Proses pertama dalam metamorfosis ini adalah telur. Ya pada umumnya kupu-kupu dewasa akan meletakkan telurnya pada ujung atau di bawah daun yang disukainya. Lalu dalam kurun waktu 3 – 5 hari telur tersebut akan menetas.

2. Larva (ulat)

pasberita.com

Telur akan menetas menjadi wujud larva atau yang biasanya juga disebut dengan ulat. Ulat ini akan keluar dari cangkangnya dan mencari makan sendiri. Pada tahap ini ulat akan mengalami pergantian kulit sebanyak 5-6 kali, dan hal tersebut adalah proses yang alami.

Kalau ulat sudah cukup makan dan siap berubah menjadi kepompong maka ia akan mencari tempat sendiri.

3. Kepompong (pupa)

Kita bisa menemukan kepompong ini terbungkus pada sesuatu yang keras dan berwarna cokelat. Nah berbeda dengan sebelumnya kepompong tidak membutuhkan makanan atau minuman selama 7 – 20 hari atau sampai ia berubah menjadi kupu kupu. Waktu perubahan dari kepompong menjadi kupu ini berbeda beda.

Kupu-kupu (imago)

thephotograph.co.id

Tahap terakhir dalam metamorfosis ini adalah imago atau proses kepompong yang akan berubah menjadi kupu-kupu.

Pada tahap ini kupu-kupu yang lahir pun belum sempurna benar. Mulanya kupu tersebut keluar dari kepompong dengan sayap yang kecil dan dipenuhi oleh cairan yang disebut hemolymph.

Fungsi dari cairan ini akan membantu pertumbuhan sayap kupu menjadi lebih besar lagi. Lalu jika kupu kupu mampu keluar dari kepompong dengan sempurna, maka tubuh termasuk sayapnya akan mengering dan dapat berfungsi dengan baik.

Perilaku Kupu-Kupu

Metamorfosis Kupu-Kupu Beserta Proses dan Perilakunya
nakamabutterfly.blogspot.com

Kupu-kupu ini bukan merupakan hewan nokturnal, karena itu kebiasaan kupu-kupu pada umumnya seperti manusia dan hewan normal lainnya, yakni aktif pada siang hari dan tidur di malam hari.

Kupu-kupu juga termasuk kategori hewan yang mencari makan secara individual bukan kolektif. Hanya pada waktu atau fase reproduksi saja kupu-kupu akan berkumpul dan berkelompok.

Makanan yang diserap oleh kupu-kupu adalah nextar atau sari buah dan sari bunga. Tetapi pada spesies tertentu kupu-kupu juga memakan bangkai hewan dan juga tanah yang basah.

Kemampuan terbang yang dimiliki kupu-kupu bisa mencapai tinggi 2-3 meter. Ukuran sayap kupu-kupu bisa mempengaruhi ketinggian terbangnya loh. Semakin besar ukuran sayapnya semakin tinggi kemampuan terbangnya.

Ciri-Ciri Kupu-Kupu

Metamorfosis Kupu-Kupu Beserta Proses dan Perilakunya
generasibiologi.com

Di bawah ini kami juga akan membagikan informasi tentang ciri-ciri yang dimiliki oleh kupu-kupu, apa saja itu? simak penjelasan di bawah ini:

  • Bernapas dengan menggunakan trakea
  • Memiliki mata yang banyak
  • Memiliki perut atau abdomen
  • Memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari sayapnya
  • Memiliki kulit yang berasal dari kitin
  • Memiliki tiga pasang kaki, sekaligus telapak kaki yang halus

Penutup

Demikianlah artikel tentang metamorfosis kupu-kupu yang bisa kami sajikan, semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian. Selamat belajar dengan asik dan riang gembira!

Keyword: Metamorfosis Kupu Kupu

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.