Letak Geologis Indonesia serta Keuntungannya untuk Indonesia

Letak Geologis Indonesia serta Dampaknya terhadap Keadaan Nusantara
referensianaa.blogspot.com

Letak Geologis Indonesia – hai hai apa kabar semuanya? Semoga kita semua dilimpahkan kesehatan. Kami kembali lagi untuk berbagi pengetahuan yang barangkali bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Kalau sebelumnya kami telah membahas tentang letak geografis Indonesia, pada kesempatan yang berbahagia ini kami masih akan membagikan informasi seputar letak Indonesia tetapi dilihat secara geologisnya.

Tetapi sebelum itu perlu diketahui terlebih dahulu, apa yang dimaksud dengan letak geologis, apa bedanya dengan letak geografis dan astronomis.

Jadi kalau letak geografis adalah letak suatu wilayah berdasarkan penampakan nyata di permukaan bumi, yang berhubungan dengan perbatasan wilayah satu dengan lainnya.

Dan kalau secara astronomis berarti letak wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujurnya, sedangkan kalau letak geologis merupakan letak suatu wilayah yang dilihat dari struktur dan komposisi, atau komponen yang membentuk muka bumi – di wilayah tersebut.

Sampai di sini sudah paham ya, apa yang dimaksud dengan letak geologis Indonesia. Kalau begitu mari langsung saja kita simak bagaimana letak geologis Indonesia pada penjelasan di bawah ini:


Letak Geologis Indonesia


Letak Geologis Indonesia serta Keuntungannya untuk Indonesia
idntimes.com

Baiklah mari kita langsung membahas tentang dimana letak Indonesia berdasarkan geologisnya, komponen dalam permukaan bumi seperti apa yang berada di Indonesia? Mari kita uraikan komponen tersebut satu persatu

1.Daerah Dangkalan

Letak Geologis Indonesia serta Keuntungannya untuk Indonesia
geologinesia.com

Pertama kita bisa melihat bahwa secara Geologis Indonesia terletak pada tiga daerah dangkalan, di antaranya adalah Dangkalan Sunda, yang menghubungkan Indonesia di wilayah bagian Barat dengan Benua Asia.

Kemudian Dangkalan Sahul, yang menghubungkan Indonesia bagian Timur dengan Benua Australia. Dan terakhir, Daerah Laut Pertengahan Australia, yakni menghubungkan Dangkalan Sunda dan Sahul.

2. Indonesia Menjadi Titik Pertemuan 3 Lempeng Litosfer

cariapa.web.id

Kedua adalah lempeng, dimana secara geologis Indonesia berada pada tiga pertemuan lempeng utama, di antaranya adalah Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik, dan Lempeng Australia.

Lempeng Australia dan Lempeng Pasifik ini bertabrakan atau bertumbukan di wilayah sekitar Pulau Papua.

Kalau Lempeng Eurasia dan Australia bertabrakan di lepas pantai selatan Pulau Jawa dan Nusa Tenggara, di lepas pantai barat Pulau Sumatera, lalu berbelok ke utara masuk ke wilayah sebelah selatan Maluku. Kemudian ketiganya dipertemukan di sekitar Pulau Sulawesi.

3. Sirkum Pegunungan

Terakhir adalah komponen sirkum pegunungan. Secara Geologis Indonesia terletak pada dua sirkum pegunungan yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania.

Sirkum Pasifik ini meliputi Pegunungan Andes, pegunungan di Amerika Tengah, pegunungan Rocky, pegunungan di Kanada, Alaska, Kepulauan Aleut, Kuril, Jepang, Filipina, Irian, sampai ke Selandia Baru.

Sedangkan Sirkum Mediterania mulai dari pegunungan Mediterania, menuju ke arah pegunungan Kauskasus, Himalaya, Burma, Andaman, Nikobar, Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, sampai ke Belanda.


Keuntungan Indonesia Secara Letak Geologis


informazone.com

Baik secara geografis, astronomis, maupun geologis Indonesia diberikan keuntungan-keuntungan yang hanya di dapat oleh wilayah tersebut saja. Artinya keuntungan ini bisa membuat kita lebih bersyukur bisa hidup di Indonesia, sebab hal tersebut tidak bisa didapat selain di Indonesia.

Adapun secara geologis Indonesia adalah wilayah yang diuntungkan dalam beberapa hal, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Memiliki sumber daya mineral yang melimpah dan beragam

Letak Geologis Indonesia serta Keuntungannya untuk Indonesia
strikedip.blogspot.com

Hal yang bisa kita amati dan bahkan rasakan saat ini adalah banyaknya ragam sumber daya mineral yang ada di Indonesia.

Manfaat ini diperoleh dari tiga lempeng besar yang terletak di Indonesia. Selain itu Indonesia juga mempunyai banyak gunung berapi, aktivitas lempeng tektonik dan vulkanik gunung berapi yang bisa menghasilkan sumber daya mineral.

2. Memiliki berbagai ragam flora dan fauna

Kemudian keuntungan lain yang kita dapat dari letak geologis Indonesia adalah keragaman flora dan faunanya.

Karena Indonesia terletak di pertemuan lempeng Erusia, Pasifik, dan Asia-Australia, maka jenis flora dan fauna yang ada di Indonesia memiliki kesamaan dengan Benua Asia dan Australia.

Flora dan fauna yang berada di wilayah lempeng Eurasia punya kesamaan dengan yang ada di Benua Asia. Di bagian timur Indonesia yang merupakan lempeng Australia, flora dan faunanya sama dengan di Benua Australia.

3. Banyak dataran tinggi dan pegunungan

antoncabon.us

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa Indonesia memang terletak pada jalur dua pegunungan besar yaitu Sirkum Pasifik dan Mediterania.

Dimana wilayah yang berada pada jalur pegunungan tersebut memiliki iklim yang sangat sejuk, dan memiliki keindahan alam yang sangat indah.

Keyword: Letak Geologis Indonesia

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.