Letak Geografis Indonesia, Letak Astronomis, Dan Pengaruhnya

kompas.com

Letak Geografis Indonesia – negara yang kita tinggali dan dicintai ini bernama Indonesia. Dahulu orang-orang sering menyebut negeri berkepulauan banyak ini dengan sebutan Hindia Belanda.

Penamaan tersebut tentu mulanya tidak lepas dari orang-orang Eropa khususnya Belanda yang memang pernah menjajah wilayah kepulauan itu.

Tetapi pada perkembangannya penyebutan Hindia Belanda mulai rancu sehingga kemudian terdapat seorang tokoh yang mengajukan nama yang lebih tepat dan sesuai yaitu Indonesia.

Dan lambat laun tokoh-tokoh Indoensia sendiri mulai memperkenalkan nama Indonesia untuk menyebut negeri dengan banyak pulau ini.

Untuk mengenali lebih dalam lagi tentang Indonesia, tidak ada salahnya jika kita memulainya dengan sesuatu yang sederhana, misalnya seperti mempelajari letak geografis dan astronomis Indonesia.

Dengan mengetahui letak negara Indonesia yang kita tempati, bisa membuat kita lebih bersyukur hidup di Indonesia, karena banyak sekali manfaat atau keuntungan dari letak geografis Indonesia.

Adapun penjelasan lebih lanjut mengenai letak Indonesia secara geografis dan astronomisnya dapat dilihat di bawah ini:

Letak Geografis Indonesia

Letak Geografis Indonesia, Letak Astronomis, Dan Pengaruhnya
kintamani.id

Secara geografis letak Indonesia akan dilihat dari penampakan nyata di permukaan bumi, dimana posisi Indonesia di antara wilayah lainnya, wilayah apa saja yang mengelilinginya, dan lain sebagainya.

Jadi secara geografis Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudera, yaitu Benua Australia dan Asia, juga Samudera Hindia dan Pasifik. Selain itu letak geografis Indonesia juga dibatasi oleh beberapa wilayah di antaranya yaitu:

  • Sebelah Utara, Indonesia berbatasan dengan Malaysia, Singapura, dan Filipina
  • Sebelah Selatan, Indonesia berbatasan dengan Australia
  • Sebelah Barat, Indonesia berbatasan dengan Samudera Hindia
  • Sebelah Timur, Indonesia berbatasan dengan Papua Nugini

Dampak Geografis Indonesia

Letak Geografis Indonesia, Letak Astronomis, Dan Pengaruhnya
bobo.grid.id

Nah ternyata letak Indonesia secara geografis memilik beberapa dampak loh, dimana dampak tersebut sangat kita rasakan. Yuk cari tahu apa saja dampak dari letak geografis tersebut:

  1. Pertama, karena letak Indonesia dikelilingi oleh laut dan samudera, maka terbentuklah musim laut yang menyebabkan banyak musim penghujan.
  2. Lalu, karena letak geografisnya terdapat tiga iklim utama yang dialami di Indonesia, yaitu iklim muson (musim), iklim laut, dan iklim panas (tropis).
  3. Karena angin musim yang berhembus tiap enam bulan sekali, menyebabkan Indonesia memiliki dua musim.

Keuntungan Geografis

Letak Geografis Indonesia, Letak Astronomis, Dan Pengaruhnya
berbagireviews.com

Adapun keuntungan-keuntungan negara Indonesia secara geografis yang sebenarnya harus kita syukuri benar bisa tinggal di Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Indonesia terletak di wilayah yang memiliki banyak kepulauan, dimana hal tersebut membuat Indonesia kaya akan budaya.
  2. Selain itu, banyak sekali ragam tanaman atau tumbuhan yang bisa tumbuh subur dan menghasilkan, sebab Indonesia terletak di kawasan tropis.
  3. Indonesia juga memiliki kekayaan laut yang luar biasa, banyak hasil laut yang bisa dimanfaatkan, karena memang Indonesia memiliki laut yang luas dan garis pantai yang panjang.
  4. Karena wilayah hutan yang sangat banyak, maka bisa dibilang Indonesia merupakan paru-paru dunia.

Letak Astronomis Indonesia

Letak Geografis Indonesia, Letak Astronomis, Dan Pengaruhnya
mikirbae.com

Setelah mengetahui letak geografis Indonesia, sangat penting juga untuk mempelajari letak Indonesia secara astronomisnya.

Letak ini berdasarkan garis yang membelah bumi menjadi dua bagian, yaitu garis lintang dan bujur. Dimana letak pada garis bujurnya bisa mempengaruhi zona waktu sedangkan pada garis lintangnya bisa berdampak pada iklim suatu wilayah.

Dalam hal ini letak astronomis Indonesia adalah:

  • 6 LU (lintang Utara) – 11 LS (Lintang Selatan)
  • Dan 95 BT (Bujur Timur) – 141 BT (Bujur Timur)

Dampak Letak Astronomis 

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa letak astronomis ini akan memberikan pengaruh pada hal-hal tertentu.

Misalnya karena Indonesia berada pada garing lintang 6 LU – 11 LS, maka iklim yang dominan di Indonesia adalah iklim tropis, dimana iklim tersebut memiliki ciri-ciri:

  • Terdapat sinar matahari sepanjang tahun
  • Kedua, memiliki kelembapan udara yang tinggi
  • Kemudian, terdapat curah hujan yang tinggi
  • Dan memiliki hujan tropis yang luas

Sedangkan karena berada di 95 BT – 141 BT, maka terdapat tiga zona waktu di Indonesia yaitu:

1. Waktu Indonesia bagian Barat (WIB)

apaperbedaan.blogspot.com

Waktu Indonesia bagain Barat (WIB) yang meliputi daerah Sumatera, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, Kalteng, serta pulau kecil di sekitarnya.Selisih WIB terhadap GMT (Greenwich Mean Time) ialah +7 jam.

2. Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA)

winnetnews.com

Lalu zona waktu yang kedua adalah Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA) mencakup wilayah Nusa Tenggara, Kalsel, Kaltim, Sulawesi, Bali, serta pulau kecil di sekitarnya. Selisih WITA terhadap GMT (Greenwich Mean Time) adalah +8 jam.

3. Waktu Indonesia bagian Timur (WIT)

worldnomads.com

Dan terakhir waktu Indonesia bagian Timur (WIT), yang mencakuo wilayah Papua, Papua Barat, Kepulauan Maluku, serta pulau kecil di sekitarnya. Selisih WIT terhadap GMT (Greenwich Mean Time) adalah +9 jam.

Nisalutfi
About Nisalutfi 144 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.