Macam-Macam Bencana Alam Beserta Penjelasannya (Lengkap)

4 Macam-Macam Bencana Alam Beserta Penjelasannya (Lengkap)
uniqpost.com

Macam-macam bencana alam – Kita menyebutnya bencana, ketika sesuatu yang buruk tiba-tiba menimpa diri kita.

Bencana itu bisa datang dari mana saja, baik di sengaja oleh manusia atau memang alamiah terjadi karena bumi yang semakin tua.

Bahkan alam yang selama ini memberi banyak kepada kita suatu waktu ia bisa menjadi bencana untuk manusia.  

Bencana alam begitu orang-orang menamainya. Bencana yang menunjukkan bahwa alam sedang tidak baik-baik saja.

Sebab dari bencana alam ini beragam, ada yang alamiah terjadi karena aktivitas bumi seperti gunung meletus, gempa bumi, dan semacamnya. Tetapi banyak pula bencana alam yang memang disebabkan oleh kelalaian dan keserakahan manusia, yang membuat alam tidak seimbang.

Oleh karena itu pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan membagikan informasi mengenai macam-macam bencana alam, supaya kita semua jadi tahu perbuatan apa saja yang membuat alam semakin tidak seimbang dan menimbulkan bencana.

Lalu harapannya kita semua bisa bersama-sama merawat bumi dan seisinya dengan lebih baik lagi.


Jenis Bencana Alam Berdasarkan Tempat Terjadinya


Sebelum kita membahas mengenai jenis bencana alam, mari kita definisikan terlebih dahulu secara rinci apa sih yang dimaksud dengan bencana alam?

Jadi singkatnya bencana alam merupakan bencana yang disebabkan oleh peristiwa alam yang menimbulkan kerugian untuk manusia seperti mengakibatkan adanya korban jiwa.

Tetapi peristiwa alam tersebut pun bisa dipengaruhi oleh faktor internal yaitu karena memang aktivitas alam, atau faktor eksternal, yaitu campur tangan manusia.

Secara umum kita bisa menggolongkan bencana alam menjadi tiga jenis, apa saja ? mari simak penjelasannya di bawah ini:

1. Jenis bencana alam geologi

Macam-Macam Bencana Alam
Pasca bencana gempa bumi via nationalgeographic.com

Seperti namanya, penyebab utama bencana alam ini adalah karena adanya peristiwa atau aktivitas geologi pada permukaan bumi. Bencana alam yang termasuk dalam jenis ini adalah gempa bumi, gunung meletus, tanah longsor, dan tsunami.

2. Bencana alam Meteorologi

macam-macam bencana alam
regional.kompas.com

Jenis bencana alam yang satu ini sangat erat kaitannya dengan perubahan iklim, sehingga wilayah yang terdampak cukup luas meskipun hanya pada wilayah tertentu saja.

Contoh dari bencana jenis ini adalah kekeringan, atau banjir yang terjadi karena perubahan iklim sekaligus dampak dari pemanasan global. Inilah jenis bencana alam yang bisa disebabkan oleh ulah manusia pula.

3. Jenis bencana alam ekstra-terestial

Jenis bencana alam yang terakhir ini terjadi di luar angkasa, sehingga dampaknya biasanya tidak langsung dirasakan oleh bumi karena terdapat atmosfir. Misalnya hujan meteor atau badai matahari.


Macam-macam Bencana Alam


Sebenarnya terdapat banyak sekali macam-macam bencana yang bisa digolongkan menjadi bencana alam, tetapi di bawah ini kami akan menyebutkan beberapa macam bencana yang sering atau pernah terjadi di Indonesia:

1. Tanah Longsor

Macam-Macam Bencana Alam Beserta Penjelasannya (Lengkap)
merdeka.com

Adalah bencana alam yang terjadi karena di permukaan bumi terjadi pergerakan masa tanah atau batuan dengan berbagai jenis.

Biasanya peristiwa tanah longsor ini terjadi di wilayah yang berada pada daratan miring, seperti di lereng-lereng bukit atau pegunungan.

Pemicu dari bencana alam ini adalah curah hujan yang tinggi dan juga gundulnya pepohonan atau hutan karena deforestasi.

2. Kebakaran Hutan

Salah satu bencana yang sering terjadi di Indonesia adalah kebakaran hutan, karena memang di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali hutan.

Bencana alam ini bisa disebabkan oleh dua hal, pertama karena memang faktor alam seperti kemarau yang panjang. Juga karena ulah manusia yang sengaja membakar hutan untuk pembukaan lahan.

3. Kekeringan

Macam-Macam Bencana Alam Beserta Penjelasannya (Lengkap)
cnnindonesia.com

Kekeringan juga menjadi salah satu macam bencana alam yang pernah terjadi di Indonesia dan harus diwaspadai.

Seperti yang kita tahu penyebabnya tentu karena habisnya cadangan air karena musim kemarau dan diperparah dengan ulah manusia yang tidak bisa mengelola sumber mata air dengan bijak.

4. Banjir

Kebalikan dari bencana kekeringan, banjir biasanya terjadi karena curah hujan yang sangat tinggi. Tetapi kemudian diperparah oleh manusia yang membuat air tidak bisa meresap ke tanah.

Beberapa daerah di Indonesia sudah menjadi langganan banjir, dan sayangnya belum ada penanggulangan yang tepat untuk bencana tersebut.

5. Gempa Bumi

Gempa bumi juga menjadi salah satu bencana yang kerap terjadi di Indonesia, hal ini karena memang secara geologis Indonesia berada pada ring of fire, titik yang rawan akan bencana tersebut.

Bencana gempa ini terjadi karena adanya pelepasan energi yang disebabkan oleh pergesekan atau pergerakan lempeng/kerak bumi.

Hal tersebut kemudian membuat bumi bergetar atau berguncang dan menciptakan gelombang seismik.

6. Tsunami

Macam-Macam Bencana Alam Beserta Penjelasannya (Lengkap)
idntimes.com

Peristiwa tsunami di Aceh, Padang, Lombok dan beberapa daerah di Indonesia memang cukup traumatik.

Pasalnya bencana ini selalu menelan banyak korban jiwa. Bencana ini dipicu oleh adanya gempa bumi yang berpusat di tengah laut, letusan gunung berapi di bawah laut, dan juga longsoran dasar laut.

7. Gunung Meletus

Gunung meletus juga sering dijumpai di Indoensia karena memang banyak sekali gunung berapi di Indonesia.

Terjadinya gunung meletus ini disebabkan oleh endapan magma dalam perut bumi yang terdorong gas bertekanan tinggi.

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.